KELUARGA
1 Agustus 2020

5 Ide Virtual Date untuk Pasangan Jarak Jauh

Lakukan ide kencan virtual ini agar Moms dan Dads semakin langgeng walau menjalani hubungan jarak jauh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms dan pasangan sedang menjalani pernikahan jarak jauh alias long distance marriage (LDM)? Jika ya, maka hal ini tentu jadi pengalaman yang berkesan sekaligus penuh tantangan.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19, masih banyak transportasi umum seperti kereta dan pesawat yang terpaksa ditutup untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Meskipun berjauhan, namun kini sudah banyak aplikasi yang memudahkan Moms bertemu pasangan secara virtual. Tak dipungkiri pula, LDM memaksa Moms dan Dads harus lebih kreatif memunculkan ide-ide untuk momen romantis bersama pasangan secara virtual.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Interactive Marketing berjudul People are experience goods: Improving online dating with virtual dates mengungkapkan bahwa kencan virtual merupakan inovasi yang bisa dilakukan selain pertemuan offline.

Tak hanya itu, kencan virtual juga memberikan kesempatan pada pasangan untuk mendapatkan informasi dan pengalaman kencan yang berbeda.

Ide Virtual Date untuk Pasangan LDM

Nge-date atau kencan, terasa lebih mudah jika Moms dan pasangan berada dalam satu rumah. Namun, hal ini jadi problematika yang harus diselesaikan pasangan LDM.

Ketika Moms dipisahkan oleh jarak dan waktu terlebih selama masa karantina Covid-19, menciptakan romantisme dalam hubungan tentu dibutuhkan agar hubungan kian erat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The Family Journal berjudul Going the Distance: Health in Long-Distance Versus Proximal Relationship disebutkan bahwa selain keterbukaan, hal-hal positif, komitmen dan saran dalam hubungan, dibutuhkan banyak waktu untuk berbincang dengan pasangan di sosial media agar untuk kelekatan hubungan yang lebih erat. Dalam hal ini, kencan virtual bisa jadi solusi untuk menjaga 'debar asmara' saat melakukan video call bersama pasangan.

Tentunya, pernikahan jarak jauh bukan alasan untuk tidak menjadikan momen bersama pasangan lebih spesial.

Sebaliknya, Moms juga bisa menciptakan momen istimewa meski harus terpisahkan oleh jarak dan waktu. Berikut ini lima ide virtual date untuk pasangan LDM.

1. Kencan Makan Malam Mewah

pernikahan jarak jauh virtual date 1.jpg

Foto: Freepik.com

Sesekali, Moms bisa mencoba untuk mengatur kencan makan malam mewah bersama Dads lewat video call.

Layaknya kencan mewah sungguhan, Moms dan Dads tentu harus berpakaian rapi, lengkap dengan riasan dan aksesoris.

Meskipun hanya kencan virtual, hal ini bisa jadi pengingat betapa memesonanya Moms ketika berdandan.

Jangan lupa putar lagu romantis kesukaan bersama dan pasang dekorasi yang memperlihatkan kencan mewah sesungguhnya.

Baca Juga: 3 Tips Agar Long Distance Marriage Bisa Berjalan Lancar

2. Saling Mengirimkan Makanan

pernikahan jarak jauh virtual date 2.jpg

Foto: Freepik.com

Bentuk perhatian kepada pasangan saat menjalani hubungan LDM tak harus dengan barang-barang mewah atau mahal.

Membelikan makanan kesukaan juga bisa jadi kejutan manis untuk pasangan. Selain itu, membelikan makanan favorit terlebih yang biasa Moms masakkan untuk Dads mampu mengobati rindu selama LDM.

Atur waktu yang tepat untuk mengirimkan makanan kesukaan Dads. Misalnya saat jam makan siang di kantor atau ketika pasangan pulang kerja.

Sembari menunggu respons pasangan, Moms juga bisa memasak makanan yang sama, sehingga ketika menyantapnya, pasangan merasa sedang berada di rumah meskipun hanya melalui video call.

Baca Juga: Rahasia Pernikahan Harmonis ala Pasangan LDR

3. Jalan-Jalan dengan Virtual Trip

pernikahan jarak jauh virtual date 3.jpg

Foto: Freepik.com

Pandemi Covid-19 tak hanya menutup transportasi darat, laut, dan udara, namun juga melarang masyarakat untuk bepergian.

Selain itu, karena jarak, Moms dan pasangan tentunya tidak bisa kencan jalan-jalan bersama. Tapi bukan berarti Moms tak bisa melakukan kencan virtual trip bersama, lho.

Menggunakan Google Maps, Moms bisa mengunjungi kembali tempat-tempat yang berkesan dan punya banyak kenangan bersama Dads.

Misalnya rumah masa kecil, pantai favorit, hingga kenangan ketika sekolah dan kuliah. Ide virtual dat yang satu ini tentu akan sangat berkesan.

4. Olahraga

pernikahan jarak jauh virtual date 4.jpg

Foto: Freepik.com

Pernikahan jarak jauh tak boleh menghalangi keinginan Moms dan Dads untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bersama. Nah, olahraga bisa jadi ide kencan virtual yang menyenangkan.

Moms dan pasangan bisa mengikuti kelas senam atau fitnes online di media sosial, misalnya HIT cardio, zumba, hingga yoga. Moms dan Dads bisa memilih olahraga mana yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Menjalani Long Distance Marriage Seperti Audy dan Iko Uwais

5. Nonton Film Kesukaan Bersama

pernikahan jarak jauh virtual date 5.jpg

Foto: Freepik.com

Jika Moms dan pasangan adalah penggemar film atau menjadikan bioskop sebagai tempat wajib untuk menghabiskan waktu berdua, maka ide virtual date dengan nonton film bersama akan jadi hal seru saat harus menjalani pernikahan jarak jauh.

Pilih satu atau dua hari dalam seminggu untuk nonton film bersama.

Baca Juga: 5 Tips Berhubungan Seks untuk Pasangan LDR

Itulah lima ide kencan virtual yang bisa Moms dan pasangan lakukan agar hubungan lebih bahagia, seru, dan menyenangkan meski sedang menjalani pernikahan jarak jauh.

Tak kalah penting, dukungan, kepercayaan, komunikasi dan kejujuran antara Moms dan pasangan juga sangat penting untuk membina hubungan LDM yang baik dan erat.

Artikel Terkait