KESEHATAN
2 Oktober 2019

5 Jenis Teh untuk Meredakan Gejala Flu

Teh jahe ampuh dan paling mudah didapatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gejala flu seperti pilek, batuk, deman, dan sakit kepala membuat aktivitas terganggu. Rasanya, hanya ingin meringkuk di atas sofa sambil sesekali menyeruput teh hangat.

Teh hangat dipercaya dapat membuat tubuh merasa lebih baik. Apalagi jika ditambahkan dengan madu untuk meredakan batuk dan air lemon untuk meredakan pilek.

Menurut GH Nutrition Director, yang juga penulis buku Dressing on the Side (and Other Diet Myths Debunked), Jaclyn London, MS, RD, CDN, menyebutkan, salah satu fungsi teh sebagai penyembuhan adalah agar tubuh tetap terhidrasi.

"Ketika sakit, dianjurkan untuk makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi dan setidaknya sepuluh cangkir per hari yang tidak mengandung gula, termasuk teh," ungkap London.

Ada beberapa jenis teh untuk meredakan gejala flu. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 6 Jenis Teh untuk Mengurangi Mual Ibu Hamil, Bikin Segar!

1. Teh Peppermint

peppermint-tea - medicalnewstoday.com.jpg

Jenis teh untuk meredakan gejala flu yang pertama adalah teh peppermint. Beberapa teguk teh peppermint dapat membuat tubuh merasa lebih baik.

Mentol dalam daun peppermint dapat memiliki efek anestesi ringan pada tenggorokan dan meredakan batuk. Plus, para ilmuwan dari United States Department of Agriculture (USDA) melaporkan bahwa ketika diuji di laboratorium, peppermint ditemukan memiliki aktivitas antimikroba dan antivirus yang signifikan.

2. Teh Chamomile

chamomile-tea - healthline.com.jpg

Jenis teh untuk meredakan gejala flu yang selanjutnya adalah teh chamomile. Bunga-bunga kering chamomile telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Hal tersebut dikarenakan flavonoid dari tanaman memiliki efek penenang. Tidur nyenyak bagian penting dari untuk pemulihan, teh chamomile adalah pilihan yang sangat baik.

3. Teh Echinacea

echinaceatea.jpg

Foto: Organicfacts.net

Jenis teh untuk meredakan gejala flu yang selanjutnya adalah teh echinacea. Echinacea berasal dari bunga ungu yang ditemukan di Amerika Utara dan digunakan oleh suku Great Plains sebagai obat tradisional.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi Echinacea sebagai suplemen dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 58persen. Selain itu, dapat mengurangi lamanya pilek hingga lebih dari satu hari.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

4. Teh Jahe

ginger-tea- nutritionforce.com.au.jpg

Jenis teh untuk meredakan gejala flu yang selanjutnya adalah teh jahe. Teh jahe adalah favorit para penyanyi untuk menenangkan tenggorokan mereka. Bahan bioaktif di dalamnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan juga dapat menghambat mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.

Jahe dapat meredakan pilek dan flu dengan cepat. Rasa pedas alami jahe bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat. Jika pilek datang ditambah gejala perut yang tidak nyaman, jahe juga dikenal dapat meredakan mual.

5. Teh Elderberry

elderberrytea - organicfacts.net.jpg

Elderberry memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Bahkan, kandungan polifenolnya lebih tinggi dari Cranberry dan Blueberry.

Ekstrak teh Elderberry dapat mengurangi gejala flu. Selain itu,kandungan flavonoid dan antioksidan yang dimiliki dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Nah, itu dia Moms beberapa jenis teh untuk meredakan gejala flu. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

(SWN)

Artikel Terkait