PROGRAM HAMIL
26 Juli 2020

Jenis-jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

Harus menyenangkan dan kalau bisa, dapat dilakukan bersama pasangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan adalah proses yang melibatkan banyak faktor dalam diri seorang ibu, baik faktor fisik atau kebugaran, gaya hidup, maupun faktor mental.

Olahraga tentunya merupakan faktor yang penting tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran dan meningkatkan kesehatan baik fisik dan mental, namun olahraga juga harus menjadi gaya hidup yang kita terapkan setiap harinya.

Yuk, simak jenis olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil ini, dikutip dari penjelasan dr. David Mayndra Utama, Sp.OG. dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Syarat Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Program Hamil

olahraga untuk program hamil

Foto: Orami Photo Stock

Pada prinsipnya olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil harus meliputi :

1. Dilakukan Secara Rutin

Sebaik apapun jenis olahraga yang kita lakukan, tidak akan membawa manfaat yang berarti apabila kita tidak melakukannya secara rutin.

“Olahraga harus dilakukan secara rutin dan menjadi bagian dari lifestyle kita agar dapat membawa manfaat yang benar-benar maksimal,” kata dr. David.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung, Ibu Hamil Wajib Pahami Dulu 5 Hal Ini

2. Tidak Dilakukan Berlebihan

Meskipun olahraga membawa kebaikan, tapi melakukan olahraga yang terlalu keras dan berlebihan justru akan membuat tubuh kita kelelahan dan mengalami stres fisik dan mental.

“Justru, ini akan menghambat produksi hormon-hormon kesuburan yang dibutuhkan untuk mendapatkan kehamilan,” kata dr. David

3. Sebaiknya Dilakukan Bersama dengan Pasangan

Selain meningkatkan kualitas kesuburan, berolahraga bersama pasangan akan meningkatkan ikatan kebersamaan.

Ikatan romantisme yang kuat antar pasangan tentunya merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Program Hamil

olahraga untuk program hamil

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui kriteria olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil, berikut ini adalah contoh jenis olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil.

1. Jalan Sehat dan Jogging

Jenis olahraga ini adalah jenis yang paling bagus, murah dan sederhana untuk dilakukan dan sangatlah baik dalam menjaga kebugaran tubuh selama program hamil.

Dengan menjaga irama olahraga yang teratur yaitu setidaknya 30 menit setiap hari, maka fisik dan stamina akan terjaga sehingga tubuh bisa memproduksi kadar hormon reproduksi yang seimbang yang tentunya akan meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Pilates

Pilates merupakan latihan yang berfokus membangun fleksibilitas kekuatan dan ketahanan tubuh. Pilates juga dapat membantu menguatkan bagian perut dan postur tubuh sebelum hamil.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kehamilan Moms nantinya. Ketahanan perut dan postur tubuh yang kuat mampu melindungi Moms dari keluhan sakit punggung saat hamil, dan membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan disamping kekuatan otot panggul yang meningkat akan meningkatkan kemampuan seksual.

Baca Juga: 3 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang baik untuk Moms yangs sedang mengikuti program hamil. Menggabungkan gerakan tubuh, fokus mental dan pengaturan pernapasan yang baik untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas dan kesehatan secara keseluruhan.

Sama seperti pilates, banyak studi yang menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi stres yang dapat mempengaruhi kesuburan.

“Di samping mengurangi stres, pose-pose dalam Yoga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul dimana organ reproduksi wanita berada,” jelas dr. David.

4. Berenang

Berenang merupakan salah satu latihan kardio yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal. Jenis olahraga ini juga sangat baik untuk Moms yang sedang ikut program hamil.

Olahraga ini cocok dilakukan jika Anda atau pasangan memiliki masalah kesuburan yang dipengaruhi oleh berat badan.

Dan, berenang termasuk latihan kardio berintensitas sedang yang memang disarankan untuk Moms yang sedang mengupayakan kehamilan.

“Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, latihan kardio intensitas tinggi justru akan menguras tenaga yang membuat tubuh jadi terlalu stres dan menghambat proses pembuahan,” terang dr. David.

5. Zumba

Zumba adalah tarian kebugaran dengan gerakan atraktif yang dapat meningkatkan produksi endorfin, yakni hormon di dalam tubuh yang meningkatkan rasa bahagia.

Dengan begitu, olahraga ini dapat membantu meringankan stres yang Anda rasakan. Stres sendiri merupakan salah satu pemicu infertilitas.

Olahraga sangat penting dilakukan dalam menjaga berat badan kita tetap ideal, menjaga jantung kita tetap sehat dan menjaga stamina tubuh kita sehingga tidak mudah sakit.

Berolahraga teratur juga membawa dampak yang positif dalam meningkatkan kesuburan karena menjaga keseimbangan produksi hormon untuk membantu kesuburan pada wanita dan meningkatkan kualitas seksualitas pasangan.

Karena itu pilihan jenis olahraga yang cocok dilakukan saat program hamil harus Moms sukai dan bisa dilakukan secara rutin bersama dengan pasangan anda.

“Alhasil, olahraga pun bisa menjadi bagian gaya hidup Moms dan pasangan,” tutup dr. David mengakhiri penjelasannya.

Jenis Olahraga Di Rumah untuk Program Hamil

olahraga untuk program hamil

Foto: momlovesbest.com

Jika Moms agak sulit untuk keluar rumah, Moms juga bisa melakukan olahraga di dalam rumah lho. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan.

1. Bersepeda di Dalam Ruangan

Bersepeda di dalam ruangan bisa menjadi olahraga yang baik untuk Moms yang sedang ikut program hamil, karena memungkinkan Moms mengayuh dengan langkah sendiri tanpa risiko terjatuh atau menekan sendi pergelangan kaki dan lutut.

Baca Juga: 4 Tips Perawatan Kecantikan Saat Menjalani Program Hamil

Pastikan Moms tidak berolahraga berlebihan, istirahatlah sebentar jika Moms merasa terlalu panas atau kelelahan pada saat mengayuh. Juga sesuaikan stang agar Moms bisa lebih tegak dan tidak condong ke depan untuk menghindari tekanan pada punggung bagian bawah.

Tetap duduk selama mengayuh, karena jika dilakukan dalam posisi berdiri, akan terlalu tegang untuk Moms.

2. Menari

Menari juga merupakan olahraga yang disarankan untuk Moms yang sedang ikut program hamil. Menurut Ann Cowlin, pendiri dan direktur Dancing Thru Pregnancy (DTP), program kebugaran dan kesejahteraan yang berbasis di Connecticut menari saat program hamil memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Diantaranya adalah:

  • bebas dari ketidaknyamanan terkait kehamilan,
  • meningkatkan stamina sebelum, selama, dan setelah persalinan,
  • mengurangi kebutuhan medis selama persalinan dan kelahiran,
  • dan pemendekan periode pemulihan postpartum.

Menurut Global Journal of Health Science, berlatih menari saat hamil akan membantu Moms mengurangi intensitas rasa sakit dan meningkatkan kepuasan dengan perawatan selama fase aktif persalinan.

3. Angkat Beban

Mengangkat beban adalah olahraga yang baik untuk program hamil karena dapat meningkatkan otot tubuh kita. Cukup pilih beban yang rendan dan lakukan lebih banyak repetisi (mis. 12 hingga 15 dalam satu set).

Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, latihan penguatan otot intensitas rendah hingga sedang selama kehamilan efektif untuk meningkatkan energi dan menghilangkan lelah.

Gunakan bobot yang ringan dengan beberapa pengulangan. Dan jangan lupa untuk melakukan peregangan saat Moms selesai angkat beban ya!

Tanyakan kepada dokter kandungan jika Moms perlu melakukan modifikasi.

(Artikel ini ditulis bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia)

Artikel Terkait