FASHION & BEAUTY
2 November 2020

Ini Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami yang Patut Dicoba

Hadirkan rambut indah idaman Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Beberapa tahun terakhir, rambut lurus seolah menjadi standar kecantikan kaum Hawa di seluruh dunia. Ya, rambut lurus dipandang bisa membuat penampilan jadi lebih feminin, serta dianggap lebih rapi dan mudah diatur.

Masalahnya, tak semua orang memiliki rambut lurus alami. Akhirnya, banyak yang memilih cara meluruskan rambut keriting dengan melakukan rebonding untuk mendapatkan rambut yang indah.

Padahal, rebonding berisiko merusak rambut karena menggunakan bahan kimia dan suhu tinggi dalam proses pelurusan.

Awalnya rambut memang tampak lurus dan tergerai indah, namun lama kelamaan akan muncul masalah kerontokan, rambut kering, hingga berubahnya tekstur rambut jadi lebih kasar dan bergelombang.

Moms tentu tak mau, ‘kan, jika rambut jadi tak sehat seperti ini?

Oleh karena itu, lebih baik lakukan cara meluruskan rambut keriting secara alami untuk menjadikan rambut lebih lurus. Caranya tidak sulit kok, ikuti saja langkah berikut ini.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

cara meluruskan rambut keriting alami

Foto: Orami Photo Stock

Ada trik yang bisa dicoba sebagai cara meluruskan rambut keriting, tanpa menggunakan panas yang bisa merusak rambut. Kebanyakan trik ini akan bekerja lebih baik untuk orang-orang dengan rambut halus dan bergelombang.

Untuk tekstur rambut lainnya, akan lebih sulit untuk mendapatkan tampilan rambut lurus tanpa mengorbankan kesehatan rambut. Namun, jika Moms ingin memiliki rambut dengan sedikit ikal, Moms mungkin memiliki lebih banyak pilihan.

1. Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Sebagai cara meluruskan rambut keriting, terlebih dahulu Moms perlu mencuci rambut.

Rambut yang kotor karena belum dikeramas akan cenderung membawa residu dari udara yang menjadikan teksturnya lengket dan berminyak. Hal ini membuat rambut jadi gampang bergelombang dan susah diatur.

Karena itu, cucilah rambut terlebih dahulu dengan sampo yang memiliki formula antikusut jika Moms memiliki rambut normal.

Namun jika mempunyai rambut dengan kondisi khusus seperti berketombe atau rontok, maka pilihlah sampo dengan formula yang disesuaikan.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner berfungsi memberikan kelembapan ekstra pada rambut dan membuat teksturnya jadi lebih lembut.

Cara meluruskan rambut keriting dengan penggunaan kondisioner tak boleh dilewatkan jika Moms ingin mendapatkan rambut lurus alami. Ada dua jenis kondisioner yang bisa dipakai, yakni yang dibilas dan tidak dibilas.

Kondisioner bilas umumnya digunakan tepat setelah Moms keramas dan bentuknya menyerupai sampo namun lebih kental.

Setelah mengaplikasikan kondisioner, bilas lagi rambut dengan air bersih baru kemudian bungkus dengan handuk. Kalau kondisioner tanpa bilas, biasanya berbentuk minyak dan bisa diaplikasikan langsung selesai keramas saat rambut setengah kering.

3. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Supaya rambut lebih mudah ditata dan tampak lurus alami, pastikan Moms segera menyisirnya seusai keramas sebagai cara meluruskan rambut keriting.

Gunakan sisir bergigi jarang sehingga tidak menimbulkan ‘tarikan’ terlalu kuat yang bisa mengakibatkan tercabutnya akar rambut dari kulit kepala.

Pertama-tama, sisir bagian ujung rambut dengan lembut sampai tidak ada bagian yang kusut. Setelah itu baru sisir bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala secara perlahan.

4. Keringkan Rambut dengan Udara Dingin

Jika Moms sudah menguasai gaya rambut lurus dan halus melalui "gaya tiup" klasik, Moms dapat mempertimbangkan untuk mengganti sedikit metode dengan semburan udara dingin sebagai cara meluruskan rambut keriting.

Setelah membiarkan rambut mengering sekitar tiga perempatnya, bagi rambut menjadi beberapa bagian seperti biasa. Gunakan pengaturan "dingin" pada pengering rambut, dan pastikan pengering rambut bergerak terus menerus dari akar ke ujung.

Jaga jarak pengering rambut sekitar 15 cm dari rambut saat Moms mengeringkannya.

Metode ini tidak akan memakan waktu lama, tetapi Moms mungkin perlu menyimpan serum pelurus atau pelembap semprot pada rambut yang siap menjinakkan untaian terbang.

Meskipun menggunakan pengering rambut panas telah terbukti dapat merusak batang rambut, menggunakan udara dingin telah terbukti menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit daripada pengeringan udara saja, menurut jurnal Annals of Dermatology.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Rambut Kering, Mudah Banget!

5. Gunakan Hair Roller Rambut

Saat rambut hampir kering, gunakan hair roller di bagian ujung rambut untuk membuatnya lebih rapi dan tampak lurus sebagai cara meluruskan rambut keriting selanjutnya.

Apabila Moms memiliki rambut tebal, pilihlah rol rambut dengan ukuran besar sehingga rambut bisa tergulung sempurna. Lakukan proses ini dan diamkan selama beberapa saat, kemudian lepas rol dan sisir rambut hanya di bagian dekat kulit kepala.

Voila, Moms pun mendapatkan rambut lurus yang cantik tanpa perlu melakukan rebonding ataupun menggunakan styling iron bersuhu tinggi.

Untuk memaksimalkan kesehatan rambut, rajinlah mengaplikasikan hair mask yang bisa memberikan nutrisi lengkap.

Jangan lupa, lindungi juga rambut dari paparan sinar matahari berlebih. Jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, gunakan topi, syal, atau payung untuk menjaga rambut Moms agar tetap lembap dan berkilau! 

6. Tidur dengan Rambut Basah

Mengutip Healthline, jika sulit membayangkan tidur dengan ikat rambut atau rol besar di kepala, mulailah dari yang kecil dan sederhana: Cobalah tidur dengan rambut basah sebagai cara meluruskan rambut keriting yang alami.

Gunakan karet rambut untuk mengikat kuncir kuda longgar di bagian atas kepala, lalu buat bentuk sanggul dengan melilitkan rambut di sekitar kuncir kuda tersebut dan kencangkan dengan ikat rambut lainnya.

Jika Moms tidur dengan rambut basah, mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli sarung bantal satin. Ini akan mengurangi gesekan pada rambut yang mungkin terjadi saat tidur, sehingga rambut tampak lebih lurus setelah ikatannya dilepas di pagi hari.

7. Coba Pakai Masker Rambut

Sebagai cara meluruskan rambut keriting secara alami selanjutnya, Moms bisa melakukan deep-condition pada rambut dengan masker rambut buatan sendiri untuk memberikan tampilan yang lebih berkilau dan lurus.

Masker rambut yang berfungsi mengembalikan protein pada rambut dapat membuat rambut keriting tampak lebih rileks. Cobalah masker rambut yang menggunakan telur mentah, madu manuka, atau alpukat untuk efek deep-conditioning.

Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa hangat atau minyak almond sebagai perawatan minyak panas untuk meresap dan memperkuat rambut keriting.

8. Oleskan Minyak Eesensial pada Batang Rambut

Secara anekdot, ada beberapa minyak esensial yang membuat rambut tampak lebih jinak. Beberapa minyak esensial lebih mudah diserap ke rambut daripada produk kimia. Coba oleskan minyak esensial untuk cara meluruskan rambut keriting secara alami.

Gunakan minyak kelapa, minyak argan, minyak almond, dan minyak makadamia yang dapat menembus folikel rambut, menyegel dan memperbaiki sel-sel di dalamnya.

Dalam makalah yang diterbitkan di The Journal of Cosmetic Science mempresentasikan bahwa perawatan in-vivo dan in-vitro menggunakan minyak kelapa mencegah kerusakan saat menyisir rambut.

Setelah menggunakan rol, pembungkus, blow-dry dingin, atau teknik lain untuk menata rambut, oleskan minyak esensial pilihan.

Menghangatkan minyak dengan menggosokkannya di antara kedua telapak tangan dapat mempermudah penyebaran minyak ke rambut Moms secara merata.

Berfokuslah pada ujung rambut, dan berhati-hatilah untuk tidak mengaplikasikan secara berlebih, karena selain menambah aroma manis dan kilau yang indah pada rambut, tetapi juga akan sedikit membebani rambut, membantunya mempertahankan gayanya.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Dijamin Ampuh!

Cara Meluruskan Rambut Keriting Pria

cara meluruskan rambut keriting pria

Foto: Orami Photo Stock

Rambut ikal tentunya tidak hanya dimiliki oleh wanita, tetapi juga pria. Jika Dads ingin mencari tahu seperti apa cara meluruskan rambut keriting pria, berikut ini beberapa rekomendasinya, mengutip Kobo Guide.

1. Menggunakan Hair Mousse

Setelah mencuci rambut dengan hati-hati, gunakan sampo. Dengan menggunakan handuk, keringkan sisa air dari dalamnya.

Namun, jika Dads menginginkan gaya rambut lurus, keringkan rambut hingga setengah kering, lalu gunakan hair mousse. Ingatlah bahwa menambahkan sedikit berarti lebih banyak.

Jadi, ambil hair mousse seukuran gumpalan telur, dan pijat ke seluruh rambut basah dan lebih fokus pada bagian akarnya. Menerapkan hair mousse tidak hanya menjadi cara meluruskan rambut keriting pria, tetapi juga membantu menambah volume pada rambut.

Setelah itu, keringkan rambut dengan menggunakan sikat bulat dan tarik rambut ke atas.

Gerakan ke atas ini akan membantu menambahkan lebih banyak pengangkatan pada akar rambut dan membuatnya lebih bervolume tergantung gaya yang dipilih.

2. Pakai Kondisioner Rambut

Menambahkan sedikit sentuhan pada gaya rambut setelah pengeringan yang sukses adalah hal yang normal. Untuk melakukannya, pastikan untuk menggunakan sisir gigi yang sangat baik agar tidak menyeret rambut.

Pertama, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner, lalu keringkan dengan handuk. Untuk mengurangi kekeringan pada rambut, gunakan formula hydrating atau moisturizer untuk mencegah rambut rusak.

Cara meluruskan rambut keriting pria dengan meluruskan rambut bisa menyebabkan rambut kering, jadi lebih baik keramas saja.

Hanya gunakan kondisioner untuk keramas akan membuat rambut basah. Kemudian, Dads dapat mengoleskan dan memijat kondisioner yang diinginkan.

Baca Juga: 3 Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

3. Menggunakan Bahan Alami

Untuk Dads yang ingin tahu cara meluruskan rambut keriting secara alami, dapat melakukan beberapa bahan rekomendasi berikut ini.

  • Semprotan Susu

Ambil botol semprot dan tambahkan sekitar ⅓ cangkir susu di dalamnya, dan lebih baik menggunakan santan. Kemudian, setelah mencuci rambut dengan sampo, semprotkan rambut dengan susu sebagai kondisioner.

Untuk memastikan penetrasi maksimal ke rambut dan kulit kepala, sisir rambut menggunakan sisir bergigi lebar, lalu bersihkan setelah tiga puluh menit.

  • Telur

Menggunakan telur tidak hanya menjadi cara meluruskan rambut keriting pria, tetapi juga akan meluruskan dan menambah volume padanya.

Pecahkan dua telur segar, dan tambahkan tiga sendok makan minyak zaitun. Kocok campuran dan oleskan ke rambut. Biarkan di rambut hingga satu jam sebelum dibilas menggunakan sampo dan air dingin.

  • Aloe Vera

Aloe vera sangat bermanfaat untuk rambut dengan khasiat yang meresap, melembapkan, dan juga menjadi cara meluruskan rambut keriting pria.

Campurkan gel lidah buaya dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama, aduk rata dan oleskan campuran tersebut secara merata pada rambut Dads. Biarkan rambut sekitar setengah jam lalu bilas. Perbedaannya luar biasa.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu mencegah infeksi kulit kepala dan memperbarui pH normal rambut, yang menjadikannya bahan alami yang luar biasa untuk cara meluruskan rambut keriting alami pada pria.

Ambil dua sendok teh sari apel dan taruh di cangkir. Setelah mencuci rambut, oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan biarkan hingga kering.

Itu dia Moms, beberapa cara meluruskan rambut keriting alami, dan juga cara meluruskan rambut keriting pada pria. Semoga berguna!

Artikel Terkait