PROGRAM HAMIL
14 Januari 2020

5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi

Mengkonsumsi suplemen diperlukan untuk menunjang kehamilan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Untuk pasangan yang sedang mencoba punya anak, sumber nutrisi untuk program hamil perlu diketahui demi menunjang kebugaran tubuh demi mempersiapkan kehidupan anak.

Dikutip dari dr. David Mayndra Utama, Sp.OG, ginekolog dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia, sebenarnya menyiapkan fisik untuk program hamil, intinya adalah mengatur pola hidup menjadi lebih baik.

Bagi pasangan yang berniat untuk hamil, maka mempersiapkan tercapainya kehamilan bisa dimulai sedini mungkin dengan mengatur pola hidup sehat.

Caranya adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta mengkonsumsi suplemen yang diperlukan untuk menunjang kehamilan.

Di antaranya, zat yang dibutuhkan adalah protein, zat besi, asam folat, kalsium dan omega 3.

Nutrisi untuk Program Hamil

1. Asam Folat

Nutrisi untuk Program Hamil 01

Foto: shutterstock.com

Konsumsi asam folat setidaknya 6 bulan sebelum hamil dapat membantu mencegah cacat bawaan lahir terutama kelainan pada otak dan saraf tulang belakang.

Secara alami asam folat bisa didapatkan dari sayur-sayuran hijau (seperti asparagus, brokoli, sawi, bayam dll), buah-buahan (seperti alpukat, bit, tomat, pisang, pepaya, dll), biji-bijian (seperti kedelai, kacang polong, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah kacang kedelai dll), ikan, hati sapi, susu dan olahannya, serta telur.

“Kebutuhan asam folat perhari disarankan 400 ug. Dan kebutuhan ini bisa di tingkatkan dengan suplemen asam folat ataupun susu yang terfortifikasi,” kata dr. David.

Baca Juga: Buat Calon Ayah, Ini 10 Tips Untuk Menyukseskan Program Hamil

2. Kalsium

5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi 02

Foto: freepik.com

Kalsium dibutuhkan untuk membuat tulang dan gigi lebih kuat, baik bagi sang ibu, maupun bagi janin dalam kandungan.

Sumber kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau, susu, ikan teri, kacang-kacangan, pisang dll.

3. Zat Besi

5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi 03

Foto: pixabay.com

Zat besi membantu pertumbuhan sel darah dan otot baik bagi ibu dan juga bagi janin dalam kandungan sehingga bisa mencegah terjadinya anemia dalam kehamilan.

“Sumber utama zat besi bisa diperoleh dari daging, hati, kerang, udang, kentang, brokoli, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lain-lain,” jelas dr. David.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

4. Omega-3

5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi 04

Foto: shutterstock.com

Vitamin lain yang dibutuhkan adalah Omega-3 termasuk DHA dan EPA yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak serta mata janin.

Sumber omega-3 bisa diperoleh dari telur, minyak olive, ikan salmon, kedelai, rumput laut, dan biji kenari.

5. Susu Hamil

5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi 05

Foto: shutterstock.com

Sehubungan dengan banyaknya kebutuhan nutrisi pada persiapan kehamilan, terkadang dari makanan saja terkadang sulit untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada.

Di samping makanan, nutrisi juga bisa ditambahkan dengan suplemen maupun susu yang difortifikasi atau ditambahkan zat gizi.

Dalam memilih suplemen ataupun susu untuk persiapan kehamilan, penting untuk melihat komposisi nutrisi di dalamnya.

Tentunya, sesuai dengan komposisi nutrisi yang telah dibahas dan sesuai dengan asupan nutrisi yang kurang dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Itulah 5 sumber nutrisi untuk program hamil yang harus dipenuhi jika Moms ingin mendapatkan buah hati. Yuk, segera penuhi sumber gizi ini demi tubuh yang lebih sehat.

Baca Juga: Seberapa Penting Moms Mengonsumsi Susu untuk Ibu Hamil?

(*)

Artikel ini dibuat bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Artikel Terkait