KESEHATAN
25 Juni 2020

5 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Menyehatkan Janin!

Asam folat sangat penting untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak berbagai makanan yang mengandung asam folat berikut ini.

Asam folat memiliki peran yang penting dalam proses kehamilan dan perkembangan pertumbuhan janin. Asam folat berfungsi dalam proses pembelahan sel dan pembentukan DNA. Zat ini juga digunakan untuk membuat darah ekstra yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

Asam folat ditemukan secara alami dalam banyak makanan, serta dalam bentuk asam folat yang terkandung dalam makanan tertentu. Menurut US Preventative Task Force, semua wanita dalam usia subur harus mengonsumsi 400 - 800 mikrogram (0,4 - 0,8 miligram) asam folat per hari.

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, yaitu vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kita.

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari jurnal Physiology of Folic Acid in Health and Disease, secara khusus, zat ini mendukung pembelahan sel yang sehat dan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat untuk mengurangi risiko cacat lahir.

Asam folat ditemukan secara alami dalam banyak makanan, serta dalam bentuk asam folat yang terkandung dalam makanan tertentu.

Berikut ini ada beberapa makanan yang mengandung asam folat dalam jumlah tinggi.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

1. Legum

makanan yang mengandung asam folat

Foto: health.harvard.edu

Legum merupakan buah atau biji tanaman apa pun dalam keluarga Fabaceae, termasuk kacang, kacang polong, dan lentil. Meskipun jumlah pasti asam folat dalam kacang-kacangan dapat bervariasi, mereka merupakan sumber folat yang sangat baik.

Misalnya, satu cangkir (177 gram) kacang merah matang mengandung 131 mcg folat, atau sekitar 33% dari RDI ( Recommended Daily Intake) / AKG (angka kecukupan gizi) *catatan, lebih baik menggunakan AKG (bahasa indonesia) dibandingkan RDI

Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, serat dan antioksidan, serta mikronutrien penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi.

2. Asparagus

makanan yang mengandung asam folat

Foto: simplyrecipes.com

Asparagus termasuk makanan yang mengandung asam folat dan banyak vitamin dan mineral lainnya. Bahkan, setengah cangkir (90 gram) asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat, atau 34% dari AKG.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Terlebih lagi, mereka adalah sumber serat jantung yang sangat baik, meredam hingga 7% dari kebutuhan serat harian kita hanya dalam satu porsi asparagus.

3. Telur

makanan yang mengandung asam folat

Foto: inspiredtaste.net

Menambahkan telur ke dalam makanan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan beberapa nutrisi penting. Selain itu, telur juga masuk dalam daftar makanan yang mengandung asam folat.

Termasuk bahkan hanya beberapa porsi telur dalam diet setiap minggu adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan folat dan membantu memenuhi kebutuhan kita. Telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12.

Selain itu, mereka tinggi lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

4. Sayuran Berdaun Hijau

makanan yang mengandung asam folat

Foto: yegfitness.ca

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan arugula rendah kalori namun penuh dengan banyak vitamin dan mineral, termasuk asam folat.

Sayuran hijau juga tinggi serat dan vitamin K dan A dan telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Bagus Sebagai Finger Food untuk Si Kecil

Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran, seperti sayuran berdaun hijau, dapat dikaitkan dengan berkurangnya peradangan, risiko kanker yang lebih rendah, dan peningkatan berat badan.

5. Buah Bit

makanan yang mengandung asam folat

Foto: healthline.com

Selain memberikan warna yang cantik pada hidangan utama atau makanan penutup kita, buah bit juga mengandung asam folat dan banyak nutrisi penting lainnya.

Mereka mengandung banyak mangan, kalium dan vitamin C yang kita butuhkan selama sehari, juga merupakan sumber folat yang baik, karena satu cangkir (136 gram) bit mentah mengandung 148 mcg folat, atau sekitar 37% dari AKG.

Satu studi kecil menunjukkan bahwa minum jus buah bit menurunkan sementara tekanan darah sistolik 4-5 mmHg pada orang dewasa yang sehat.

Itu dia beberapa makanan yang mengandung asam folat. Apakah salah satunya merupakan makanan favorit Moms?


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ayuwidia

Artikel Terkait