GAYA HIDUP
13 September 2019

5 Makanan yang Baik Saat Masa Menstruasi

Nomor satu pasti semua suka!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Saat menstruasi, pada waktu itulah kita merasa tak nyaman. Bisa karena sakit bagian perut atau bahkan terasa tak enak di area intim kita.

Jika sudah begini, makanan biasanya menjadi obat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

Ya, ternyata ada daftar makanan yang baik untuk menstruasi. Selain kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh, makanan ini juga bisa membuat mood kita membaik selama haid berlangsung.

Ini dia 5 makanan yang baik untuk menstruasi.

1. Cokelat Hitam

1 - makanan yang baik untuk menstruasi.jpg

Foto: amandeepmedicity.org

Dikutip dari elitedaily.com, jika kita makan cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao, ini akan mengendurkan otot sehingga membuat kita lebih santai.

Cokelat hitam juga mengandung magnesium, omega-3, dan asam lemak omega-6 dan semua hal tersebut akan membantu meningkatkan suasana hati

Baca Juga : 5 Hal Berbahaya Yang Dilarang Saat Menstruasi

2. Yogurt

2 - makanan yang baik untuk menstruasi.jpg

Foto: mhstrailblazer.com

Kalsium merupakan "sahabat" bagi perempuan selama menstruasi.

Seperti yang dilansir dari rd.com, penelitian menunjukkan bahwa mineral penambah tulang dapat mengurangi nyeri kram menstruasi, mengurangi kembung, dan retensi air.

Kalsium juga dapat membantu suasana hati kita lebih baik dan meningkatkan konsentrasi.

Dan yogurt mengandung kalsium sehingga baik untuk dikonsumsi pada saat menstruasi.

3. Almond

3 - makanan untuk penderita anemia.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Almond mengandung serat dan nutrisi ini sangat dibutuhkan selama haid berlangsung.

Ya, saat menstruasi, tak jarang perut merasa lebih kembung.

Jika serat terpenuhi, ini akan membuat jalur pencernaan menjadi lancar dan mengubah mood kita menjadi lebih baik.

Baca Juga : Mana yang Lebih Sehat, Peanut Butter atau Almond Butter?

4. Pisang

4 - makanan yang baik untuk menstruasi.jpg

Foto: rd.com

Sejumlah besar magnesium, potasium, dan serat yang terkandung dalam pisang akan membantu pergerakan usus kita dan juga akan berdampak santai pada suasana hati.

Tak cuma itu, pisang juga membantu meringankan gejala PMS seperti sakit kepala dan kram.

5. Jeruk

5 - makanan yang baik untuk menstruasi.jpg

Foto: rd.com

Jeruk adalah makanan yang enak dimakan untuk mengurangi gejala periode. Mereka mengandung vitamin D dan kalsium yang membantu menghilangkan kecemasan dan depresi.

Vitamin D dan kalsium mengurangi kram dan rasa sakit dan membantu meringankan gejala depresi.

Jeruk juga kaya serat yang tidak diragukan lagi akan membantu masalah pencernaan kita.

Mereka juga tinggi gula dan merupakan makanan yang enak untuk digunakan ketika kita mendambakan camilan dan permen.

(AB/CAR)

Artikel Terkait