KESEHATAN
24 Februari 2020

5 Makanan yang Baik untuk Asupan Nutrisi Lansia

Meski sudah berusia lanjut, bukan berarti tidak bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menjadi tua adalah hal yang akan dialami oleh setiap orang dan tidak bisa dihindari. Namun menjadi tua bukan berarti kondisi kita harus ikut menjadi tua, alias lemas dan tidak berada dalam kondisi prima.

Meski telah mencapai usia lanjut, kita tetap bisa memiliki kondisi tubuh yang baik layaknya orang muda. Asalkan kita menjaga dengan baik, kesehatan, dan asupan nutrisi lansia yang akan masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Tak Hanya Pada Usia Lanjut, Bayi Juga Bisa Katarak

Tidur yang cukup dan aktif melakukan kegiatan tidak cukup membuat kita memiliki tubuh sehat dan bugar. Menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat juga wajib dilakukan agar kesehatan lansia tetap terjaga dan dapat berumur panjang.

Makanan Baik untuk Lansia

Untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, beberapa bahan makanan di bawah ini baik untuk dikonsmsi lansia lho. Ada apa saja ya?

1. Ikan Salmon

asupan nutrisi lansia

Foto: foodiecrush.com

Makanan terbaik untuk lansia yang pertama adalah ikan salmo. Selain rasanya yang enak, ikan salmon juga bisa membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Berdasarkan Global Journal of Health Science, makanan laut sangat baik untuk tubuh karena mengandung protein tinggi, asal lemak tak jenuh ganda, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit kita dalam membentuk vitamin D tentu akan semakin menurun. Karenanya, untuk memenuhi asupan nutrisi lansia, perlu dibantu dengan ikan salmon.

Menurut dr. Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik di RS Pondok Indah - Pondok Indah, berbagai jenis ikan seperti salmon, dapat menjadi pilihan asupan vitamin D untuk menjaga kesehatan lansia.

Baca Juga: Resep Bubur Ikan Salmon untuk Sekeluarga

2. Alpukat

asupan nutrisi lansia

Foto: diethood.com

Alpukat juga baik untuk dikonsumsi lansia. Buah yang padat kalori dan nutrisi ini baik juga dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi lansia.

Dalam sebuah alpukat, terkandung 9 gram serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, serta diabetes mellitus.

“Alpukat juga mengandung lemak tidaj jenuh tunggal, kalium, dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh,” kata dr. Juwalita Surapsari.

3. Minyak Zaitun

asupan nutrisi lansia

Foto: medium.com

MUFA atau lemak baik dalam minyak zaitun, dapat membantu memperbaiki resistensi insulin sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

United States of Food and Drug Administration menganjurkan untuk mengonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok makan per hari.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sehat dan Halus

4. Daging

asupan nutrisi lansia

Foto: seriouseats.com

Para lansia yang kekurangan vitamin B12 dapat berisiko mengalami anemia serta keluhan seperti rasa kebas dan terbakar di kaki, juga lelah yang tidak diketahui penyebabnya.

Agar terhindar dari kondisi ini, sebaiknya penuhi asupan nutrisi lansia akan B12 dengan mengonsumsi daging, hati sapi, susu, dan telur.

5. Susu

asupan nutrisi lansia

Foto: skinnytaste.com

Salah satu masalah kesehatan yang seringkali menyerang lansia adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pesan Gizi Seimbang menganjurkan untuk mengonsumsi 1 gelas susu per hari untuk memenuhi setidaknya 25% dari kebutuhan tubuh sehari-hari.

Nah, sekarang para lansia sudah tidak perlu takut akan kesehatannya di masa tua. Dengan rajin mengonsumsi bahan makanan ini, asupan nutrisi lansia pun akan tercukupi.

Artikel Terkait