RUPA-RUPA
13 April 2020

5 Makanan Khas Perancis dengan Cita Rasa yang Lezat dan Berkelas

Sudah ada yang pernah Moms coba?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Makanan khas Perancis dikenal secara global karena rasanya dan unsur mewah yang dimiliki.

Mengutip Expatica, makanan tradisional Perancis bergantung pada kombinasi sederhana yang meningkatkan kekayaan rasa alami dari bahan-bahan dasarnya.

Bahkan, makanan khas Perancis telah menjadi bagian integral dari budaya Perancis sehingga ditambahkan ke daftar warisan budaya non-benda dunia UNESCO pada tahun 2010.

Baca Juga: 29 Ide Nama Bayi Laki-laki dari Bahasa Perancis, Keren!

Makanan Khas Perancis

Lalu, apa saja makanan khas Perancis dengan kesan mewah dan lezat? Berikut ini daftarnya.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Turki Ini Rasanya Sungguh Menggoda!

1. Cassoulet

makanan khas Perancis-cassoulet.jpg

Foto: allrecipes.com

Cassoulet adalah hidangan kacang putih yang direbus perlahan dengan daging, biasanya babi atau bebek, tetapi juga bisa sosis, daging angsa, daging kambing atau daging apa pun.

Ini merupakan makanan khas Perancis yang berasal dari Perancis selatan dan populer di Toulouse, Carcassonne, dan Castelnaudary.

Nama hidangan berasal dari pot (cassole) yang dipanggang secara tradisional. Makanan ini adalah makanan dengan cita rasa kaya dan lezat, yang sempurna untuk di musim dingin.

2. Soufflé Cokelat

makanan khas Perancis-chocolate souffle.jpg

Foto: the-girl-who-ate-everything.com

Kata "soufflé" berasal dari kata kerja Perancis untuk 'meledak' dan merupakan hidangan yang dipanggang dengan telur, yang berasal dari Perancis di awal abad ke-18.

Makanan khas Perancis ini punya rasa gurih atau manis. Soufflé cokelat sendiri bisa ditemukan di seluruh dunia. Kerak cokelat yang renyah dengan isi cokelat yang lembut memberikan rasa yang kaya pada hidangan pencuci mulut ini.

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

3. Ratatouille

makanan khas Perancis-Ratatouille.jpg

Foto: chefdehome.com

Moms mungkin tahu tentang film animasi Disney dengan judul "Ratatouille", ternyata, nama ini diambil dari salah satu nama makanan khas Perancis, lho!

Hidangan ratatouille berasal dari wilayah tenggara Perancis di Provence. Ini adalah resep sayur rebus yang dapat disajikan sebagai lauk, makanan atau isian untuk hidangan lainnya, seperti crepes dan omelet.

Sayuran biasanya dimasak dalam wajan dangkal di atas api besar dengan sedikit lemak, dan kemudian dipanggang dalam oven.

Sayuran yang digunakan pada hidangan ini biasanya terdiri dari tomat, bawang putih, bawang merah, zucchini, terong, wortel, paprika, basil, thyme dan rempah-rempah hijau lainnya.

4. Flamiche

makanan khas Perancis-flamiche.jpg

Foto: maviesansgluten.bio

Flamiche berarti 'kue' di Flemish dan hidangan ini berasal dari Perancis utara, dekat perbatasan dengan Belgia. Sekilas, hidangan ini tampak seperti pizza yang merupakan makanan khas Italia.

Makanan khas Perancis ini memiliki kerak puff-pastry yang diisi keju dan sayuran dan menyerupai quiche. Untuk versi tradisional, hidangan ini bisa diisi dengan daun bawang dan krim.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

5. Coq Au Vin

makanan khas Perancis-Coq Au Vin.jpg

Foto: ahintofwine.com

Makanan Perancis klasik ini dipopulerkan oleh Julia Child, koki asal Amerika Serikat yang dikenal karena membawa tradisi masakan Perancis ke Amerika.

Coq Au Vin adalah hidangan ayam yang direbus dengan anggur, jamur, daging babi asin atau bacon, jamur, bawang bombay, bawang putih, dan kadang-kadang dengan setetes brendi.

Bahan utama dari masakan ini biasanya menggunakan ayam, sementara jenis anggurnya bisa anggur merah Burgundy, atau anggur lokal seperti coq au vin jaune (Jura), coq au Riesling (Alsace), atau coq au Champagne (sampanye).

Itu dia Moms, jenis-jenis makanan khas Perancis yang berkelas dan lezat. Sudah ada yang pernah Moms cicipi?

Artikel Terkait