KESEHATAN
1 Juni 2018

5 Jenis Susu Hewani di Pasaran dan Khasiatnya Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Siapa sangka susu unta memiliki zat besi 10 kali lebih tinggi dari susu sapi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Tahukah Moms selain susu sapi dan susu kedelai terdapat beberapa jenis susu hewani di pasaran. Ternyata selain kedua susu tersebut, ada beberapa hewan lain yang juga mengasilkan susu yang sangat kaya akan manfaat.

Kira-kira yang mana yang menjadi kesukaan Moms? Apakah sudah pernah mencoba ke-5 susu berikut? Mari kita simak satu per satu manfaatnya.

1. Susu Sapi

Susu sapi tentulah merupakan jenis susu yang paling umum, karena sapi memang penghasil susu terbanyak ketimbang binatang lainnya. Tak hanya itu, sapi juga sangat kaya akan manfaat yang dimiliki oleh susunya seperti mengandung asam lemak omega-3  dan omega-6 dimana asam lemak esensial ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga harus diperoleh dari makanan.

Tak hanya itu, protein dalam susu sapi juga sangat penting dalam proses pembentukan otot. Kalsium dalam susu sapi juga penting bagi proses pembentukan tulang agar tulang tidak cepat keropos.

Baca Juga : 4 Fakta Tentang Susu Formula Bayi

2. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah hasil sari kacang kedelai murni yang diolah menjadi susu segar dan mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Susu ini baik dikonsumsi bagi penderita alergi susu hewani. Karena susu kedelai ini merupakan jenis susu nabati yang kaya akan serat dan protein.

Baca Juga : 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

3. Susu Kerbau

Pernahkah Moms mendegar susu kerbau? Rupanya susu ini memang hanya dikonsumsi di beberapa daerah di Indoensia saja.

Meski jarang terdengar, susu kerbau ini mengandung banyak protein, kalsium, besi, dan fosfor serta kolestrol yang rendah sehingga baik dikonsumsi bagi para Moms yang berkolestrol tinggi.

4. Susu Unta

Berikutnya ada susu Unta berpunuk satu yang mengandung sedikit lemak dan laktosa, sementara kandungan potassium, zat besi 10 kali lebih tinggi dari susu sapi, dan vitamin C nya 3 kali lebih tinggi dari susu sapi.

Tak hanya itu, susu unta juga mengandung kolesterol 40% lebih rendah dari susu sapi serta memiliki kandungan mineral seperti sodium dan magnesium yang tinggi, Moms.

5. Susu Kuda

Selanjutnya ada  susu kuda yang rupanya mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, dengan lemak tak jenuh dan asam lemak rantai pendek membuatnya dapat diserap oleh tubuh.

Susu ini terkenal karena khasiatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menstimulasi pembersihan organ dalam tubuh, lho.

(MDP)

Artikel Terkait