TREN
17 April 2019

5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Apakah Moms pernah menyimpan salah satu di antaranya di dalam kulkas?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Apakah Moms adalah satu satu yang senang memasukkan segala bahan makanan ke dalam kulkas? Alih-alih supaya awet dan tahan lama, sebenarnya tidak semua jenis makanan boleh disimpan di kulkas.

Misalnya 5 jenis bahan makanan di bawah ini. Dengan menyimpannya di kulkas, bahan makanan ini justru lebih cepat busuk dan teksturnya berubah.

Nah, apakah Moms sering menyimpan bahan makanan ini di dalam kulkas?

1. Kentang

Udara dingin dan lembab ternyata bisa merusak tekstur dan rasa kentang. Pati yang terdapat dalam kentang akan lebih cepat terurai menjadi gula.

Sehingga, jika dimakan, kentang akan terasa sangat manis. Tekstur kentang yang tadinya lembut akan mengeras dan lebih kasar.

Oleh sebab itu, kentang sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

2. Bawang merah dan bawang putih

shutterstock 539914966

Menyimpan bawang merah atau bawang putih di dalam kulkas ternyata bisa membuat tunas lama-kelamaan akan tumbuh.

Teksturnya juga akan berubah menjadi lebih kusam dan kenyal. Tidak hanya itu, rasa bawang merah atau bawang putih akan menjadi lebih hambar.

Simpanlah bawang merah atau bawang putih di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga : Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas

3. Madu

Tidak perlu khawatir menyimpan madu di luar kulkas. Sebab, madu akan tetap awet meskipun kita tidak menyimpannya di lemari es.

Justru ketika kita menyimpan madu di kulkas, kandungan gula yang terdapat dalam madu bisa mengkristal dan mengeras. Kita pun akan sulit mengeluarkannya dari dalam botol.

4. Minyak

shutterstock 305660375

Segala jenis minyak memang tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas, Moms. Minyak yang disimpan di dalam lemari es biasanya akan mengental serta membeku seperti margarin. Lagi pula, minyak bisa tetap awet dan tahan lama meski tidak disimpan di dalam kulkas.

5. Alpukat

Seperti yang kita ketahui, Moms, alpukat biasanya matang justru setelah dipetik dari pohonnya. Menyimpannya di dalam kulkas ternyata bisa memperlambat proses pematangannya. Hmm… bukannya matang, alpukat akan membusuk jadinya.

(OMI)

Artikel Terkait