RESEP
12 Juli 2019

5 Jenis Saus Steak dengan Cita Rasa Lezat dan Mudah Dibuat

Ada saus yang tidak perlu dimasak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky

Menyantap daging steak tidak cukup bila hanya dengan lada dan garam. Untuk menambah cita rasa, penambahan saus menjadi elemen yang penting.

Namun, Moms mungkin merasa tidak familiar dengan saus-saus yang biasa disajikan bersama dengan daging andalan.

Setiap saus steak punya rasanya sendiri, dan belum tentu saus yang disajikan cocok dengan selera Moms. Berikut ini 5 jenis saus steak yang paling dikenal dan paling enak untuk disajikan dengan steak daging, dikutip dari Great British Chefs.

Baca Juga: Resep Steak Tahu Lezat untuk Vegetarian

1. Saus Lada Hitam

saus stik-1.jpg

Foto: bbc.co.uk

Saus lada hitam yang buruk punya cita rasa yang mencolok dan sangat menyengat. Tapi ketika diolah dengan benar, saus ini cocok untuk daging sapi.

Saus ini mengandung lada hitam yang dimasak dalam krim ganda sampai mengental.

Tetapi untuk menciptakan saus terbaik, perlu dimasak dalam wajan yang sama dengan steak, ditambah bawang merah yang dilunakkan, ditambahkan brendi, dan berbagai merica (hitam, putih, pink, dan hijau) yang dihancurkan.

Krim tidak boleh dididihkan tetapi dibiarkan matang cukup lama sehingga lada dan cita rasanya ikut melunak. Tuangkan di atas steak sesaat sebelum disajikan.

2. Saus Béarnaise

saus stik-2.jpg

Foto: epicurious.com

Saus Béarnaise dibuat dari kuning telur yang dikocok, ditambahkan mentega cair dan anggur yang direndam tarragon dan cuka, untuk memberikan cita rasa yang sempurna.

Memang sedikit lebih sulit daripada membuat saus lada hitam, tetapi itu sepadan dengan cara memasaknya.

Baca Juga: Ini 7 Saus Sambal Terpedas di Dunia, Berani Coba?

3. Saus Diane

saus stik-3.jpg

Foto: additivefreelifestyle.com

Jika Moms menyukai saus yang kaya akan krim, tetapi tidak terlalu tertarik pada rasa merica, maka bisa mencoba saus Diane dengan rasa yang lebih menenangkan.

Saus ini terbuat dari bawang bombay, bawang putih dan jamur irisan yang digoreng dengan mentega, dibuat dalam wajan yang sama digunakan untuk memasak steak.

Setelah itu, tambahkan sedikit brendi, saus Worcestershire dan mustard Dijon. Krim ganda dituangkan dan dimasak sampai kental, lalu sausnya bisa disajikan di atas daging.

4. Saus Chimichurri

saus stik-4.jpg

Foto: bonappetit.com

Saus Chimichurri berasal dari Argentina, sangat sederhana bahkan saus ini tidak perlu dimasak. Saus Chimichurri Chimichurri cocok disajikan untuk menyantap daging sapi.

Secara umum, saus Chimichurri dibuat dengan mencampur dua batang peterseli, 1-2 tangkai daun thyme, empat siung bawang putih yang dicincang halus, satu sendok makan lada merah, 175 ml cuka anggur putih dan 500 ml minyak zaitun.

Campur semuanya hingga rata, dan biarkan selama satu jam. Saus ini bisa langsung dituangkan atau disajikan dalam wadah di samping steak favorit.

5. Saus Salsa Verde

saus stik-5.jpg

Foto: delicious.com.au

Salsa verde adalah saus mentah yang cocok disajikan dengan daging apa saja, mulai dari ikan hingga babi. Kombinasi saus ini terdiri dari basil, mint, peterseli atau tarragon.

Salsa Verde juga ditambah bawang putih, capers, mustard, dan untuk memberikan rasa yang kuat bisa diberikan minyak zaitun dan cuka anggur merah.

Nah, itu dia Moms 5 saus steak yang umum disajikan dan termasuk dalam saus daging terlezat.

Artikel Terkait