BAYI
14 Agustus 2019

5 Latihan yang Membantu Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Beri rangsangan ke Si Kecil demi kecerdasannya ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Siapa sih Moms yang tidak mau memiliki anak yang cerdas?

Selain nutrisi, penting juga lo Moms memberikan stimulasi atau latihan yang bisa membuat Si Kecil tumbuh cerdas.

Tidak pernah terlalu dini untuk membentuk bayi tumbuh menjadi individu yang cerdas.

Yuk, coba beberapa latihan untuk meningkatkan kecerdasan bayi di bawah ini.

1. Tummy Time

Latihan 1

Foto: kinderling.com.au

“Bayi harus melakukan tummy time agar bisa melalui pola gerakan fundamental - mengangkat kepala, merayap, dan merangkak - yang merangsang kedua sisi otaknya sekaligus menjadi dasar untuk kemampuan membaca dan menulis,” kata Dr Lin Day, pendiri situs web Baby Sensory, seperti dikutip dari babyandchild.ae.

Dr Day menambahkan, “Untuk membuat tummy time lebih menyenangkan, coba letakkan bola di depan bayi yang mudah dijangkau. Begitu dia menyentuh bola itu, bola akan menggelinding. Bayi akan menyeret perutnya atau mengangkat tubuhnya sendiri untuk mencapainya.”

Baca juga : Makanan yang Dapat Membuat Janin Anda Tumbuh Cerdas

2. Meniru Ekspresi

Latihan 2

Foto: raisingchildren.net.au

“Emosi adalah salah satu cara pertama bayi berkomunikasi dan bisa membaca ekspresi wajah adalah landasan keterampilan komunikasi nonverbal yang kuat untuk mendukung bayi tumbuh menjadi orang dewasa dengan kerja tim yang lebih baik, lebih mampu mengatur emosi, dan memiliki hubungan jangka panjang yang lebih kuat,” kata Ross Flom, profesor psikologi dan ilmu saraf di Brigham Young University di Provo, Utah, seperti dikutip dari situs Baby Center.

3. Mendengarkan Musik

Latihan 3

Foto: cbsnews.com

Mendengarkan musik juga bisa menjadi latihan untuk meningkatkan kecerdasan bayi lo, Moms. Dr Bill Sears dari askdrsears.com, mengungkapkan bahwa musik dapat membuat bayi dan anak-anak lebih tenang, bahkan lebih cerdas.

Ketertarikan pada musik sebagai stimulan otak berasal dari pengamatan bahwa bayi prematur di kamar bayi tampak berkembang dengan lebih baik ketika terpapar musik klasik.

Sementara berbagai penelitian yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa perhatian dan kinerja siswa meningkat ketika mendengarkan musik klasik sebagai latar belakang aktivitas belajar mengajar.

Musik mengatur pola neuron di seluruh otak, terutama yang berhubungan dengan pikiran kreatif. Selain itu, musik juga memiliki efek menenangkan dengan merangsang pelepasan endorfin.

Baca juga : 3 Faktor Penting yang Membuat Anak Tumbuh Cerdas

4. Membaca Buku

latihan 4

Foto: leapfrog.com

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mengenalkan Si Kecil pada buku. Buku adalah alat yang sangat baik untuk merangsang imajinasi dan kemampuan berpikir bayi.

Dr Sears mengatakan bahwa bayi bahkan menyukai sajak dan puisi anak-anak yang dibaca dengan irama naik-turun.

Pilih buku-buku berwarna cerah dengan berbagai tekstur dan gambar sederhana yang akan menarik minat Si Kecil.

Awalnya, bayi mungkin lebih menyukai buku yang sama, tetapi perlahan-lahan dia akan belajar mengeksplorasi lebih banyak pilihan.

Semakin Moms membiasakan Si Kecil dengan tulisan dan gambar, semakin dia cenderung tertarik untuk lebih sering membaca ketika beranjak kanak-kanak hingga dewasa.

5. Mengeksplorasi Hal-hal Baru

Latihan 5

Foto: motherandbaby.co.uk

Mengutip situs FirstCry Parenting, latihan untuk meningkatkan kecerdasan bayi yang tidak kalah penting untuk Moms coba adalah eksplorasi.

Ajak Si Kecil ke lingkungan baru dan asing, kemudian doronglah untuk mengeksplorasi dan memahami lebih banyak tentang lingkungan tersebut.

Bantulah Si Kecil dengan cara menceritakan apapun yang Moms lihat dan tunjukkan antusias Moms terhadap berbagai hal baru yang kalian temui.

Semakin banyak pengalaman yang Moms berikan pada Si Kecil, semakin dia akan belajar banyak hal dan semakin meningkat kecerdasannya.

Membesarkan bayi menjadi pribadi yang cerdas bukanlah hal yang sulit bukan, Moms? Latihan manakah yang sudah Moms lakukan bersama Si Kecil?

Baca juga : Ingin Anak Tumbuh Cerdas? Perhatikan Tahap Perkembangannya Sesuai Umurnya!

(RGW/CAR)

Artikel Terkait