NEWBORN
19 Oktober 2020

5 Manfaat dan Jenis Pijat Bayi

Pijat bayi memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Fakta menunjukkan bahwa memijat bayi dapat mengurangi tangisan dan kerewelan Si Kecil, membantunya tidur lebih tenang, dan meringankan masalah umum seperti sembelit dan kolik pada bayi.

Bahkan beberapa mengatakan bahwa memijat bayi mampu meningkatkan kemampuan bayi untuk melawan kuman dalam tubuh.

"Ketika memijat bayi, kita sebenarnya juga merangsang sistem saraf pusat anak," jelas Tiffany Field, direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Hal ini memicu reaksi berantai yang akan membuat otak anak memproduksi lebih banyak serotonin, dan lebih sedikit kortisol, hormon yang disekresikan sebagai respons terhadap stres. Karenanya, detak jantung dan pernapasan bayi akan melambat, dan menjadi lebih santai.

Bahkan dalam jurnal Preterm Infant Massage Therapy Research, terapi pijat bayi pada bayi prematur akan meningkatkan kenaikan berat badan ketika pijat tekanan sedang diberikan.

Apa saja sebenarnya manfaat dan jenis pijat bayi yang bisa Moms lakukan? Yuk coba kita tengok.

Manfaat Memijat Bayi

memijat bayi

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini beragam manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan jika kita memijatnya. Disimak ya, Moms.

1. Membangun Ikatan dengan Anak

Memijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendekatkan Moms dan si buah hari. Kepercayaan dan komunikasi berkembang saat kita berinteraksi dengan bayi. Sentuhan Moms yang menenangkan akan membuat bayi merasa dicintai dan diperhatikan juga.

Si Kecil juga akan merasa rileks saat dipijat. Penelitian menunjukkan relaksasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur bayi di malam hari.

2. Menstimulasi Sistem Pencernaan Bayi

Menurut International Association of Infant Massage (IAIM), memijat bayi dapat membantu menstimulasi sistem peredaran darah dan pencernaan. Ini mungkin, pada akhirnya akan membantu beberapa bayi dengan kondisi seperti:

  • gas
  • kram
  • sakit perut
  • sembelit

Pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri tumbuh, dan ketidaknyamanan tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan pada bayi prematur.

Jika bayi Moms memiliki masalah kesehatan, kita harus berbicara dengan dokternya terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Moms harus memijat bayi atau tidak.

Jenis Pijat Bayi

pijat bayi

Foto: ucmasjabalpur.com

Jika Moms ingin memijat bayi, ada beberapa bagian pada tubuh bayi yang bisa Moms pijat. Apa saja tipe pijat bayi tersebut? Yuk kita lihat.

1. Pijat Kaki

Moms bisa memijat kaki Si Kecil. Pijatlah Dengan lembut, namun bertenaga. Letakkan tangan kita di sekitar kaki bayi, dan sembari pijat, pindahkan tangan dari paha ke pergelangan kaki. Lakukan ini beberapa kali, lalu ulangi pada kaki lainnya.

Baca Juga: Pewarna pada Skincare Bayi, Amankah?

2. Pijat Perut

Letakkan tangan Moms setinggi pusar bayi. Lalu dengan gerakan searah jarum jam, gosok ujung jari dengan kuat dan lembut di atas perutnya dengan gerakan memutar. Ulangi hingga beberapa kali.

3. Pijat Tangan

Secara lembut pijat lengan bayi di antara tangan kita, mulai dari bahu dan turun ke pergelangan tangan anak. Ulangi dua hingga tiga kali, dan kemudian beralih ke lengan lainnya.

4. Pijat Leher

Topang kepala dan tubuh bagian atas bayi dengan satu tangan. Letakkan ibu jari tangan yang lain di satu sisi lehernya dan dua jari pertama di sisi lainnya. Kemudian gunakan ujung jari kita untuk menggosok dengan lembut leher bayi dengan gerakan memutar. Ulangi putaran ini beberapa kali.

5. Pijat Meringankan Kolik

Pertama-tama berikan pijatan pada bayi. Kemudian tekuk lutut hingga ke perut anak dan tahan selama sekitar 30 detik sebelum dilepaskan. Ulangi beberapa kali.

Kemudian letakkan ujung satu tangan di atas perut bayi, meluncur dari pusar ke bawah dalam pola ritmis, untuk membantu melepaskan gas yang belum keluar. Ulangi secukupnya.

Baca Juga: Kenali Kolik pada Bayi, Penyebab Bayi Menangis Tanpa Sebab

Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu Moms agar bisa memijat bayi dengan aman:

  • Pastikan Moms menggunakan minyak yang aman untuk kulit bayi karena kulit Si Kecil masih sensitif.
  • Saat memijat lengan atau kaki anak, selalu dukung pergelangan kaki atau pergelangan dengan satu tangan.
  • Saat memijat perut anak dengan gerakan memutar, lakukan searah jarum jam, bukan berlawanan arah jarum jam.
  • Jika anak Moms kesal atau tertidur, hentikan memijat.

Itu dia Moms beberapa tipe pijat bayi yang bisa dilakukan di rumah. Pastikan Moms melakukannya dengan benar ya.

Artikel Terkait