RESEP
26 Mei 2019

5 Makanan Wajib yang Selalu Dihidangkan saat Lebaran

Nikmat dan enak semuanya, jadi nggak sabar nunggu Lebaran tiba
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tinggal menghitung hari lagi, seluruh masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun ini, selalu menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan di dalam keluarga.

Bulan Ramadan selalu identik dengan makanan enak dan takjil untuk berbuka puasa. Di sepanjang jalan biasanya kita akan menemukan deretan pedagang yang menjual berbagai kue-kue enak. Begitu seterusnya selama bulan Ramadan.

Setelahnya, euforia lebaran sudah akan langsung terasa. Setiap keluarga mulai menyiapkan berbagai kue basah maupun kue kering untuk dihidangkan saat Lebaran. Memasak berbagai masakan enak untuk menyambut keluarga besar dan masih banyak lagi persiapan serunya.

Baca Juga: Hati-hati, Lebaran Banyak Makanan, Ini Pantangan Bagi Ibu Hamil

Nah, berbicara mengenai masakan, ada masakan wajib yang akan kita temui saat Lebaran tiba. Apa saja? Simak yuk.

1. Ketupat

wajib1.jpg

Bukan Lebaran namanya kalau tidak ada ketupat! Lebaran tanpa ketupat, bagai sayur tanpa garam, hambar rasanya. Makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini, menjadi makanan wajib dan khas yang selalu ada saat Lebaran.

Meskipun anyaman pembungkus ketupat ini sulit dibuat, sekaran Moms tidak perlu repot lagi membuatnya, karena sudah banyak dijual di pasar. Jadi kita tinggal menambahkan beras atau ketan yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Sebagai pelengkap, biasanya ketupat sering dimakan berbarengan dengan sayur, sambal goreng, dan kuah santan. Jadi lapar ya Moms.

2. Opor Ayam

wajib2.jpg

Makanan wajib selanjutnya ada opor ayam. Nah, opor ayam ini bisa dibilang sebagai teman makan untuk ketupat. Jadi di mana ada ketupat, di situ juga ada opor ayam.

Makanan ini bisa terbuat dari ayam negeri ataupun ayam kampung, kemudian dimasak dengan kuah santan serta rempah-rempah lainnya. Tapi meskipun menjadi makanan wajib ketika lebaran, menu dengan rasa gurih ini juga banyak dihidangkan di hari biasa.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Legit dan Empuk untuk Lebaran

3. Rendang

wajib3.jpg

Makanan lezat khas Padang ini juga menjadi salah satu menu wajib yang akan kita temui saat Lebaran. Sama dengan opor ayam, rendang juga sering disandingkan dengan ketupat.

Walaupun biasa terbuat dari daging sapi, Moms juga bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar makanan yang berhasil masuk dalam daftar 50 hidangan terenak di dunia ini. Tekstur dagingnya mungkin kan sedikit berbeda, namun rasanya tetap nikmat.

4. Semur Daging

wajib6.jpg

Hidangan ini juga menjadi salah satu primadona yang selalu dicari-cari ketika Lebaran. Berbeda dari opor ayam dan rendang yang terbuat dari bahan dasar santan, Semur daging terbuat dari kecap.

Makanan ini diramu dengan bahan daging sapi atau ayam, kentang, tahu, dan tentunya tambahan kecap manis. Usut punya usut, semur daging ini ternyata merupakan hidangan yang berasal dari Belanda loh.

Santap bersama nasi putih hangat atau ketupat, sambal, taburan bawang goreng, dan kerupuk, dijamin tidak akan cukup dimakan satu kali.

5. Sambal Kentang Goreng

wajib4.png

Meski terdengar biasa saja, makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang akan selalu kita temukan ketika Lebaran.

Baca Juga: 10 Jenis Sambal Pemikat Lidah, Mana Favorit Anda?

Hidangan ini terdiri dari potongan kentang yang dipotong berbentuk dadu, lalu diolah dengan berbagai rempah pilihan. Sebagai variasi, Moms juga bisa menambahkan pete atau hati ampela, dijamin mulut kita pasti ingin mengunyah terus.

Moms, itulah menu-menu wajib yang akan kita temui di saat Lebaran. Apakah Moms dan keluarga punya menu favorit lain yang selalu dihidangkan saat Lebaran?

Artikel Terkait