KESEHATAN
27 Desember 2017

5 Makanan Terbaik Pencegah Kanker Serviks

Kandungan antioksidan makanan ini bisa mencegah kanker. Apa saja?
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Untuk mencegah kanker, Moms harus memulainya dari kebiasaan apa yang Moms konsumsi. Bukan seberapa banyak, tapi makanan terbaik apa saja yang bisa memaksimalkan daya tahan tubuh dari Human Papillomavirus (HPV), yakni virus utama dalam kanker serviks.

Menurut American Cancer Society, risiko wanita terserang kanker bisa dikurangi dengan memakan sedikitnya lima jenis buah dan sayuran setiap hari. Sebab, kandungan antioksidan dari makanan-makanan tersebut secara alami bisa memperlambat atau menghentikan proses yang menyebabkan sel-sel kanker bermutasi dalam tubuh.

Jadi, apa saja lima makanan tersebut?

wortel

Wortel

Wortel tidak hanya bagus untuk mata, sayuran ini juga mengandung beta-carotene dan karotenoid yang mencegah penyerapan karsinogen ke sel-sel tubuh. Moms bisa memakannya mentah, memasaknya dalam sop, atau mencampurnya dalam salad. Wortel sangat serbaguna dan murah.

teh hijau

Teh Hijau

Teh hijau sangat terkenal dengan minuman yang kaya akan manfaat kesehatannya. Salah satu alasannya karena teh hijau mengandung antioksidan, yakni polifenol yang mencegah pembelahan dan penggMomsan sel kanker. Teh hijau dapat dikonsumsi kapan saja, jadi pastikan Moms punya stok teh hijau yang cukup di rumah, ya.

Baca Juga : Kenali 3 Cara Penting Cegah Kanker
buncis

Buncis

Buncis bisa dijadikan makanan favorit semua orang jika dimasak dengan baik dan dicampur dengan makanan pencegah kanker lainnya. Keuntungannya, buncis ini mudah didapat, murah, tinggi serat, dan kaya protein yang akhirnya menjadikannya makanan super sehat dan unggul untuk mencegah penyakit masuk dalam sel tubuh kita.

Buncis juga mengandung phytochemicals yang diperkirakan bisa memperlambat tumbuhnya tumor. Phytochemicals ini mencegah sel-sel sehat berubah jadi sel-sel bersifat kanker. Moms juga bisa lebih berhemat dengan mengganti buncis sebagai menu daging.

selada

Selada

Mungkin selada bukan makanan kesukaan Moms, namun selada mengandung flavonoid yang menurut banyak ahli merupakan nutrisi paling penting yang bisa melindungi tubuh dari kanker. Selada juga tak hanya baik untuk pencegah kanker, sayur ini juga berguna sebagai makanan sehat yang mengontrol berat badan tubuh.

roti gandum

Roti Gandum

Roti gandum termasuk dalam daftar makanan terbaik pencegah kanker karena kandungan karbohidratnya juga sama pentingnya dengan buah dan sayuran.

Selain itu, roti gandum juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, menjaga metabolisme sel darah merah, dan meningkatkan kesehatan sistem saraf.

Pastikan Moms benar-benar mengonsumsi roti gandum secara utuh 100% tanpa proses apapun agar kandungan pentingnya tidak menguap dan malah tidak memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Moms.

Artikel Terkait