3-5 TAHUN
22 Oktober 2020

6 Langkah Menuju Gaya Hidup Sehat demi Pertumbuhan Maksimal Anak

Penting untuk menciptakan kebiasaan sehat sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk hidup yang lebih bugar. Saat ini, banyak anak yang kelebihan berat badan atau obesitas. Gaya hidup sehat dan aktif dapat membantu menjaga berat badan buah hati.

Gaya hidup sehat yang dimulai sejak dini juga dapat mencegah masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, asma, dan tekanan darah tinggi.

Penting untuk menciptakan kebiasaan sehat sejak dini. Anak-anak meniru perilaku orang tua mereka, jadi penting untuk memberikan contoh yang baik.

Gaya Hidup Sehat untuk Anak

Penasaran caranya? Berikut langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang bisa Moms lakukan agar anak dan keluarga selalu sehat.

Baca Juga: 6 Seleb dengan Gaya Hidup Paling Sehat

1. Konsumsi Makanan Sehat

Sehat dan Enak, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Fungsi Hati.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang pertama adalah mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan dimulai dari asupan nutrisi yang baik.

Makanan yang sehat di antaranya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3. Sedangkan untuk makanan tidak sehat, di antaranya daging merah dan makanan olahan, minuman yang mengandung gula, dan lemak jenuh.

2. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga - Gaya Hidup Sehat

Foto: Orami Photo Stocks

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat untuk yang selanjutnya adalah melakukan aktivitas fisik. Rutin melakukan aktivitas fisik setiap hari seperti olahraga dapat menjaga tubuh agar tetap bugar.

Lakukan aktivitas tersebut dengan sang buah hati minimal 30 menit per hari. Hidup aktif merupakan bagian penting untuk tetap sehat. Bahkan, aktivitas fisik dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru Untuk Menjaga Kesehatan

3. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan - Gaya hidup sehat

Foto: Orami Photo Stocks

Langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang selajutnya adalah menjaga berat badan anak. Untuk menghitung BMI anak sendiri, beda hitungannya dengan BMI dewasa.

Moms bisa mencari caranya di internet. Namun, sama saja, berat badan di atas BMI cenderung meningkatkan risiko terhadap berbagai masalah kesehatan.

4. Pola Hidup Bersih

Pola Hidup Sehat

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah pandemi virus corona, tanamkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sebagai bentuk gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Terutama dengan memakai masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Mengutip Centers for Disease and Control Prevention, kita perlu sering mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.

Jika sulit mendapatkan akses air dan sabun, Moms dan Si Kecil bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi pastikan memiliki kandungan 70 persen alkohol untuk menghilangkan kuman secara lebih efektif.

5. Tidur Cukup

Tidur Cukup - Gaya Hidup Sehat

Foto: Orami Photo Stocks

Jika buah hati sering begadang, sebaiknya segera perbaiki kebiasaan tersebut.

Anak-anak butuh tidur minimal 10 jam sehari sebagai gaya hidup sehat dalam melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Mengutip Sleep Foundation, pertahankan jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan. Ini membantu mengatur jam tubuh konsisten sehingga Si Kecil bisa memiliki kualitas tidur malam yang baik.

Baca Juga: Susah Tidur? Mungkin 6 Hal Ini Salah Satu Penyebabnya

6. Minum Susu Nabati Tinggi Manfaat

Foto: orami.co.id

Moms, minum susu itu penting untuk pertumbuhan anak. Tapi, bagaimana jika Si Kecil alergi susu sapi?

Yuk, coba beralih ke produk nabati untuk anak menderita intoleransi laktosa. Apalagi sistem pencernaan anak masih terus berkembang. Oleh karena itu, SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus hadir sebagai asupan makanan pendamping untuk buah hati Moms, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tetap terjaga dengan kebaikan produk nabati.

Selain mendukung sistem kekebalan tubuh dan pencernaan, juga mendukung tumbuh kembang otak, lho, Moms.

SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus juga mengandung protein, lemak, karbohidrat vitamin dan mineral yang merupakan komponen makanan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus memiliki 5 Kebaikan ComplinutriSoy+, mengandung 100% isolat protein soya berkualitas; minyak ikan, omega 3 & 6 dan zat besi; bebas laktosa; merupakan sumber serat; dan diperkaya 13 vitamin dan 7 mineral

Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak, Moms bisa memberikan SGM Eksplor Advance+ Soya 1 Plus minimal 3 kali dalam sehari. Yuk, berikan gizi terbaik sebagai alternatif nutrisi untuk anak yang alergi susu sapi.

(ADV)

Artikel Terkait