PROGRAM HAMIL
23 Januari 2020

5 Makanan Kaya Folic Acid

Tidak hanya melalui suplemen ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat sedang dalam program hamil, Moms mungkin akan terbiasa dengan rekomendasi Dokter untuk mengonsumsi folic acid.

“Folic acid sangat penting untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan, karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin,” ungkap konsultan nutrisi berbasis di New York dan pengarang buku The Small Change Diet, Keri Gans, RD, seperti dikutip dari health.com.

Dikutip dari mayoclinic.org, asupan folat yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 400 micrograms (mcg) per hari, sedangkan wanita yang sedang merencanakan kehamilan direkomendasikan untuk mendapatkan 400-800 mcg/hari folic acid.

Biasanya Dokter akan memberikan suplemen folic acid untuk memenuhi kebutuhan harian, namun sebenarnya juga bisa didapatkan dari makanan kaya folic acid. Berikut ini beberapa daftarnya.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

5 Jenis Makanan Kaya Folic Acid

1. Asparagus

1. Asparagus.jpg

Foto: simplyrecipes.com

Dikutip dari globalhealingcenter.com, mengonsumsi satu cangkir asparagus rebus memberikan 262 mcg folic acid atau sekitar 65% dari kebutuhan folic acid harian tubuh.

Tidak hanya lezat dan menjadi makanan kaya folic acid, asparagus juga kaya akan beragam nutrisi lainnya. Termasuk vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan mangan.

2. Sayur Dedaunan Hijau

2 Sayur Dedaunan Hijau.jpg

Foto: motherandbaby.co.uk

Makanan kaya folic acid dari jenis dedaunan hijau antara lain adalah bayam. Dikutip dari motherandbaby.co.uk, bayam mengandung 263 mcg folic acid per satu cangkir atau lebih dari setengah kebutuhan folic acid harian tubuh.

“Kaya akan folic acid dan zat besi, sayur dedaunan hijau adalah makanan yang tepat untuk wanita yang sedang berencana untuk hamil. Selain membantu memperkuat perkembangan lapisan endometrium (lapisan dalam rahim), zat besi juga menolong penempelan zigot ke rahim,” ungkap ahli diet dan nutrisi, Dr Neha Sanwalka, seperti dikutip dari thehealthsite.com.

Jenis sayur dedauanan hijau lainnya, antara lain kale, selada romaine, dan lobak hijau.

Baca Juga: 5 Snack Sehat dari Sayuran dan Buah, Enak Lho!

3. Buah-Buahan Pilihan

3 Buah-Buahan Pilihan.jpg

Foto: healthline.com

Buah yang masuk dalam daftar makanan kaya folic acid, salah satunya adalah pepaya. Buah ini mengandung lebih dari seperempat kebutuhan harian folic acid dalam satu hari.

Buah jeruk dan grapefruit juga memberi 30-40 mcg/hari dan stroberi serta raspberi memberi 15-25 mcg folic acid per cangkir.

Selain itu, setengah buah avokad ukuran sedang juga mengandung 80-90 mcg folic acid, disertai dengan nutrisi lainnya, seperti asam lemak, serat, dan vitamin K.

4. Lentil, Beans, dan Kacang Polong

4 Lentil, Beans, dan Kacang Polong.jpg

Foto: simplyrecipes.com

Secangkir lentil mengandung 358 mcg folic acid atau hampir seluruh kebutuhan folic acid harian yang direkomendasikan.

Pinto beans juga bisa menjadi pilihan makanan kaya folic acid karena mengandung 294 mcg per cangkir.

Beberapa jenis beans lainnya yang juga kaya akan folic acid, antara lain: black beans, kidney beans, buncis hingga kacang polong hijau.

Baca Juga: Serba-serbi Mengenai Folic Acid yang Biasa Diresepkan Saat Program Hamil

5. Biji Bunga Matahari

5 Biji Bunga Matahari.jpg

Foto: appreciategoods.com

Kuaci atau biji bunga matahari juga masuk dalam daftar makanan kaya folic acid dan juga mengandung vitamin E serta zat besi. Nutrisi ini baik untuk mencegah kerusakan sel dan mendorong tingkat energi tubuh.

Itulah beberapa makanan kaya folic acid yang dapat membantu memaksimalkan asupan harian folic acid.

Konsultasikan juga dengan Dokter mengenai kemungkinan Moms membutuhkan suplemen folic acid tambahan, agar meningkatkan peluang kehamilan.

Artikel Terkait