PROGRAM HAMIL
10 April 2019

5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil untuk Perkembangan Otak Janin

Yuk buat anak cerdas sejak dalam kandungan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Orang tua mana yang tak mau memberikan yang terbaik untuk anaknya? Hal ini juga Moms lakukan sejak masa kehamilan.

Asupan nutrisi yang cukup pastinya Moms pikirkan untuk kelangsungan hidup janin. Nah, salah satu hal yang diperhatikan adalah pertumbuhan otaknya.

Agar pertumbuhan otak janin optimal, maka Moms membutuhkan nutrisi yang tepat.

Baca Juga : Fakta dan Mitos Makanan untuk Ibu Hamil

Inilah lima jenis makanan yang perlu dikonsumsi selama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak janin, sebagaimana dikutip dari mother.ly dan parents.com

1. Vitamin

Foto:Top Wellness Life

Mengonsumsi vitamin prenatal akan membantu memastikan Moms mendapatkan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan bayi seperti asam folat dan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah.

Adapula vitamin C untuk menghasilkan kolagen, vitamin D untuk perkembangan tulang, dan seng untuk perkembangan otak.

Moms juga bisa konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin alami.

2. Omega 3

Foto: Natural Product Insider

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti DHA, dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Dalam sebuah studi dari Harvard Medical School mengungkapkan semakin banyak ikan yang dimakan wanita selama trimester kedua, semakin tinggi skor bayi mereka pada tes perkembangan mental pada usia 6 bulan.

“Omega-3 ditemukan dalam membran sel otak, jadi memang kandungannya mempengaruhi fungsi otak”, kata Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di Fakultas Kedokteran dan Sains Rosalind Franklin, di Chicago.

Jika Moms tidak menyukai ikan, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

3. Buah dan Sayur

foto: Parents Magazine

Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan sangat baik untuk tumbuh kembang janin. "Antioksidan melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan," kata ahli gizi Elizabeth Somer, RD, penulis Nutrition for a Healthy Pregnancy.

Variasikan sayuran yang Moms konsumsi misalnya pilih sayuran hijau dan juga sayuran berwarna merah seperti tomat dan wortel. Ingatlah untuk mencuci semua buah-buahan dan sayuran secara menyeluruh dan memasak dengan sempurna.

4. Protein

Foto: Harvard.edu

Tubuh Moms membutuhkan lebih banyak protein saat hamil untuk membangun sel dan membuat hormon untuk janin yang sedang tumbuh.

Faktanya, asupan protein Moms harus meningkat 10 gram ekstra per hari. Beberapa asupan protein yang baik antara lain yogurt, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

Moms bisa menyisipkan menu makanan protein di tengah-tengah makanan.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

5. Zat Besi

Foto: Woman Health

Asupan zat besi Moms perlu berlipat ganda selama kehamilan, karena zat besi membantu memberikan oksigen yang menopang hidup untuk janin. Masalahnya adalah banyak wanita yang sebelum hamil sudah kekurangan zat besi.

Jika bayi Moms kekurangan oksigen di dalam rahim, risiko pertumbuhan yang buruk khususnya perkembangan otak.

Bahkan anak berisiko mengalami masalah IQ jika kekurangan zat besi saat dalam kandungan. Lalu, bagaimana memenuhi asupan zat besi dalam tubuh?

Moms bisa memastikan beberapa makanan kaya zat besi ke dalam menu makanan sehari-hari.

Daging sapi tanpa lemak, ayam dan kacang-kacangan menjadi menu yang bisa sering dikonsumsi. Ingat bahwa banyak orang mengalami kekurangan gizi bahkan sebelum hamil sehingga penting untuk memenuhi kebutuhannya.

Selain asupan nutrisi di atas, Moms juga perlu menjaga pola hidup yang lebih sehat misalnya mengurangi makanan yang tinggi merkuri.

Makanan yang tidak bersih atau yang dimasak kurang sempurna dapat menjadi masalah bagi janin. Pola hidup yang kurang sehat seperti konsumsi alkohol dan rokok juga harus dihentikan.

Nah, makanan apa yang sering Moms konsumsi saat hamil untuk meningkatkan perkembangan otak janin?

(GSA/CAR)

Artikel Terkait