KESEHATAN
27 Februari 2019

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Melakukan Diet

Kebanyakan orang tidak menyadarinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi perempuan, bentuk tubuh langsing dan singset selalu jadi impian. Tidak heran, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal itu, perempuan akan melakukan segala cara, termasuk diet. Betul tidak Moms?

Sekarang ini banyak sekali jenis diet yang ada. Ada diet A, diet B, diet C, dan diet-diet lainnya. Ada yang bisa menurunkan berat badan secara drastis, ada juga yang secara perlahan.

Sayangnya Moms, tidak semua diet itu cocok untuk setiap orang. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Raissa Edwina Djuanda mengatakan, setiap individu punya kebutuhan yang berbeda, begitu juga dengan kebutuhan untuk dietnya.

Ternyata, tidak semua orang memahami hal tersebut. Jadi, kata dr Raissa, banyak orang yang melakukan kesalahan saat diet.

Kira-kira, apa saja ya kesalahan yang biasa dilakukan orang saat diet? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga : Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

1. Ikut-Ikutan Orang

shutterstock 529037983

dr Raissa mengatakan, kebanyakan orang menjalani diet karena ikut-ikutan orang lain, dan ini merupakan kesalahan fatal.

Dia kembali mengingatkan bahwa setiap orang punya kondisi dan permasalahan tubuh yang berbeda. Ikut-ikutan diet yang dijalani orang hanya karena itu berhasil menurunkan berat badan mereka adalah langkah yang salah.

“Setiap orang itu kan berbeda. Dietnya pun jadi berbeda. Tidak bisa disamaratakan. Apalagi sekarang banyak sekali diet-diet yang ada. Belum tentu baik,” kata dr Raissa saat ditemui di Elite Club Epicentrum, Kamis (6/12/2018).

2. Tidak dengan Pengawasan Dokter

Kesalahan fatal lain saat diet adalah diet tanpa pengawasan dari dokter. dr Raissa mengatakan, beberapa diet yang populer di masyarakat ternyata terbukti mengganggu kesehatan.

dr. Raissa mengatakan, dia pernah menemukan pasien yang menjalani diet tanpa pengawasan dokter dan kondisi kesehatannya sudah mengkhawatirkan.

“Saya bertemunya sudah di IGD. Kan ini sangat membahayakan kesehatan pasien,” ungkap dr Raissa.

3. Tidak sarapan pagi

shutterstock 209306980

Banyak juga yang menjalankan diet dengan tidak sarapan. Hal tersebut justru salah. Tidak sarapan malah akan membuat kita jadi semakin lapar dan semakin banyak makan di siang hari.

Di sisi lain, melewatkan sarapan juga bisa menurunkan mood dan akan memengaruhi kinerja.

Baca Juga : Terburu-Buru di Pagi Hari? Coba 7 Menu Sarapan Praktis Ini!

4. Makan terlalu banyak protein dan lemak

Banyak juga yang menjalankan diet karbohidrat dengan tidak makan nasi dan jenis karbohidrat lainnya. Tidak mengonsumsi karbohidrat akan membuat kita mengonsumsi lebih banyak protein dan lemak.

Konsumsi protein dan lemak berlebihan bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke.

5. Makan tanpa garam

shutterstock 687085717

Menjalankan diet dengan tidak mengonsumsi garam juga sedang cukup populer di masyarakat. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa diet jenis ini sangat membahayakan.

Tubuh masih butuh asupan garam untuk memproduksi hormon tiroid, memelihara keseimbangan cairan tubuh, menjaga aktivitas sel saraf, kontraksi serta relaksasi otot, dan meningkatkan fungsi otak.

Itulah beberapa kesalahan yang lazim dilakukan orang ketika sedang diet. Jangan sampai salah lagi ya Moms!

(AND)

Artikel Terkait