TREN
19 Juni 2017

5 Kue Kering Ini Harus Ada Setiap Lebaran!

Kue kering menjadi teman ngobrol saat silaturahmi keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

 

Merayakan hari raya Lebaran setelah sebulan berpuasa tentunya kurang afdal jika tidak ada makanan. Lebaran memang identik dengan beragam menu enak, tidak hanya hidangan utama tetapi juga kue kering yang siap menghiasi ruang tamu Mama. Bahkan ada lho, jenis kue kering yang harus ada di meja setiap Lebaran.

Kue kering memang identik dengan Lebaran karena akan menjadi hidangan snack saat silaturahmi keluarga dan sanak saudara. Berikut 5 kue kering yang bisa menjadi referensi Mama saat membeli di toko kue nanti!

Baca juga: 5 Tips Memilih Kue Kering Lebaran

Kue Nastar

Kue yang satu ini sudah digemari oleh orang Indonesia sejak zaman penjajahan dulu. Nastar merupakan kue kering yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu, telur, dan mentega. Bahannya yang mudah didapat membuat nastar menjadi “idola” saat Lebaran, karena bisa dibuat sendiri di rumah.

Nastar sendiri merupakan kue asal Belanda yang berasal dari kata “ananas” atau nanas, dan “taart” yang berarti kue tart. Sebenarnya orang-orang Belanda menggunakan buah blueberry dan apel sebagai bahan isi kue kering ini, namun karena dulu di Indonesia masih susah mencari buah-buah tersebut, jadilah nanas sebagai pengganti bahan utama kue yang akhirnya terus menurun sampai sekarang ini.

Kue Putri Salju

Kue putri salju sudah pasti disukai oleh anak-anak. Rasanya yang manis dengan taburan gula halus membuat si kecil ketagihan. Sekarang ini Mama bisa mencicipi kue putri salju dengan banyak pilihan rasa. Tidak hanya susu, tetapi juga ada keju, kacang, bahkan pandan.

Kue Kastengel Keju

Lagi-lagi kue asal Belanda yang menjadi favorit lidah orang Indonesia. Kue kering ini identik dengan parutan keju yang ada di bagian atas kue serta berbentuk seperti batangan dengan rasa yang gurih dan renyah.

Perbedaan dengan kue kastengel di Belanda adalah pada bagian ukurannya, Panjang kue kastengel di sana  bisa mencapai panjang 30 cm tetapi karena pemanggang yang ada di Indonesia tidak sebesar mereka, maka dari itu kue kastengel dibentuk kecil-kecil agar bisa dipanggang dengan mudah.

Bicara mengenai pemanggang dan berbagai peralatan membuat kue, Moms bisa lho mendapatkannya di Orami! Apalagi dengan adanya promo Lebaran hingga 70%! Wah, makin semangat nih membuat kue kering untuk disajikan di saat Idul Fitri nanti.

Keripik Bawang

Bosan dengan yang manis-manis? Tenang, keripik bawang bisa jadi pelengkap camilan di hari Lebaran karena rasanya yang gurih dan asin. Tidak hanya pada hari raya, keripik bawang juga pas jika disantap saat  musim hujan dengan semangkuk bakso yang hangat.

Biji Ketapang

Kue renyah yang satu ini bukan berasal dari biji pohon ketapang sungguhan kok, Ma. Bentuknya memang mirip dengan warna cokelat yang lebih terang. Kue kering ini berbahan dasar kelapa dan digoreng dalam proses pembuatannya. Kue ini rupanya juga sering menjadi camilan masyarakat Betawi saat mengobrol bersama tetangga atau sekadar bersantai dengan keluarga.

Masih banyak kue kering yang harus ada di setiap hari Lebaran karena rasanya yang nikmat, misalnya saja kue lidah kucing dan cookies cokelat. Lalu, menurut Mama kue apa lagi yang pas menghiasi ruang tamu nanti?

<DAN>

Artikel Terkait