2-3 TAHUN
9 Februari 2019

5 Makanan Ini Akan Memperkuat Gigi Balita Dan Menjaga Senyumnya Tetap Bersinar

Selain lezat dan bergizi, juga sehat untuk gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sejak gigi balita tumbuh, biasanya orang tua akan senang melihat anaknya makan semakin lahap. Seiring dengan pertumbuhan balita, memang nafsu makannya juga akan jadi semakin besar, jadi penting sekali untuk selalu memperhatikan makanan yang diberikan.

Bila tak diatur dengan baik sejak dini, gigi balita jadi lebih rentan rusak dan perkembangannya pun lambat, terutama bila kekurangan kandungan kalsium dan zat besi.

Agar gigi balita tetap kuat dan senyumnya tetap bersinar, berikan kebaikan dari 5 makanan untuk gigi balita ini:

1. Susu dan Turunannya

5 makanan ini akan memperkuat gigi balita susu dan turunannya

Apakah Moms tahu kalau produk olahan susu punya kandungan vitamin D, fosfat dan kalsium di dalamnya? Bila dikombinasikan, fosfat dan kalsium akan menyeimbangkan pH di dalam mulut balita, sehingga bakteri penyebab lubang gigi tak bisa hidup dan berkembang.

Kalsium juga punya manfaat lain, seperti: Melindungi dari asam yang bisa merusak gigi, memperkuat enamel gigi dari dalam, serta memperkuat tulang di sekitar gigi balita.

Bila diberikan secara rutin sejak balita, susu dan turunannya seperti keju, yogurt, dan kefir, bisa membuat gigi lebih terlindungi dari penyakit saat dewasa nanti.

2. Wortel, Seledri dan Kacang Hijau

5 makanan ini akan memperkuat gigi balita wortel

Sayuran bertekstur renyah seperti wortel, seledri dan kacang hijau akan secara alami menghilangkan plak pada gigi.

Setiap kali Si Kecil mengunyah sayuran bertekstur renyah, plak yang tak terjangkau di sela gigi balita bisa ikut terangkat dan tak menumpuk. Pastikan balita Moms tak makan terlalu cepat ya.

3. Kacang Dan Biji-Bijian

5 makanan ini akan memperkuat gigi balita kacang

Beberapa jenis kacang juga memiliki kandungan yang dapat membantu menyehatkan gigi, seperti kacang mede atau almond. Kacang memiliki kandungan lemak alami yang membuat gigi terlindung dari bakteri.

Selain itu, kandungan minyak dan kalsium tinggi yang ada pada biji-bijian juga bisa memperkuat enamel di sekitar gigi. Wah, bermanfaat sekali kan?

4. Jeruk dan Apel

5 makanan ini akan memperkuat gigi balita apel dan jeruk

Seperti yang sudah Moms ketahui, buah jeruk dan apel mengandung kadar vitamin yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Tapi apa Moms sudah tahu kalau dua jenis buah ini bisa membuat gigi balita kuat dan sehat?

Ya, kandungan vitamin C tinggi yang ada pada jeruk mampu merawat dan menjaga gusi Si Kecil dari kerusakan.

Adapun apel memiliki tekstur yang berfungsi sebagai penghancur plak dalam gigi dan juga menjaga gusi agar tetap sehat. Nah, kalau ingin gigi Si Kecil selalu kuat, berikan dua jenis buah ini secara rutin ya.

5. Strawberry

5 makanan ini akan memperkuat gigi balita strawberry

Strawberry adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kolagen di dalamnya. Bila biasanya hanya mendengar manfaat kolagen untuk kulit, Moms juga harus tahu kalau protein ini juga ternyata bisa melindungi gusi dan gigi balita, lho.

Kandungan kolagen dan vitamin C dari strawberry bisa membuat gusi lebih kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, kandungan asam aktifnya juga akan mengangkat plak dan memutihkan gigi.

 

Supaya Si Kecil semakin semangat menyantap makanan di atas, sajikan dengan cara dan bentuk kreatif ya, Moms. Bagaimana dengan gigi balita Moms, apa tumbuh dengan kuat dan sehat?

(WA)

 foto : shutterstock

Artikel Terkait