BALITA DAN ANAK
17 Mei 2019

5 Makanan Simpel Bernutrisi untuk Si Kecil Selama Mudik

Si Kecil boleh kok makan popcorn Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, sebentar lagi kita akan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri. Hari di mana rasa sedih dan senang akan kita rasakan sebagai umat Muslim.

Kita akan merasakan kesedihan karena bulan Ramadan sudah usai dan tentunya akan muncul perasaan senang karena kita akan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Nah, apakah Moms di rumah sudah mempersiapkan untuk pergi mudik di tahun ini? Selain pakaian dan beberapa perlengkapan lainnya yang harus dibawa, Moms yang memiliki buah hati juga butuh persiapan khusus dari apa saja yang harus dibawa untuk keperluan Si Kecil, salah satunya adalah makanan.

Perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa berjam-jam lamanya berada di perjalanan. Makanan menjadi salah satu faktor penting bagi Si Kecil untuk membuatnya tetap nyaman dan tidak rewel selama perjalanan.

Lalu, apa saja makanan yang simpel disiapkan tetapi tetap dapat memberikan nutrisi untuk Si Kecil selama perjalanan mudik?

Menurut laman eatingwell.com, ada beberapa makanan yang mudah untuk Moms siapkan saat akan bepergian atau mudik dengan Si Kecil. Simak ya Moms!

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa Membawa 3 Peralatan Mandi Bayi Ini Saat Mudik ya, Moms!

1. Buah Potong

strawberry-and-pineapple-fruit-infused-water-recipe.jpg

Moms bisa membawa buah-buahan selama mudik bersama Si Kecil. Potong buah-buahan dan letakkan pada wadah yang dilengkapi dengan ice gel untuk menjaga suhu agar tetap dingin dan segar ketika dimakan.

Jenis buah-buahan yang menyegarkan, mengandung banyak air, dan paling disukai oleh Si Kecil adalah buah stroberi, nanas, mangga, apel, pir, jeruk, atau melon.

2. Sayur Rebus

steamed-broccoli-horiz-a-2000.jpg

Selain buah-buahan, Moms juga bisa membawa beberapa jenis sayuran untuk disantap selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Moms bisa memotong-motong mentimun atau tomat sebagai camilan sehatnya.

Selain itu, ada jenis sayuran yang nikmat disantap setelah melalui proses perebusan singkat, seperti wortel, buncis, atau brokoli yang mengandung banyak vitamin dan serat.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Nyaman bagi Ibu Hamil

3. Camilan Kaya Serat

Popcorn-from-Above_shutterstock_543925255_cropped.jpg

Anak-anak biasanya menyukai camilan yang punya tekstur renyah dan sedikit asin, maka popcorn adalah salah satu camilan yang tepat untuk Moms pilih.

Popcorn kaya akan serat dan rendah kalori yang cocok disantap oleh Si Kecil selama perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda empat.

4. Protein

How-to-Cook-Hard-Boiled-Eggs-2-1200.jpg

Sebelum pergi mudik ke kampung halaman, Moms bisa merebus satu dua butir telur atau bahkan lebih, untuk asupan protein bagi Si Kecil selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

Telur juga termasuk makanan yang membuat kenyang tahan lama lho Moms.

Oh iya, sebelum Moms memberikan telur kepada Si Kecil, ingat dahulu ya apakah ia memiliki alergi terhadap telur atau tidak.

Baca Juga: Kiat Agar Balita Tidak Terlalu Capek dan Sakit Saat Mudik

5. Yoghurt

curd-in-jar-on-napkin-close-up-high-res-stock-photography-sb10065877gq-001-1547660296.jpg

Untuk minuman pelengkapnya, Moms bisa menyediakan yoghurt yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya.

Apalagi saat ini sudah banyak produk yoghurt yang mengandung probiotik untuk menjaga kondisi kesehatan pencernaan dan mampu mencegah infeksi lho, Moms.

Nah, setelah Moms menyiapkan makanan Si Kecil untuk dikonsumsi selama perjalanan mudik, jangan lupa untuk selalu menyediakan air mineral yang cukup ya Moms. Selamat mudik, Moms!

Artikel Terkait