FASHION & BEAUTY
13 April 2020

5 Jenis Masker Wajah dan Kegunaannya, Simak di Sini

Pilih masker sesuai dengan kebutuhan ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua perempuan pasti mengenal yang namanya masker wajah. Salah satu perawatan skincare yang banyak digunakan oleh kaum hawa ini memang memiliki segudang manfaat untuk kulit wajah kita.

Dilansir dari Journal of Cosmetic Dermatology, masker wajah adalah produk kosmetik yang paling umum digunakan untuk peremajaan kulit.

Selain mampu melembapkan kulit wajah, masker juga mampu mengangkat kotoran, menghilangkan sel-sel kulit mati, juga mengatasi masalah jerawat.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Ada berbagai jenis masker wajah yang akan kita temui. Jenis-jenis masker ini memiliki kegunaan masing-masing yang berbeda, yang biasanya juga disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kita.

Apa saja kegunaan dari masker wajah yang sering kita gunakan? Simak di bawah ini yuk.

Jenis Masker Wajah dan Kegunaannya

Ada berbagai jenis masker wajah yang akan kita temui. Jenis-jenis masker ini memiliki kegunaan masing-masing yang berbeda, yang biasanya juga disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kita.

Apa saja kegunaan dari masker wajah yang sering kita gunakan? Simak di bawah ini yuk.

1. Masker Clay and Charcoal

masker wajah

Foto: alexisadrienne.net

Masker yang umumnya berwarna abu-abu kehitaman ini cocok untuk kulit berminyak dengan kombinasi kulit atau zona T mengkilap.

Hal ini dikarenakan tanah liat dan arang menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit. Selain itu, arang juga memiliki kemampuan unik untuk dengan lembut mengeluarkan kotoran dari pori-pori yang padat.

Masker yang diformulasikan dengan baik akan membuat kulit bebas dari minyak, tetapi tidak kering atau kencang.

2. Masker Tidur

masker wajah

Foto: journal.sociolla.com

Selanjutnya ada jenis masker tidur biasanya merupakan masker pelembap yang kita biarkan semalaman pada kulit untuk memberi nutrisi tambahan. Meninggalkan masker lebih lama memberi masker lebih banyak waktu untuk bekerja.

Masker tidur sering memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga mereka tidak akan membuat sarung bantal berminyak. Gunakan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas malam dan pada saat kulit wajah sedang kering, karena bisa digunakan sebagai pengganti krim malam.

Baca Juga: 4 Masker Bengkoang di Bawah 30 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

3. Masker Pencerah

masker wajah

Foto: bebeautiful.in

Jenis masker selanjutnya adalah masker yang pencerahan. Masker ini sangat ideal bagi mereka yang memiliki kulit kering dan kusam dan siapa saja yang menderita pigmentasi dan warna kulit tidak merata.

Masker yang baik dalam kategori ini harus mengandung bahan-bahan pencersh kulit seperti arbutin, vitamin C, ekstrak bearberry dan niacinamide. Bahan-bahan ini akan memperbaiki warna kulit yang tidak merata dan membuat kulit bercahaya.

4. Sheet Mask

masker wajah

Foto: spy.com

Masker lembaran biasanya terbuat dari beberapa jenis kertas atau kapas yang jenuh dengan bahan-bahan yang efektif. Ada banyak masker lembar yang berbeda untuk disesuaikan dengan jenis kulit yang berbeda tergantung pada bahan yang dikandungnya.

Moms bisa meninggalkan masker di wajah untuk sementara waktu agar bahan-bahannya bisa meresap ke dalam kulit. Masker lembar memang bisa sering digunakan tetapi tidak selalu memberikan manfaat lebih.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

5. Masker Peel Off

masker wajah

Foto: bustle.com

Masker peel off yang baik secara lembut menghilangkan lapisan tipis sel kulit mati dan kotoran permukaan dari pori-pori, yang membuat kulit terasa halus. Masker peel off tidak memiliki kemampuan untuk menembus pori-pori dan 'menarik' komedo dan kotoran keluar dari mereka.

Untuk mengurangi komedo dan membuka pori-pori, sebaiknya gunakan exfoliant BHA. Masker peel off buatan rumah juga menjadi populer, tetapi beberapa di antaranya sebenarnya berbahaya bagi kulit, membutuhkan lem dan bahkan superglue untuk digunakan sebagai alas. Tidak mengherankan ini merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

Jika ingin menggunakan masker peel-off, pilih masker yang lembut dan tidak mengandung alkohol polivinil konsentrasi tinggi, yang dapat memiliki efek pengeringan dan iritasi pada kulit.

Artikel Terkait