DI ATAS 5 TAHUN
23 November 2017

5 Kegiatan Yang Dapat Mendekatkan Anak dengan Kakek Nenek

Coba deh Moms ajak anak untuk meluangkan waktu hanya bersama kakek dan nenek
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sebagai orangtua, Moms tentunya ingin buah hati dekat dengan kakek neneknya, bukan? Namun, tidak semua anak mau akrab dengan kakek nenek.

Untuk dapat mengakrabkan anak dengan kakek serta neneknya, Moms bisa mencoba untuk mengajak mereka meluangkan waktu hanya bersama kakek dan nenek, misalnya sebulan sekali di akhir pekan. Berikut ada lima kegiatan seru agar anak lebih dekat dengan kakek dan nenek:

1. Berkebun

Mafaatkan halaman di depan rumah sebagai tempat berkebun. Momen ini juga dapat dimanfaatkan oleh kakek dan nenek untuk mengajarkan cucu tentang berbagai jenis tanaman, seperti tanaman yang bisa diolah menjadi masakan atau tanaman yang bisa menjadi obat-obatan.

2. Belanja

Si Kecil tidak familiar dengan pasar tradisional? Mungkin anak lebih sering Moms ajak belanja di pasar modern atau supermarket. Nah, jika sepertii tu, coba minta kakek ataupun nenek mengajak anak Moms untuk berbelanja di pasar tradisional.

Selain memberitahu anak beberapa keuntungan ketika berbelanja dj pasar tradisional, seperti harga yang lebih murah, barang-barang yang lebih segar, cara tawar menawar dengan pedagang pasar tradisional, dan ikut membantu perekonomian para petani lokal.

Baca Juga : Membangun Hubungan Istimewa Anak dan Kakek Nenek

3. Masak

Saatnya untuk berkreasi di dapur. Sebelumnya, orangtua Moms dapat mengajak Si Kecil untuk berbelanja bahan masakan di pasar lalu olah bersama-sama. Mulai dari menu ringan yang bisa dikerjakan bersama-sama, seperti untuk makan siang atau camilan sore. Selain itu, kakek dan nenek serta cucu juga dapat berbagi tugas, misalnya cucu kebagian mencuci dan mengupas lalu kakek atau nenek bertugas memotong dan memasak.

4. Pajamas party

Pesta menginap yang sering dilakukan anak bersama teman-temannya dapat ditiru. Buat satu malam khusus antara kakek dan nenek serta cucu. Mereka dapat bersenang-senang sebelum tidur, seperti menonton film bertema keluarga, karaoke, dan main board game. Sebelum tidur, kakek maupun nenek dapat membacakan dongeng untuk cucunya.

5. Olahraga

Agar semakin semangat berolahraga, kedua orang tua Moms dapat mengajak Si Kecil untuk ikut olahraga. Usia yang masih muda tentunya membuat mereka lebih bersemangat, kakek dan nenek pun jadi ikut tertular semangat cucu kesayangan. Tidak perlu olahraga berat, jogging pagi atau sore sudah cukup.

(HIKMAH)

Artikel Terkait