3-12 BULAN
22 Oktober 2019

5 Jenis Buah dan Sayur yang Terbaik Sebagai MPASI untuk Bayi

Memilih MPASI yang tepat jelas jadi PR besar untuk orang tua, dimana pun kita berada. Apa saja sih jenis MPASI yang terbaik untuk si kecil?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

MPASI atau Makanan Pendamping ASI penting bagi tumbuh kembang bayi. Diberikan sejak bayi menginjak usia 6 bulan, MPASI harus memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan otak anak.

Berikut daftar MPASI terbaik untuk kesehatan bayi dan aman untuk diberikan kepada si kecil.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

1. Alpukat

makanan sehat untuk ibu hamil - alpukat.jpg

Seperempat alpukat atau setara dengan 60 gr dapat memberikan bayi fungsi usus yang sehat. Karena memiliki kualitas serat yang baik.

Folat yang terkandung dalam alpukat juga dapat meningkatkan perkembangan mata anak. Sementara itu, alpukat juga mengandung aneka vitamin mulai dari Vitamin B1, B2, B6 hingga Vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Mona Rifka, MD, dokter anak di Rumah Sakit Hillcrest Cleveland Clinic.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Beras Merah sebagai MPASI

2. Bayam

Bayam

Vitamin A yang terkandung dalam bayam membantu meningkatkan fungsi mata. Selain itu, vitamin A dan K serta folat juga membantu produksi sel darah merah serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Folat juga membantu keseimbangan metabolisme tubuh. Vitamin K juga befungsi dalam proses pembekuan darah.

3. Brokoli

brokoli.jpg

Tidak hanya buah, sayuran juga perlu dikenalkan kepada bayi sebagai MPASI. Sayuran hijau ini mengandung tinggi vitamin.

“Seperti jeruk, brokoli punya kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, brokoli juga sebagai sumber beta-karoten. Siapa sangak brokoli mengandungn Vitamin B1, B2, B3, B6, K, zat besi, magnesium, kalium dan serat,” Kata Dr Rifka.

4. Ubi

Ubi Jalar

Vitamin A, Vitamin C, dan B6 menjadi kandungan vitamin yang ada di dalam ubi. Selain itu, ubi juga dapat meningkatkan perkembangan tulang dan otot bayi sebab mengandung kalsium dan zat besi.

“Perkembangan otak anak juga semakin meningkat dengan bantuan magnesium, fosfor serta folat. Dan itu semua terkandung dalam ubi,” jelas Dr Rifka.

5. Pisang

pisang.jpg

Selain menjadi makanan penuh serat, pisang menjadi MPASI yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Pisang memberikan manfaat kesehatan dalam bentuk vitamin dan mineral. Selain itu, pisang dapat memberikan energi dan antioksian. Sistem pencernaan si kecil akan terlatih dan semakin bertumbuh dengan bantuan serat yang terkandung di dalam pisang.

Baca Juga: 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

Nah, itulah buah dan sayur terbaik untuk MPASI anak. Yang paling sering Moms buat, dari buah atau sayur apa, nih?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait