NEWBORN
20 November 2017

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Ayah Saat Bersama Bayi

Ini yang harus diperhatikan para Dads!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Sebagai ayah baru, Dads mungkin mengkhawatirkan banyak hal yang dirasa sulit dijalankan saat merawat si kecil. Tidak terkecuali adanya perasaan khawatir jika Dads melakukan kesalahan merawat bayi. Misalnya saja Dads yang sebelumnya sama sekali tidak pernah diminta untuk mengganti popok, saat si kecil lahir harus membantu Moms mengganti popok si kecil. Mungkin juga Dads harus memandikan dan mengasuh si kecil saat dibutuhkan oleh Moms.

Tanpa disadari terkadang Dads melakukan beberapa kesalahan saat bersama bayi. Ini beberapa contoh kesalahan ayah baru yang sering dilakukan:

1. Meninggalkan bayi sendirian di dalam mobil

meninggalkan bayi sendirian di dalam mobil

Meskipun terdengar aneh, faktanya masih ada saja Dads yang tanpa sadar meninggalkan bayinya di dalam mobil sendirian. Sedangkan hal tersebut bisa berakibat sangat fatal dan menyebabkan SIDS karena suhu yang ada di dalam mobil bisa sangat panas sekaligus pengap.

2. Tertidur saat menggendong atau memeluk bayi

tertidur saat menggendong atau memeluk bayi

Apakah Dads sudah tahu bahwa kesalahan fatal ini juga bisa menyebabkan SIDS pada bayi? Penting untuk Dads ketahui bahwa kesalahan ini terjadi begitu mudah. Jika Dads tertidur, ada kemungkinan Dads terjatuh dari sofa dalam kondisi masih menggendong si kecil. Tanpa Dads sadari, si kecil sangat mungkin mulai terlepas dari gendongan dan tercekik.

Bukan hanya saat menggendong, karena terlalu lelah Dads mungkin juga tertidur saat sedang menjaga si kecil di tempat tidur. Selama Dads tidur, si kecil bisa dalam kondisi berbahaya akibat benda-benda di atas tempat tidur, salah satunya selimut. Karena selimut tersebut bisa tertarik dan menutupi wajah si kecil. Selain itu, tanpa penjagaan si kecil bisa saja tidur dalam posisi tengkurap terlalu lama dan kesulitan bernapas karena belum mampu mengangkat wajahnya sendiri dari kasur.

3. Tidak menopang kepala dan leher bayi saat menggendong

tidak menopang kepala dan leher bayi saat menggendong

Hampir semua new Dads merasa takut saat harus menggendong bayi. Alasannya tidak lain karena tubuh bayi yang memang masih sangat rapuh. Namun, adakalanya Dads pasti akan kebagian menggendong si kecil saat harus menggantikan Moms. Ingat! Jangan lupa untuk memegang bagian kepala dan leher si kecil saat menggendongnya. Tidak jarang bayi mengalami cedela karena leher dan kepalanya tidak ditopang saat digendong.

Baca juga: Cara Menggendong Bayi yang Tepat sesuai Usianya

4. Meninggalkan bayi di dalam bak mandi

meninggalkan bayi di dalam bak mandi

Meninggalkan si kecil saat mandi dalam bak mandi merupakan kesalahan yang sangat fatal. Salah satunya tentu karena si kecil bisa saja tenggelam dalam air yang digunakannya untuk mandi. Terutama untuk bayi baru lahir. Jangankan untuk keluar dari dalam bak mandi, bayi baru lahir bahkan belum mampu menegakkan kepalanya sendiri.

Bukan hanya bayi baru lahir, bayi yang lebih tua juga beresiko terjatuh dari bak mandi maupun menelan sabun dan samponya jika Dads nekat meninggalkannya sendirian saat mandi.

5. Mengguncang tubuh bayi

mengguncang tubuh bayi

Jangan pernah berpikir untuk menenangkan si kecil saat menangis atau rewel dengan cara yang salah, yakni mengguncang tubuhnya. Berdasarkan studi yang diterbitkan Centers for Disease Control and Prevention, Dads lebih mungkin mengguncang tubuh bayi dibandingkan Moms. Padahal, mengguncang tubuh bayi bisa menyebabkan shaken baby syndrome pada bayi. Alih-alih mengguncang tubuh si kecil, Dads bisa menghiburnya dengan cara lain sehingga si kecil bisa berhenti menangis.

Menjadi orang tua baru memang perlu mempelajari begitu banyak hal dalam merawat bayi. Di dalam hal ini Dads dan Moms bisa bekerja sama dengan baik. Mengingat kesalahan merawat bayi juga bukan hanya dilakukan oleh seorang Dads.

RGW

Image: pixabay

Artikel Terkait