RUPA-RUPA
31 Oktober 2020

5+ Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Maknyus!

Mulai dari makanan pedas hingga pahit, semuanya ada!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Daftar isi artikel

Liburan atau jalan-jalan ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas daerah tersebut, sebut saja misalnya Lampung.

Lampung tidak hanya memiliki banyak ikon yang bisa jadi spot foto untuk mengabadikan momen jalan-jalan kita.Saat berkunjung, juga harus mencicipi makanan khas Lampung yang mungkin tidak akan kita temui di tempat kita tinggal.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

Nah, bagi yang bingung kira-kira makanan khas Lampung apa saja yang enak dan bisa jadi rekomendasi ketika berlibur ke kota ini, berikut makanan yang wajib banget untuk dicoba!

Makanan Khas Lampung

Apa saja makanan khas Lampung yang wajib Moms cicipi? Yuk kita tengok.

1. Pisro

makanan khas lampung

Foto: pesona.travel

Penyuka singkong mungkin akan menyukai makanan khas Lampung satu ini. Pisro atau yang juga dikenal dengan nama seruit ini merupakan hidangan lezat yang menggunakan bahan dasar ikan.

Pisro ini kemudian diolah dengan saus pedas dengan sedikit rasa masam. Sedangkan ikan yang digunakan adalah ikan betok karena memiliki daging yang tebal. Para pecinta kuliner pedas, nampaknya harus mencoba menu masakan satu ini.

2. Geguduh

makanan khas lampung

Foto: cookpad.com

Jika tadi kita membahas mengenai hidangan yang pedas, kini kita membahas mengenai makanan yang bercita rasa manis. Gegaduh merupakan makanan khas Lampung sejenis kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan. Makanan satu ini biasanya dinikmati bersama keluarga atau saat ada acara besar.

Cara memasaknya dengan digoreng hingga matang. Pisang yang digunakan biasanya menggunakan pisang kepok. Tambahkan daun pandan atau air kapur sirih untuk menambah aromanya.

Baca Juga: Ini 5 Lokasi Wisata Lampung yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

3. Umbu

makanan khas lampung

Foto: budaya-indonesia.org

Setelah rasa pedas dan manis, ada juga makanan khas Lampung yang sedikit pahit. Bernama umbu, merupakan makanan yang terbuat dari rotan yang masih muda. Saat dibuat, potongan rotan akan direbus selama beberapa saat hingga teksturnya menjadi lunak.

Umbu biasanya digunakan sebagai campuran saat menumis sayur atau dihidangkan sebagai teman lalapan di Lampung. Namun karena rotan sulit ditemukan, umbu biasanya disajikan saat acara adat atau acara-acara penting lainnya.

4. Gulai Taboh

makanan khas lampung

Foto: food.detik.com

Namanya juga gulai, jelas makanan khas Lampung satu ini terbuat dari santan yang dimasak dengan ikan. Namun, bukan hanya ikan yang dimasukan dalam masakan ini, ada juga rebung, kol, kacang pajang, kacang merah dan juga kol di dalamnya.

Penyuka sayur lodeh, akan menemukan bahwa masakan satu ini memiliki rasa lebih gurih dan berbumbu daripada lodeh. Jenis ikan yang biasanya digunakan dalam gulai taboh adalah ikan tongkol atau ikan tuna.

Baca Juga: Icip-Icip Makanan Khas Pontianak yang Menggugah Selera!

5. Tempoyang

makanan khas lampung

Foto: quora.com

Mungkin nama masakan ini masih asing di telinga kita. Saat berkunjung ke Lampung, coba cicipi tempoyang. Makanan ini merupakan fermentasi durian yang dibuat menjadi semacam saus atau pelengkap makanan.

Agar proses fermentasinya bisa lebih cepat, masukkan ke wadah tertutup atau disimpan di dalam kulkas. Jika sudah selesai difermentasi, bisa ditambahkan dengan aneka ikan, mulai dari ikan teri, ikan mujair, ikan mas, dan lain sebagainya.

6. Gabing

makanan khas lampung

Foto: food.detik.com

Pernah mendengar nama makanan satu ini? Mungkin banyak yang belum pernah makan makanan khas Lampung ini. Walaupun sama-sama berbentuk gulai, Gabing sedikit berbeda dengan Gulai Taboh. Bahan dasar makanan tradisional Lampung ini adalah kelapa muda yang dipotong-potong dan dimasak dengan santan serta bumbu pelengkap lainnya.

Perpaduan rasa yang unik antara manisnya kelapa muda dan gurihnya santan akan membuat lidah kita seperti ketagihan dan tidak mau berhenti makan!

7. Engkak

makanan khas lampung

Foto: cookpad.com

Setelah makanan berat, kini kita beralih ke makanan penutup. Adalah engkak, makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek. Engkak cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega. Semua bahan ini bisa dicampur, lalu aduk hingga merata. Setelahnya Moms bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Moms bisa memanggang kue ini layaknya lapis segit.

Baca Juga: Uniknya Puding Cendol Lapis, Ini Resepnya

8. Keripik Pisang Khas Lampung

makanan khas lampung

Foto: Tokopedia.com

Selain engkak, ada pula keripik pisang khas Lampung. Keripik pisang ini memang sudah sangat poluler dikalangan masyarakat Indonesia dengan kelezatannya.

Keripik terbuat dari pisang yang biasanya dipadukan dengan berbagai rasa yang bisa Moms pilih sesuai selera seperti keju, coklat, susu, strawberry, balado, sapi panggang, macca, melon serta lainnya. Pasti enak dijadikan sebagai camilan sore keluarga.

Itu dia beberapa makanan khas Lampung yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Moms mencobanya ya!

Artikel Terkait