KESEHATAN
6 Juli 2016

5 Makanan Penuh Nutrisi Super

Boost your energy!
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Untuk menjalani gaya hidup yang sehat, Anda harus memaksimalkan asupan nutrisi yang bisa Anda dapat setiap harinya. Makanan-makanan ini akan menyuplai segala jenis vitamin dan nutrisi yang sangat menguntungkan kesehatan Anda. Untuk itu, yuk simak makanan apa saja sih yang penuh nutrisi super dan wajib Anda konsumsi untuk memaksimalkan "calory budget" tubuh Anda?

Salmon

Salmon termasuk dalam jenis ikan 'berlemak' seperti tuna dan sarden yang sangat bagus untuk kesehatan. Salmon mengandung omega-3 yang bisa memaksimalkan fungsi tubuh dan mencegah berbagai penyakit serius. Selain omega-3, salmon mengandung magnesium, potasium, selenium, dan semua vitamin B. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi salmon satu atau dua kali tiap minggu.

Rumput Laut

Sayuran yang berasal dari lautan juga tidak kalah kaya nutrisinya lho dengan yang berasal dari daratan. Salah satunya adalah rumput laut yang kaya akan kalsium, zat besi, magnesium dan mangan. Rumput laut juga kaya akan yodium, yakni mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon tiroid.

Bawang Putih

Selain kaya nutrisi, bawang putih bisa menyulap segala jenis masakan menjadi super enak. Bawang putih mengandung vitamin C, B1 dan B6, kalsium, potasium, mangan, dan selenium. Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin, yakni senyawa yang bisa menurunkan tekanan darah dan kolestrol, serta mengurangi risiko penyakit jantung. Bawang putih juga bisa untuk mencegah kanker, terutama kanker lambung dan usus besar.

Kentang

Satu buah kentang besar mengandung banyak sekali potasium, magnesium, zat besi, mangan, vitamin C, dan vitamin B. Kentang mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kentang juga mengenyangkan karena kaya akan karbohidrat sehingga cocok untuk pengganti nasi.

Kuning Telur

Jangan lewatkan kuning telur karena hampir semua nutrisi yang terkandung ada di sini. Kuning telur kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi. Selain itu, kuning telur mengandung lutein and zeaxanthin, yakni antioksidan yang mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula (AMD). Telur juga mengandung kolin, protein, dan lemak sehat.

Foto: cooking.nytimes.com

Artikel Terkait