BALITA DAN ANAK
18 Agustus 2019

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca

Supaya belajar membaca lebih mudah dan lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sebelum Moms mengajarkan balita membaca, ternyata ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai balita supaya prosesnya berjalan lebih mudah dan lancar lho, Moms.

Seperti disebutkan dalam studi yang dilansir oleh Europe Journal of Educational Research, menguasai kemampuan pra-membaca sangat penting untuk membantu balita mengenali teks serta memahami maknanya.

Karena laju tumbuh kembang setiap anak pasti berbeda, perhatikan kemampuan yang harus dikuasai balita berikut untuk menentukan apakah sudah waktunya Si Kecil belajar membaca ya, Moms.

1. Pengetahuan Huruf

5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca 1.jpg

Scholastic.com

Mengenali perbedaan bentuk dan suara dari setiap huruf termasuk dalam kemampuan yang harus dikuasai balita sebelum belajar membaca. Si Kecil juga harus tahu kalau huruf dan gambar memiliki fungsi yang berbeda.

Langkah awal untuk menguasai kemampuan ini adalah belajar mengenal alfabet secara bertahap, yang bisa dilakukan dengan aktivitas menyenangkan seperti menggunakan magnet kulkas, berlatih menulis nama, menggali huruf di bak pasir, dan sebagainya.

Baca Juga : Pentingnya Anak Belajar Bahasa Indonesia

2. Kemampuan Bahasa Oral

5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca 2.jpg

Orangeblogs.org

Menurut Reading Bright Start, gerakan literasi anak dari yayasan Nemours, yang dimaksud dengan kemampuan bahasa oral adalah bisa memahami komunikasi lisan dan bisa berbicara dengan jelas untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Membangun kemampuan bahasa oral sudah bisa dimulai sejak Si Kecil lahir lho, Moms.

Mulai dari sering mengajak bicara, melakukan kontak mata dan ekspresi wajah, membaca buku bersama, mendorongnya bercerita, banyak bertanya, dan sebagainya.

3. Kesadaran Fonologis

5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca 3.jpg

Leapfrog.com

Kemampuan yang harus dikuasai balita lainnya adalah memahami bahwa kata terdiri dari suku kata dan suara yang bisa dipisahkan atau disatukan.

Si Kecil juga harus tahu kalau ada kata yang dimulai dengan suara sama dan ada juga yang suaranya sama pada bagian akhir.

Beberapa kemampuan yang mendukung kesadaran fonologis diantaranya adalah:

  • Membuat rima, seperti cantik, batik, titik atau satu, batu, kartu.
  • Aliterasi atau tongue twister, seperti mengucapkan satu sate tujuh tusuk atau satu ribu dua biru tiga ribu empat ribu secara cepat.
  • Mengucapkan kata panjang dengan memecah suku katanya.
  • Mengenali suara di awal dan akhir kata.
  • Mengenali suara individual setiap huruf dalam suatu kata.

Baca Juga : Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

4. Kemampuan Naratif

5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca 4.jpg

Unitedwayhaysco.org

Mengutip informasi dalam laman Westminster Public Library, kemampuan naratif adalah kemampuan untuk mendesripsikan suatu hal atau peristiwa serta memahami isi cerita.

Kemampuan yang harus dikuasai balita ini bisa dikembangkan dengan cara bermain peran, memberikan pertanyaan saat membaca buku, dan mendorong balita untuk bercerita.

5. Kemampuan Menggunakan Buku

5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Balita Sebelum Belajar Membaca 5.jpg

Romper.com

Yang terakhir tapi tidak kalah penting untuk dikuasai sebelum balita belajar membaca adalah kemampuan untuk menggunakan buku, seperti memegang buku, membuka halaman, membaca dari kiri ke kanan, serta tahu cara mengikuti kata dalam buku saat membaca.

Tentu saja, yang paling efektif untuk semua menguatkan kemampuan yang harus dikuasai balita tadi adalah dengan mengenalkan kebiasaan membaca sejak sedini mungkin ya, Moms.

Nah, sudahkah Moms mulai mengajarkan balita belajar membaca?

(WA/CAR)

Artikel Terkait