GAYA HIDUP
29 Januari 2020

5 Jenis Buah untuk Diet yang Menyehatkan

Jadi sumber energi dan gizi, 5 jenis yang sehat ini bagus untuk diet
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ingin memiliki tubuh ideal yang sehat? Tidak hanya olahraga, memilih asupanan makanan dan minuman yang tepat menjadi salah satu kuncinya.

Diet yang sehat dibantu dengan olahraga yang tepat dipercaya bisa membantu program penuruan berat badan. Diet sehat ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang tepat.

Buah tidak hanya ikut andil menurunkan berat badan Moms, tetapi juga bisa mengurangi risiko untuk beberapa jenis penyakit. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Yuk Coba Diet Berdasarkan Golongan Darah

5 Jenis Buah untuk Diet yang Menyehatkan

Berikut beberapa jenis buah yang sehat dan bisa Moms pilih untuk diet:

1. Apel

full-frame-wet-fresh-red-apples_23-2147920836.jpg

Foto: freepik.com

Apel termasuk jenis buah yang sehat untuk diet. Buah yang kulitnya berwarna merah ini rendah akan kalori dan tinggi serat.

Dilansir dari healthline.com, satu buah apel dengan berat 223 gr memiliki 5,3 gr serat.

Moms bisa menikmati apel dengan berbagai cara, dimasak ataupun tidak. Jadikan buah apel sebagai salah satu camilan sore.

2. Kiwi

photo-1521997888043-aa9c827744f8.jpg

Foto: unsplash.com

Jenis buah yang sehat untuk diet lainnya adalah kiwi. Buah kecil yang dagingnya berwarna hijau ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah kiwi mengandung vitamin C, E, asam folat, dan serat yang cukup banyak.

Dilandir dari healthline.com, kiwi bisa membantu mengontrol gula darah dan memperlancar kesehatan usus. Dalam satu buah kiwi ukuran 69 gram, memiliki lebih 2 gr serat dalam daging, dan 1 gr serat tambahan di kulit.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

3. Berry

soft-fruits-3504149_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Berbagai macam buah berry nyatanya bisa menjadi buah yang sehat untuk diet. Contohnya, dalam ½ gelas buah blueberry dengan berat 74 gr terdapat 42 kalori, vitamin C dan K. Buah berry ternyata dipercaya juga bisa mengenyangkan, lho.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah berry secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan pendarahan.

4. Jeruk

tangerines-1721590_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau buah jeruk memiliki banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Kaya akan serat dan vitamin C merupakan kandungan utama buah jeruk.

Dengan mengonsumsi jeruk utuh dipercaya bisa membuat Moms kenyang lebih lama. Masukkan jeruk ke dalam daftar jenis buah sehat untuk diet, ya.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

5. Avokad

avocado_1205-1917.jpg

Foto: freepik.com

Avokad juga termasuk ke dalam jenis buah sehat untuk diet berikutnya. Walau avokad memiliki kandungan lemak yang baik, tetapi cukup dipercaya menjadi buah untuk program penurunan berat badan. Selain itu, alpukat juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Artikel Terkait