BALITA DAN ANAK
8 November 2019

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik

Jenis makanan ini pasti akan sangat disukai anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Apa saja makanan yang bisa dimakan oleh anak yang menderita dermatitis atopik? Simak di bawah ini yuk.

Dermatitis atopik, sering digambarkan sebagai eksim, merupakan penyakit kulit inflamasi kronis umum yang menyerang sekitar 20% orang di seluruh dunia. Penyakit ini terkait dengan penanda atopi lainnya, seperti asma, rinitis alergi, dan alergi makanan.

Kondisi ini biasanya bisa terlihat pada anak sejak awal kehidupannya dan akan sembuh pada usia 6 tahun.

Dilansir dari situs American Academy of Allergy Asthma & Immunology, makanan telah terbukti menjadi salah satu pemicu kasus dermatitis atopik. Setelah diagnosis AD yang dipicu oleh makanan, pasien biasanya akan direkomendasikan untuk memulai diet makanan yang menjadi pemicu.

Baca Juga: Apa Bedanya Dermatitis Seboroik dan Dermatitis Atopik?

Makanya anak-anak yang menderita dermatitis atopik, perlu selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Ini dia aneka makanan yang cocok dikonsumsi anak penderita dermatitis atopik.

1. Salmon dan Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik 01.jpg

Foto: tannersfish.com

Dilansir dari situs Readers Digest, makanan dari makhluk yang memiliki kulit bersisik akan menawarkan perlindungan terbaik.

Salmon dan jenis ikan lainnya yang kaya akan asam lemak omega 3, termasuk makanan yang baik untuk penderita dermatitis atopik, karena akan membantu tubuh menumbuhkan kulit baru, mencegah peradangan, dan mencegah kondisi seperti eksim.

2. Yogurt

Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik 02.jpg

Foto: splendidtable.org

Manfaat bakteri dalam yogurt (dan makanan fermentasi lainnya) berguna untuk sistem kekebalan tubuh, terutama untuk sel kekebalan yang banyak terletak di saluran usus.

Baca Juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

Bakteri “baik” (probiotik) tampaknya mempengaruhi peradangan dan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi tertentu serta berbagai faktor pertumbuhan yang penting untuk menjaga tubuh agar tidak bereaksi berlebihan terhadap alergen. Itu sebabnya, yogurt termasuk makanan yang baik untuk penderita dermatitis atopik.

3. Ubi Manis

Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik 03.jpg

Foto: health.com

Vitamin C sangat penting untuk kulit yang sehat. Salah satu peran terpentingnya dalam tubuh adalah produksi kolagen, protein yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka,” kata Dr. Sarah Schenker, ahli diet.

Menurutnya, jenis makan ini juga memberikan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh yang melawan invasi bakteri dan virus dan melindungi terhadap berbagai penyakit. Kulit yang sehat tergantung pada kekebalan yang baik.

4. Kacang Kenari

Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik 04.jpg

Foto: healthline.com

Makanan yang baik untuk penderita dermatitis atopik selanjutnya adalah kacang walnut atau kenari.

Menurut Dr. Sarah Schenker, kacang kenari dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki bentuk fitonutrien langka yang dapat membantu melawan kerusakan kulit yang biasanya terjadi dengan dermatitis atopik.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Kacang-kacangan Ke Bayi?

5. Alpukat

Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Penderita Dermatitis Atopik 05.jpg

Foto: daily.jstor.org

Alpukat memang salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat, termasuk makanan yang baik untuk penderita dermatitis atopik.

“Kandungan asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam alfa linolenat dalam alpukat diperlukan dalam tubuh. Makanan ini hadir dalam sel-sel kulit dan diperlukan untuk menjaga integritas struktural sel kulit,” jelas Dr. Sarah Schenker.

Sebagai makanan untuk Si Kecil Moms hancurkan alpukat, lalu oleskan pada roti bakar, sebagai pengganti mentega atau mayones dan rasakan manfaatnya untuk kulit anak.

Itu dia beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi anak penderita dermatitis atopik.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait