KESEHATAN
3 September 2019

5 Langkah Cepat Redakan Sakit Gigi dengan Bengkak di Pipi

Kadang, sakit gigi menyebabkan bengkak di pipi. Ayo kita lihat cara menanganinya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sakit gigi tak jarang menyebabkan pembengkakan parah. Biasanya karena infeksi mulai berkembang dalam gigi. Dan, bisa jadi, berpengaruh ke pembengkakan kelenjar getah bening.

Untuk menanganinya, perlu penanganan khusus. Seperti dikutip dari Livestrong.com, ada lima langkah mudah yang dapat menjadi solusi mengurangi sakit gigi bengkak. Seperti apa ya caranya?

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

1. Berkumur

Obat Kumur untuk Sakit Gigi bengkak

Foto: shutterstock.com

Biasakan untuk selalu berkumur saat merasakan sakit gigi bengkak. Gunanya untuk meredakan nyeri di bagian yang bengkak.

Obat kumurnya, bisa dibeli di apotek. Banyak merek-merek cairan antiseptik mulut yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi bengkak.

Namun, bila tidak ada persediaan cairan kumur di rumah, bisa membuat sendiri dengan garam. Ambil air putih, dan larutkan ½ sendok makan garam ke dalamnya. Gunakan sebagai pengganti obat kumur.

Lakukan kebiasaan berkumur ini satu jam sekali.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Sakit Gigi Anak

2. Hindari Mengunyah

Menghindari mengunyah

Foto: shutterstock.com

Sakit terjadi pembengkakan, ada baiknya menghindari kegiatan mengunyah pada bagian yang sakit dan bengkak. Di areal bengkak, biasanya ada celah yang bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran.

"Jika saat mengunyah makanan ada yang sakit, bisa jadi itu karena gigi itu retak atau karena gigi berlubang. Dan itu yang membuat gusi bengkak," kata Eric Klein, DDM, dokter gigi asal Amerika, seperti dilansir RD.com.

“Saat masakan masuk di area yang bengkak, sisa makanan bisa langsung jadi santapan bakteri, dan menjadi biang keladi memanjangnya sakit gigi,”lanjutnya dr. Klein.

Jika sudah terlanjur mengunyah makanan di area yang sakit, langsung bersihkan bagian gigi tersebut. Bersikat gigi adalah pilihan bijak, karena dapat mengeluarkan sisa makanan dari gigi atau gusi yang bermasalah.

3. Konsumsi Makanan Cair

minum jus buah.jpg

Foto: shutterstock.com

Saat sakit gigi bengkak, biasanya rahang jadi sakit bergerak. Untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan ada baiknya lebih banyak mengonsumsi makanan cair atau lembut.

Bubur dan nasi tim bisa dijadikan pilihan. Selain itu, mengonsumsi jus buah juga disarankan. Yang jelas, jangan sampai sakit gigi membuat Moms tidak makan. Karena, bagaimanapun juga, makanan sangat dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Khasiat Jitu Si Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

4 .Kompres

Kompres gigi

Foto: shutterstock.com

Untuk meredakan sakit gigi bengkak, bisa juga dengan mengompres bagian wajah yang bengkak. Bisa dengan air dingin, atau es batu yang sudah dilapisi kain.

Cukup 20 menit atau sampai es batunya habis. Sakit bisa berkurang karena es memiliki efek anestesi alami. Membuat area yang sakit jadi mati rasa.

5. Konsumsi Anti-inflamasi

Untuk meringankan bengkak dan nyeri pada gigi, kita bisa mengonsumsi obat-obat anti-inflamasi. Salah satu obat yang bisa dikonsumsi adalah Naproxen.

“Naproxen termasuk dalam kelas obat yang disebut obat antiinflamasi non-steroid (NSAID).

NSAID seperti naproxen sering diresepkan untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan sakit gigi. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan demam saat sakit gigi. Namun tidak menghilangkan penyebab utama sakit gigi,” ungkap dr. Klein.

Bila sakit berlanjut, ada baiknya langsung temui dokter gigi. Sehingga sakit gigi bengkak yang Moms alami bisa langsung ditangani.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait