PROGRAM HAMIL
19 Februari 2018

5 Kiat Bugar Jalani Masa Kehamilan

Kesehatan ibu hamil tentunya akan sangat berpengaruh dengan kesehatan buah hati yang sedang dikandungnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Menjadi seorang ibu adalah sebuah tugas mulia yang membutuhkan upaya lebih dalam menjaga kesehatan fisik serta pikiran. Kesehatan yang didapatkan ibu hamil tentunya akan sangat berpengaruh dengan kesehatan buah hati yang sedang dikandungnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang Moms harus lebih berhati-hati dalam menjaga gaya hidup dan pola pikir agar janin dapat tumbuh dengan optimal.

Selain itu, kehidupan yang lebih sehat dan menenangkan pikiran akan sangat baik untuk kelancaran masa kehamilan Moms.

Yuk, simak tips berikut ini agar Moms lebih bugar dalam menjalani masa-masa kehamilan:

1. Merawat gigi dengan baik

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat gangguan kesehatan gigi akan lebih berisiko mengalami masalah pada masa awal mengandung.

Maka dari itu, pastikan selalu rutin untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali serta rutin menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari.

2. Merawat daerah kewanitaan

Masalah munculnya gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita juga sering terjadi pada ibu hamil.

Gejala yang muncul biasanya adalah keluarnya aroma amis tanpa disertai adanya rasa gatal atau sakit.

Masalah ibu hamil satu ini dapat diatasi dengan penggunaan obat antibiotik atau probiotik yang sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga : Perlukah Tes Pemeriksaan Kesehatan Selama Hamil?

3. Memastikan kesehatan dalam berhubungan intim

Pastikan juga kondisi Moms dan Dads selalu dalam keadaan sehat dan terbebas dari berbagai penyakit kelamin jenis apapun.

Adanya bakteri pada penyakit kelamin yang diderita salah satu pasangan akan menjadi sebuah ancaman yang serius bagi kondisi kesehatan janin dalam kandungan.

4. Menghindari sabun kewanitaan

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa daerah intimnya tidak bersih sehingga perlu menggunakan sabun kewanitaan merek tertentu untuk mengatasinya.

Penggunaan sabun kewanitaan tanpa petunjuk dokter ternyata justru berisiko mengancam kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

5. Hindari asap rokok

Asap rokok merupakan hal utama yang harus dihindari ibu hamil jika menginginkan buah hatinya tumbuh sehat tanpa cacat. Sebab, asap rokok mengandung begitu banyak bahan kimia dan racun-racun berbahaya bagi tubuh ibu hamil.

Perhatian mendalam pada kelima hal tersebut akan menjadikan ibu hamil dapat melakukan perlindungan secara maksimal pada buah hatinya.

Selain itu, jangan lupa juga mengonsumsi aneka makanan dan minuman bernutrisi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati tersayang.

Artikel Terkait