RESEP
22 Mei 2019

5 Jenis Kue Kering untuk Lebaran yang Mudah Dibuat sambil Menunggu Berbuka Puasa

Deretan kue kering ini wajib Moms siapkan untuk Lebaran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Andra Nur

https://www.shutterstock.com/image-photo/kaastengels-cheese-cookies-dutch-influenced-indonesian-1346218568?src=eA7RfL6gzdGRT9i-X5J_lQ-1-2

https://www.shutterstock.com/image-photo/traditional-cake-indonesia-nastar-651890608?src=tE7BIxp-3JyqgCbZKnGA5w-1-0

Sembari menunggu buka puasa, ada banyak kegiatan seru yang bisa Moms lakukan, salah satunya membuat kue kering untuk Lebaran.

Kue kering juga identik dengan perayaan Idul Fitri. Setiap rumah yang kita kunjungi, pasti sedikitnya memiliki 2 atau 3 jenis kue kering untuk Lebaran yang disajikan.

Jadi sambil menunggu buka puasa, Moms bisa mencoba kue kering untuk Lebaran yang mudah dibuat, sekaligus menyicil persiapan untuk perayaan Lebaran. Betul tidak Moms?

Nah, karena merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka, ada baiknya Moms membuat kue kering sederhana yang tidak akan memakan banyak waktu. Apa saja kue kering untuk Lebaran yang mudah dibuat? Simak yuk.

Baca Juga: 5 Kue Kering Ini Harus Ada Setiap Lebaran!

1. Nastar

kue kering lebaran, kue kering untuk buka puasa

Kue kering untuk Lebaran yang mudah dibuat pertama adalah nastar! Kue bulat dengan isian nanas ini akan sering kita temukan dalam perayaan besar, termasuk Lebaran. Nastar akan dimasukkan dalam sebuah toples, untuk membuat teksturnya tetap renyah.

Kue ini cara pembuatannya sangat sederhana, yaitu dari campuran terigu, telur, dan mentega. Isiannya terbuat dari nanas dan umumnya diberi hiasan cengkeh di atasnya. Moms bisa juga berkreasi dengan bentuknya.

2. Kue Kukis Cokelat Kacang

kue kering lebaran, kue kering untuk buka puasa

Bila Moms ingin menyajikan kue kering untuk Lebaran yang berbeda dari biasanya, kukis cokelat kacang bisa Moms pilih.

Kue kering yang lebih dikenal dengan nama niegreta atau nigreta ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang padat saat dikunyah. Penggemar kukis cokelat kacang dan brownies pasti akan menyukainya.

Campuran kukis cokelat dengan isian remah kacang panggang, akan kelihatan lezat bersama dengan sajian kue kering untuk Lebaran lainnya. Karena cara pembuatannya juga cukup mudah, Moms bisa membuat kue kering ini sebagai kegiatan menunggu berbuka puasa.

Baca Juga: Kue Kering Praktis untuk Makanan Pendamping Bayi

3. Putri Salju

kue kering lebaran, kue kering untuk buka puasa

Siapa yang tidak kenal makanan satu ini? Salah satu kue kering yang pasti muncul saat Lebaran ini merupakan salah satu kue favorit keluarga Indonesia. Kue ini memiliki berbagai macam bentuk, ada bulan sabit, bintang, bunga, dan lainnya, tergantung selera si pembuat kue.

Meski bentuknya berbeda, jenis kue kering untuk Lebaran satu ini modelnya tetap sama, yaitu adonan tepung kue dengan icing gula halus di atasnya. Kegiatan menunggu berbuka puasa Moms pun jadi lebih bermanfaat dengan membuat kue kering putri salju.

4. Kastengel

kue kering lebaran, kue kering untuk buka puasa

Melengkapi jajaran kue kering Lebaran favorit seperti nastar dan putri salju, ada kue kering kastengel.

Kastengel atau kaasstengels yang berasal dari bahasa Belanda, berarti keju dari kata kaas dan batang dari kata stengel. Jika digabungkan berarti kue kering berbentuk batang dari keju. Sama seperti bentuk kastengel yang persegi panjang dengan parutan keju.

Baca Juga: Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering

5. Kue Lidah Kucing

kue kering lebaran, kue kering untuk buka puasa

Kue kering Lebaran lidah kucing ini sudah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Sesuai namanya, kue ini berbentuk seperti lidah kucing yang padat dan tipis. Kerenyahan dan rasa khasnya yang menyerupai egg roll cookies semakin terasa lezat disajikan bersama segelas kopi atau teh hangat.

Itulah beberapa kue kering untuk Lebaran yang bisa Moms buat sembari menunggu waktu berbuka. Selain itu, Moms juga bisa menyicil persiapan kue kering untuk Lebaran nanti. Praktis kan Moms. Selamat mencoba!

Artikel Terkait