3-5 TAHUN
15 Agustus 2019

5 Kesalahan Makan yang Membuat Anak Gemuk

Jangan percaya pada claim produk, Moms harus tetap mencari tahu kandungan dalam makanan yang dikonsumsi anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, tingkat obesitas pada anak-anak terjadi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan 30 tahun yang lalu. Banyak orang tua bingung mengapa anak-anak mereka terus bertambah berat badannya.

Dr. Dyan Hes, ahli obesitas anak dan Direktur Medis Gramercy Pediatrics, mengatakan bahwa ia tahu mitos makanan umum yang membuat anak-anak menjadi kelebihan berat badan.

Baca Juga: Cegah Obesitas Pada Anak Dengan 6 Cara Ini

Ada banyak kebingungan seputar makanan sehat yang harus dipilih. Banyak produk yang mengiklankan dirinya sebagai makanan sehat, namun nyatanya tetap dapat menyebabkan obesitas pada anak.

Hal ini tentu membuat para orang tua bingung. Hal ini menyebabkan kesalahan makan pada anak yang menyebabkannya menjadi gemuk. Apa saja? Kita lihat bersama yuk, Moms.

Labelling pada Makanan

kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk, obesitas pada anak, kelebihan berat badan

Foto: bbc.com

Tren makanan dan label produk bisa mengggiring kita untuk percaya bahwa apa yang kita makan adalah makanan sehat. Saat orang tua memutuskan apa yang akan dimakan oleh anak, penting bagi kita untuk memperhatikan produk tersebut secara keseluruhan.

Perhatikan tingkat sodium, pemanis buatan, nilai nutrisi, dan kalori yang terkandung dalam makanan tersebut. Semua bahan ini berperan penting dalam menentukan apakah makanan tersebut termasuk makanan sehat atau tidak.

Sodium mampu menyebabkan kadar gula darah anak naik, bahkan pada anak-anak. Sedangkan pemanis buatan dapat membuat anak terus makan dan mengonsumsi kalori secara berlebihan. Inilah contoh Kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk.

Baca Juga: Apakah Berat Badan Bayi Moms Normal? Coba Cek Dulu Panduannya!

Jus adalah Minuman yang Sehat untuk Anak-Anak

kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk, obesitas pada anak, kelebihan berat badan

Foto: sincerelynuts.com

Banyak orang tua yang percaya bahwa karna buah merupakan makanan yang sehat, jus buah aman dikonsumsi oleh anak. Nyatanya minuman manis berkalori tinggi ini mampu menyebabkan anak gemuk.

Beberapa mengatakan bahwa jus buah memiliki nutrisi yang baik untuk anak karena kaya akan vitamin. Disarankan orang tua sebaiknya memberikan anak buah segar, yang masih mengandung serat, yang mana akan hilang saat dijadikan jus.

Kelebihan kalori dari jus akan membuat Si Kecil kenyang, sehingga tidak ingin makan makanan padat yang mengandung serat, protein, dan lemak sehat.

Sereal Baik untuk Sarapan

kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk, obesitas pada anak, kelebihan berat badan

Foto: sincerelynuts.com

Sereal merupakan makanan yang mudah dan enak untuk sarapan anak di pagi hari. Tapi hati-hati, sebagian besar sereal yang beredar di pasaran mengandung banyak gula.

Mngonsumsi sereal diperlukan kewaspadaan, produk ini sering diiklankan sebagai makanan sehat, mengandung banyak vitamin, dan gandum. Namun jika makanan yang mengandung banyak gula ini dikonsumsi secara berlebihan, mampu menyebabkan anak gemuk.

Baca Juga: Sereal, Baikkah Untuk Anak?

Jangan sampai kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk ini dialami oleh buah hati kita. Untuk sarapan anak yang lebih sehat, Moms bisa memilih antara buah segar, yogurt rendah lemak, telur, dan oatmeal yang akan menghasilkan energi yang dibutuhkan buah hati kita tanpa membuatnya menjadi gemuk.

Roti Gandum Utuh adalah Roti yang Sehat

kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk, obesitas pada anak, kelebihan berat badan

Foto: gustotv.com

Ada beberapa perbedaan antara roti putih dan roti gandum. Kedua roti ini memiliki kadar glukosa tinggi yang dipecah menjadi aliran darah dengan cara yang sama.

“Hal Ini tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes,” ujar Dr. Dyan Hes, direktur Medis Gramercy Pediatrics di New York City, sekaligus direktur American Board of Obesity Medicine.

Keripik Sayuran Lebih Sehat Daripada Keripik Kentang

kesalahan makan yang menyebabkan anak gemuk, obesitas pada anak, kelebihan berat badan

Foto: sincerelynuts.com

Camilan ini seringkali mengandung jumlah kalori yang sama dengan jumlah kalori pada keripik kentang. Sehingga memiliki kemungkinan besar juga untuk menyebabkan anak menjadi gemuk.

Porsi kecil sayuran dalam keripik sayuran tidak seimbang dengan tingginya jumlah kentang dan tepung jagung yang terkandung di dalamnya. Nutrisi vital yang terkandung dalam sayuran hilang karena proses pembuatan sayuran menjadi keripik sayuran.

Itulah beberapa kesalahan makan yang menyebabkan anak menjadi gemuk. Moms harus teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi anak ya. Jangan sampai anak menderita obesitas karenanya.

Artikel Terkait