2-3 TAHUN
23 Oktober 2017

5 Makanan Sehat untuk Mata Si Kecil

Apa saja ya, Ma?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Sudahkah Mama memberikan makanan yang tepat untuk kesehatan mata si kecil? Ya, mata adalah indra penglihatan yang harus dijaga sejak dini.

Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh adalah salah satu cara menjaga kesehatan sel-sel yang terhubung ke mata. Makanan sehat yang kaya akan antioksidan juga baik untuk menjaga mata dari penyakit ARMD (Age-Related Macular Degeneration) atau berkurangnya kemampuan melihat akibat usia.

National Eye Institute di Inggris telah melakukan penelitian dan berhasil menunjukkan bahwa ada beberapa nutrisi yang membantu menjaga kesehatan mata.

Salah satu makanan sehat yang paling penting untuk mencegah ARMD adalah yang kaya akan antioksidan, betakaroten, vitamin C, vitamin E, lutein, dan zeaxanthin, seng, dan lemak omega 3. Ini dia daftar makanan sehat untuk lindungi mata si kecil,

Wortel

shutterstock 738973063

Wortel mengandung banyak betakaroten, salah satu antioksidan yang membantu mengurangi potensi terkena ARMD. Wortel bisa dengan mudah ditambahkan pada sup atau bubur si kecil. Mama juga bisa mencampurnya dengan apel dalam bentuk jus. Agar buah hati mendapatkan manfaat maksimal dari wortel, perkenalkan ia pada makanan sehat ini sejak dini.

Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

shutterstock 737180803

Bayam dan beragam sayuran dengan warna hijau gelap kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang akan disimpan dalam macula. Nah, macula ini merupakan salah satu bagian retina yang berfungsi seperti sunblock alami dan dapat menjaga mata dari sinar yang membahayakan. Nutrisi ini juga mampu membantu mata mendeteksi kontras warna dengan lebih baik.

Ubi Jalar

shutterstock 738689554

Ubi jalar adalah makanan sehat yang kaya akan vitamin A, betakaroten, potasium, dan serat seperti halnya wortel. Rasanya yang manis dan lembut pasti akan membuat si kecil ketagihan. Agar nutrisinya tetap utuh, olah makanan sehat ini dengan cara dikukus atau digoreng menggunakan minyak zaitun.

Telur

shutterstock 738846949

Seperti halnya bayam dan sayuran hijau yang lain, kuning telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin D yang mengurangi potensi ARMD pada buah hati tersayang.

Baca juga: Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?

Salmon

shutterstock 738950323

Salmon adalah makanan sehat yang mengandung lemak omega 3 dan bisa mengurangi risiko ARMD hingga 38%. Salmon juga mengandung vitamin D yang sama baiknya untuk kesehatan mata.

Mengenalkan si kecil pada makanan sehat yang baik untuk mata harus dimulai sejak dini. Agar ia tak bosan, olah 5 bahan tersebut menjadi makanan sehat yang lezat dan membangkitkan nafsu makan buah hati tercinta.

Artikel Terkait