3-12 BULAN
8 Oktober 2019

5 Ide Permainan Sensorik Untuk Bayi 8 Bulan

Kegembiraan menyaksikan perkembangan Si Kecil ada baiknya didampingi dengan permainan yang mendukung
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Carla Octama

Moms dan Dads, pada awal-awal Si Kecil lahir, Anda menikmati dirinya dari menatap ketika ia sedang tidur karena hal itulah yang yang ia lakukan hampir sepanjang waktu.

Tapi tak lama, Si Kecil menjadi lebih sadar dan tertarik pada dunia di sekitarnya dan Anda punya beberapa hal yang menghibur untuk dilakukan.

“Bayi membutuhkan berbagai pengalaman apalagi saat dirinya menginjak 8 bulan,” jelas professor pendidikan anak usia dini di Fanshawe College di London, Jan Blaxall.

Perubahan Perilaku Bayi Memasuki Usia 8 Bulan

5 Ide Permainan Bola Untuk Membantu Perkembangan Bayi.jpg

Pada usia 8 bulan, unsur utama dalam permainan mereka adalah perhatian langsung dari Moms dan Dads.

Kemudian saat Si Kecil menginjak usia 8 bulan, Moms dan Dads pun mulai memerhatikan ada beberapa perubahan signifikan yang ia alami, seperti:

1. Gerakan

Si Kecil mungkin mulai merangkak serta mencoba menarik diri ke posisi berdiri sambil berpegangan pada furniture sekitarnya

2. Keterampilan tangan

Moms atau Dads mungkin memperhatikan bayi saat berusia 8 bulan mulai memanipulasi mainan mereka dengan mudah.

Mereka akan membenturkan mainan mereka, melemparkannya atau mencoba memasukkannya ke dalam wadah yang lebih besar.

3. Pincer grasp

Ini adalah kemampuan Si Kecil saat berusia 8 bulan untuk menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengambil barang-barang kecil.

Pada usia 8 bulan, Si Kecil mulai terbiasa menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Moms dan Dads mungkin mengamati Si Kecil mengambil barang-barang kecil dengan ibu jari dan sisi jari telunjuk mereka.

4. Komunikasi

Komunikasi Si Kecil pada usia 8 bulan mulai menjadi lebih bermakna karena ‘ma ma’ atau ‘da da’ diarahkan kepada orang tertentu.

Mereka pun mulai memahami kata-kata yang lebih mendasar mungkin dapat mengikuti instruksi sederhana.

Baca Juga: Apa Itu Growth Spurt Pada Bayi dan Ciri-cirinya?

Ide Permainan Sensorik untuk Bayi 8 Bulan

Nah, untuk mendukung semua kemampuan Si Kecil. Berikut ini ada beberapa ide permainann bayi 8 bulan yang mungkin akan menjadi inspirasi Moms dan Dads:

1. Oatmeal sensory bin

Oatmeal sensory bin.jpg

Ide permainan bayi 8 bulan ini akan meningkatkan keterampilan tangan seperti koordinasi mata tangan dan koordinasi bilateral perasaan serta visual.

Cara bermain:

  • Moms dan Dads, oatmeal adalah alat hebat untuk Si Kecil mengalami tekstur yang berbeda dan tidak khawatir bila termakan.
  • Cukup isi wadah apapun dengan oatmeal. Kemudian, tambahkan berbagai objek di dalamnya. Misal balok, cincin yang saling terkait atau beberapa mainan kenyal mereka.
  • Setelah selesai, biarkan Si Kecil menjelajahi oatmeal tetap juga berbagai objek di dalamnya. Ketika mereka mengeluarkan item yang berbeda maka Moms atau Dads ada baiknya langsung berbicara kepada mereka tentang bentuk, warna ukuran dan nama.

2. Game merangkak

Bayi merangkak

Diyakini, games merangkak pada Si Kecil yang berusia 8 bulan ini mampu menguatkan bahu, lengan, mengembangkan lengkungan di tangan mereka yang diperlukan untuk keterampilan motorik halus, koordinasi antara sisi kanan dan kiri, sentuhan dan indera penglihatan.

“Ini adalah kegiatan yang bagus untuk bayi yang tengah merangkak. Jika Si Kecil sedang merayap atau bergerak cepat, mereka masih bisa mendapat manfaat dari games ini,” kata dokter anak, Urzula Semendar, MD.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mendorong perayapan:

  • Tempatkan mainan favorit mereka di sekitar ruangan dan dorong mereka untuk mengambilnya
  • Biarkan Si Kecil mengejar mainan tarik favorit mereka
  • Buat mereka merangkak di berbagai tekstur seperti rumput, pasir, karpet, lantai kayu dan lainnya.
  • Biarkan mengejar Anda atau saudara kandung
  • Moms dan Dads juga dapat mengisi botol plastik kosong dengan permen atau lonceng kecil dan mendorongnya di lantai. Setiap kali mereka pergi untuk mengambilnya, itu akan berguling sedikit ke depan dan mereka harus mengejarnya.

3. Petak umpet

bermain petak umpet

Dengan melakukan permainan petak umpet pada Si Kecil yang berusia 8 bulan, dia akan melakukan object permanence yaitu pehamanan bahwa objek atau orang yang masih ada bisa menghilang ketika tidak dapat melihatnya.

Nah, memahami konsep ini akan menjadi tonggak kognitif yang penting untuk meninjau keadaan sebab dan akibat serta membantu meminimalisir kecemasan saat berpisah dengan Moms atau Dads.

Cara bermain:

Karena si kecil mendapatkan pemahaman tentang objek permanen, ini adalah waktu yang tepat untuk bermain petak umpet dengan mainan favorit mereka.

  • Cukup pegang mainan favorit mereka di depan mereka. Setelah Moms menarik perhatian mereka, sembunyikan mainan itu. Moms dapat menyembunyikannya di belakang, di bawah selimut atau di wadah. Lihat apakah mereka dapat menemukannya.
  • Permainan ini sangat bagus karena memberikan rasa prediksi pada Si Kecil. Segala sesuatu menghilang dan kemudian mereka muncul.
  • Ketika Si Kecil mulai mengembangkan kecemasan perpisahan, permainan seperti petak umpet akan membantu mereka dengan pemahaman bahwa bahkan ketika hal-hal pergi mereka akan kembali. Kecemasan perpisahan anak Anda biasanya dimulai sekitar usia ini atau beberapa bulan sebelumnya dan berlanjut hingga sekitar akhir 2 tahun.

Bermain petak umpet dalam beberapa bulan atau tahun mendatang sangat dianjurkan untuk meredakan perasaan cemas akan perpisahan. Tentu saja kompleksitas permainan tumbuh bersama anak.

Baca Juga: Ketahui Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan dan Tidak Dibutuhkan

4. Kalung yang bisa digigit

Chewy Neckacle.jpg

Cara bermain:

  • Cukup letakkan beberapa mainan yang aman di tali dan biarkan Si Kecil menjelajahinya dengan mulut dan tangan. Pastikan Moms dan Dads tidak memasukkan apa pun yang beracun atau cukup kecil sehingga bisa menjadi bahaya tersedak jika ditarik keluar. Hanya sertakan barang-barang yang aman untuk dijelajahi melalui mulut.
  • Anda dapat memasukkan berbagai balok, potongan jerami kecil, kancing mainan besar, lonceng besar.
  • Biarkan mereka menjelajah dan bersenang-senang tetapi juga mengawasi bayi Anda setiap saat.

5. Messy play

Messy Play.jpeg

Cara bermain:

Ini sangat mudah untuk dilakukan. Cukup oleskan saus apel, puding atau makanan bubur lainnya di atas nampan kursi tinggi atau lantai.

Biarkan Si Kecil menjelajahinya dengan tangan dan mulut. Mereka akan bisa bermain dengan tekstur lain yang akan membantu perkembangan tangan mereka.

Baca Juga: Baik Bagi Tulang dan Otak, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Anak

Demikianlah ide permainan bayi 8 bulan dengan cara permainan sensorik yang tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan motorik serta kognitif Si Kecil, tetapi juga akan membuatnya sibuk serta mengurangi kerewelan. Moms dan Dads selamat mencoba!

Artikel Terkait