BALITA DAN ANAK
9 Februari 2020

5 Kemampuan Dasar Anak yang Perlu Moms Ajarkan

Penting untuk bekal masa depan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seiring dengan dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu, orang tua juga perlu mempersiapkan anak untuk beradaptasi di kemudian hari. Makanya, orang tua perlu membekali dengan kemampuan dasar anak yang akan berguna untuk mereka di masa depan sejak dini.

Dengan begitu, anak-anak akan siap untuk menerima semua tantangan baru yang akan mereka temui ketika beranjak besar nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Yuk Disimak!

Jangan menjadi orang tua yang protektif seperti orang tua kebanyakan, yang takut jika anaknya mencoba hal baru. Hal ini justru akan menghambat keterampilan belajar anak demi kepentingan mereka sendiri.

Kemampuan Dasar Anak

Di bawah ini ada beberapa keterampilan dasar dan kemampuan dasar anak yang harus orang tua ajarkan pada Si Kecil. Yuk langsung disimak.

1. Mencuci Pakaian

kemampuan dasar anak

Foto: parents.com

Si Kecil yang berusia 10 tahun atau lebih sudah bisa membantu Moms melakukan pekerjaan sehari-hari, misalnya mencuci pakaian di rumah. Moms bisa mengajari mereka bagaimana menggunakan mesin cuci.

Bahkan anak juga bisa membantu Moms memisahkan pakaian berwarna dan berwarna putih yang tidak boleh disatukan, atau membantu melipat handuk kecil dan serbet. Pekerjaan ringan seperti ini bisa kita ajarkan sebagai kemampuan dasar anak yang baik.

2. Bangun Tidur Sendiri

kemampuan dasar anak

Foto: superbookindonesia.com

Akui atau tidak, kita adalah alarm bagi anak kita sendiri. Kita juga menjadi rencana cadangan buah hati kita. Apakah hal ini membantu anak dalam perkembangan kemampuan dasar anak atau tidak?

Terkadang sedikit menjadi cuek dan membiarkan anak melakukan aktivitasnya sendiri adalah cara terbaik untuk mengajarkan kemandirian pada mereka. Biarkan mereka menyetel alarmnya sendiri dan bangun tepat waktu, jika terlambat, jangan membantu mereka untuk pergi ke sekolah.

Biarkan anak menanggung konsekuensi dari apa yang dilakukan. Waktu dan disiplin adalah persyaratan mendasar untuk kehidupan yang lebih baik dan produktif.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Kemampuan Persepsi Visual Anak

3. Merapikan Barang Sendiri

kemampuan dasar anak

Foto: kindycleana.com.au

Anak-anak diusia TK dan SD, seringkali mengandalkan orang tua mereka untuk mengemasi keperluannya. Tas sekolah, tas untuk menginap, bahkan tas untuk piknik. Apa yang akan dibawa, semua dimasukan dan ditentukan oleh orang tua.

Kebiasaan ini harus cepat disingkirkan. Jika terus dilakukan, anak tidak akan bisa menentukan apa yang harus dibawa dalam sebuah acara yang akan dilakukannya. Ketika tumbuh dewasa, Si Kecil juga akan menjadi pelupa dan harus selalu diingatkan.

Membiasakan anak mengemas tas mereka sendiri sejak dini akan membuat mereka menjadi orang dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab.

4. Membantu Grocery Shopping

kemampuan dasar anak

Foto: activekids.com

Orang tua cenderung tidak membiarkan anak-anak mereka keluar dari pandangan saat melakukan grocery shopping karena takut Si Kecil hilang. Padahal saat ini banyak supermarket yang sudah memasang kamera CCTV demi keamanan.

Jadi tidak apa-apa untuk membiarkan buah hati kita menjelajahi supermarket dan berbelanja sendiri dengan sebuah daftar belanjaan.

Baca Juga: 5 Tips Berbelanja Bersama Bayi

5. Merawat Makhluk Hidup Lain

kemampuan dasar anak

Foto: petfirst.com

Anak-anak menyukai hewan peliharaan, tetapi pada usia berapa mereka siap diberikan tanggung jawab itu?

Hewan peliharaan terbaik untuk balita adalah ikan atau burung. Di usia 7 tahun ke atas Si Kecil sudah bisa diberi tanggung jawab untuk merawat hewan peliharaannya. Kemampuan dasar anak ini wajib dimiliki agar anak menjadi orang yang penuh kasih sayang dan bertanggung jawab.

Menurut US National Library of Medicine National Institutes of Health, berdasar literatur penelitian mengenai manfaat interaksi anak dengan hewan peliharaan telah terbukti meningkatkan pengaruh positif dan mengurangi perilaku bermasalah di antara anak-anak yang mengalami perkembangan dan kelainan perkembangan

Sudahkah Moms mengajarkan kemampuan dasar anak ini untuk si buah hati?

Artikel Terkait