RUPA-RUPA
13 Juli 2019

5 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

Tanam di dalam pot dan gantung di teras rumah Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menciptakan hunian yang nyaman ada sebuah PR untuk para pemilik rumah. Tidak hanya bagian dalam rumah saja, bagian luar rumah juga perlu diperhatikan agar terlihat indah. Bahkan banyak orang bilang bahwa teras rumah menentukan kesan terhadap sebuah hunian lho.

Jadi menghias teras rumah jangan dilewatkan ya Moms. Bahkan menghias teras rumah bisa lebih menyenangkan lho karena erat kaitannya dengan tumbuh-tumbuhan yang segar dan hijau.

Nah agar memiliki sedikit gambaran mengenai beberapa jenis tanaman gantung yang bisa digunakan untuk menghias teras rumah, lihat rekomendasi di bawah ini ya Moms.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Kenali Bermacam Bunga dan Arti Dibaliknya

1. Bunga Lobelia

tanaman gantung, tanaman gantung untuk menghias rumah

Foto: tamanbenih.com

Untuk Moms yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman setiap hari, bunga lobelia adalah jenis tanaman gantung yang mudah tumbuh subur di berbagai musim. Selain itu juga tidak memerlukan banyak perawatan.

Moms cukup menanamnya dengan cara menabur bibit lobelia di dalam tanah seperti menanam biasa. Jika berhasil, pucuk tanaman gantung ini akan muncul dan Moms bisa memindahkannya pada pot untuk digantung. Gantung di teras untuk mempercantik tampilan rumah.

2. Bunga Geranium

tanaman gantung, tanaman gantung untuk menghias rumah

Foto: dekoruma.com

Tanaman bunga memang cocok dijadikan sebagai tanaman gantung untuk menghias rumah. Salah satu yang bisa kita pilih adalah bunga geranium. Selain cocok dijadikan sebagai tanaman hias, bunga ini juga berfungsi untuk menghalau nyamuk, jadi nyamuk akan berkurang.

Namun jenis bunga ini memerlukan cuaca yang sejuk agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Jadi Moms harus melakukan perawatan ekstra seperti menyiram untuk menjaga kelembabannya, serta rajin memberi pupuk. Dengan begitu tanaman ini akan tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

3. Heart Leaf Philodendron

tanaman gantung, tanaman gantung untuk menghias rumah

Foto: crocus.co.uk

Bosan dengan tanaman bunga-bunga, Moms bisa menggunakan dedaunan sebagai selingan. Meski terlihat biasa saja, tanaman berbentuk waru ini akan terlihat sangat cantik jika menggantung di depan teras rumah kita.

Tanaman ini memiliki fungsi lain untuk menyerap polutan di udara sehingga udara di teras rumah kita akan terasa lebih bersih dan sejuk. Keunggulan lainnya, tanaman ini juga perawatannya mudah dan bisa bertumbuh dengan subur.

4. Sedum Morganianum

tanaman gantung, tanaman gantung untuk menghias rumah

Foto: crocus.co.uk

Tanaman gantung untuk menghias rumah satu ini mirip dengan tanaman kaktus. Mereka membutuhkan banyak matahari, namun sedikit saja air. Inilah alasan mengapa Sedum morganianum mudah dirawat. Karena penyebutan nama yang agak sulit, jenis tanaman gantung ini dikenal juga dengan nama kaktus anggur.

Sayangnya warna hijau pucat pada tanaman ini membuatnya tidak terlalu menonjol. Tetapi bentuknya cantik dan unik. Tanaman ini cocok dijadikan sebagai variasi jenis tanaman gantung di teras rumah kita.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

5. Black Eyed Susan Vine

tanaman gantung, tanaman gantung untuk menghias rumah

Foto: bakker.bg

Tanaman satu ini dikenal juga dengan nama Thunbergia alata. Jenis tanaman gantung ini juga tidak memerlukan banyak perawatan makanya cocok dijadikan sebagai tanaman gantung di Indonesia.

Warna-warna yang ditampilkan bunga ini cantik dan cerah. Ada kuning, oranye, putih, ungu, salmon, dan ivory. Bentuknya juga unik, menyerupai hati atau mata panah. Moms bisa meletakkan tanaman ini di daerah lembab, namun masih terjangkau sinar matahari.

Teras rumah kita dijamin akan berubah menjadi cantik dan indah jika dihiasi dengan tanaman-tanaman ini. Pilih jenis tanaman yang Moms suka, atau gunakan semuanya juga bisa.

(AWD)

Artikel Terkait