3-12 BULAN
26 Mei 2020

5 Ikan yang Baik Disajikan sebagai MPASI Bayi, Yuk Coba!

Jangan sembarangan memberikan ikan untuk MPASI bayi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada usia 6 bulan Si Kecil mulai makan MPASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), banyaknya energi tambahan yang diperlukan dari MPASI adalah 200 kilo kalori per harinya.

Total energi tersebut bisa didapatkan dari 2 kali makan MPASI sehari dengan porsi 2-3 sendok sekali makan.

Banyak sekali pilihan menu MPASI yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Salah satunya menu berbahan dasar ikan.

Ikan merupakan salah satu makanan sehat untuk Si Kecil ketika ia sudah mulai mengonsumsi MPASI. Namun, jika ia mengalami eksim kronis atau alergi makanan tertentu, jangan lupa untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan ikan untuk bayi.

Mengingat ikan merupakan salah satu makanan alergen, maka dokter biasanya akan lebih merekomendasikan untuk memulai MPASI dengan makanan padat seperti sereal bayi, daging, buah, atau bubur sayuran, sebelum memperkenalkan ikan pada bayi.

Divisi Alergi dan Imunologi di American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa kebanyakan bayi, termasuk mereka yang memiliki eksim ringan atau memiliki riwayat keluarga dengan asma dan alergi makanan tertentu, dapat mulai makan MPASI ikan setelah dikenalkan beberapa makanan alergen tanpa menunjukkan reaksi alergi.

Baca Juga: Kapan Ya, Bayi Boleh Makan Ikan?

Ikan Apa yang Baik untuk Dikonsumsi Bayi di Bawah 1 Tahun?

yvaqtc8gqyki0gcwypav

Faktanya, kebanyakan ikan memang mengandung sejumlah methylmercuri, yakni suatu bentuk merkuri yang berpotensi menjadi racun bagi otak jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ikan berukuran sangat besar yang hidup lama cenderung memiliki kontaminasi methylmercuri tertinggi.

Namun, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) merekomendasikan beberapa varietas ikan yang memiliki jumlah merkuri kecil dan aman untuk dikonsumsi oleh bayi maupun wanita hamil. Adapun beberapa ikan tersebut di antaranya sebagai berikut ini:

1. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kadar gizi tinggi. Mengandung asam lemak Omega 3, ikan salmon bermanfaat membantu meningkatkan pertahanan tubuh bayi.

2. Nila

Beberapa kandungan gizi yang didapatkan saat bayi makan ikan nila sebagai MPASI di antaranya adalah protein, fosfor dan asam lemak Omega 3. Meskipun memang kandungan Omega 3 ikan nila ini tidak setinggi yang ada pada ikan laut.

3. Ikan Lele

Sama halnya seperti ikan nila maupun salmon, ikan lele memiliki kandungan Omega 3 yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ikan lele mengandung kadar protein tinggi serta fosfor yang baik bagi pertumbuhan sekaligus perkembangan otak bayi.

4. Ikan Kod

Bukan hanya mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi, ikan kod juga kaya akan vitamin A dan D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi bayi.

5. Ikan Gabus

Moms pernah membaca resep MPASI ikan gabus untuk bayi? Ternyata ikan yang satu ini mengandung protein album tertinggi dibandingkan sumber protein albumin yang ada pada ikan-ikan lainnya.

Selain itu, ikan gabus juga mengandung protein dengan kadar yang lebih tinggi dari telur, daging ayam, dan daging sapi.

Baca juga: Resep Mudah Salmon Poke Bowl ala Putri Habibie

Bagaimana Meracik MPASI Berbahan Ikan untuk Bayi?

Mitos MPASI Pertama - hindari ikan.jpg

Menyajikan ikan untuk bayi bukan hanya perlu mengetahui jenis ikan yang aman dan baik dikonsumsi. Moms juga penting mengetahui bagaimana tips meracik resep MPASI ikan untuk Si Kecil.

Di mana untuk memasak MPASI ikan, Moms harus terlebih dahulu membuang duri dan kulit ikan untuk mencegah Si kecil tersedak. Setelah itu, Moms bisa memanggang atau mengukus ikan tersebut.

Untuk penyajiannya, Moms bisa menghidangkannya dalam potongan-potongan kecil yang ditaburkan atau dicampurkan ke dalam bubur tim.

Sudah siap memperkenalkan ikan-ikan di atas sebagai MPASI untuk Si Kecil? Jangan lupa untuk memperhatikan gejala alergi yang mungkin akan muncul ya, Moms. Selamat berkreasi menghidangkan MPASI sehat untuk Si Kecil!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kehamilan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait