GAYA HIDUP
2 Oktober 2019

5 Langkah Sederhana untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

Meskipun sederhana, langkah ini bisa meningkatkan angka harapan hidup lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk hidup yang lebih bugar. Hasil penelitian Harvard T.H. Chan School of Public Health, kebiasaan hidup sehat memiliki korelasi positif terhadap angka harapan hidup.

Bahkan, penelitian American Heart Association (AHA) menyebutkan bahwa orang dewasa di Amerika yang mengikuti lima kebiasaan gaya hidup sehat memiliki angka harapan hidup satu dekade lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan kebiasaan hidup sehat.

Penasaran? Berikut langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang bisa Moms lakukan.

Baca Juga: 6 Seleb dengan Gaya Hidup Paling Sehat

1. Konsumsi Makanan Sehat

Sehat dan Enak, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Fungsi Hati.jpg

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang pertama adalah mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan dimulai dari asupan nutrisi yang baik.

Makanan yang sehat di antaranya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3. Sedangkan untuk makanan tidak sehat, diantaranya daging merah dan makanan olahan, minuman yang mengandung gula, dan lemak jenuh.

2. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

kelas olahraga.jpg

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang selajutnya adalah melakukan aktivitas fisik. Rutin melakukan aktivitas fisik setiap hari seperti olahraga dapat menjaga tubuh agar tetap bugar.

Lakukan aktivitas tersebut minimal 30 menit per hari. Hidup aktif merupakan bagian penting untuk tetap sehat. Bahkan, aktivitas fisik dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru Untuk Menjaga Kesehatan

3. Menjaga Berat Badan

Turun berat badan drastis.jpg

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang selajutnya adalah menjaga berat badan. Berat badan yang sehat, idealnya memiliki body mass index (BMI) antara 18,5 hingga 24,9. Berat badan di atas BMI cenderung meningkatkan risiko terhadap berbagai masalah kesehatan.

4. Tidak Merokok

perokok.jpg

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang selajutnya adalah tidak merokok. Bagi perokok, berhenti merokok bisa jadi tidak mudah, tetapi harus dilakukan.

Seperti diketahui merokok memiliki risiko tinggi terhadap masalah kesehatan, termasuk di antaranya kanker.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat dengan Bahan Makanan Alami

5. Hindari Konsumsi Alkohol

alkohol

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang selajutnya adalah menghindari konsumsi alkohol. Sebagain besar orang yang mengkonsumsi menyadari bahwa minum minuman keras dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, tahukah Moms dan Dads kalau minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker?

Jadi, yuk mulai lakukan kebiasaan hidup sehat dari sekarang sebagai investasi kesehatan di masa mendatang.

(SWN)

Artikel Terkait