FASHION & BEAUTY
21 Agustus 2020

14 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit, Moms Wajib Tahu!

Ada banyak manfaat yang tak terduga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Aloe vera gel atau gel lidah buaya masih menjadi tren perawatan kecantikan kulit. Tanaman lidah buaya sendiri memiliki sifat penyembuhan dan pengobatan. Ada banyak manfaat lidah buaya yang dimiliki, baik itu dalam bentuk gel ataupun untuk dikonsumsi.

Menurut Joel Schlessinger, MD, dokter kulit dan ahli bedah kometik di Omaha, batang lidah buaya menyimpan air, menciptakan zat seperti gel di daun, mengandung vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino.

Sepanjang sejarang, aloe vera gel sudah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti luka bakar, radang dingin, psoriasis dan luka dingin.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Research and Medical Sciences, setiap daun segitiga tanaman lidah buaya terdiri dari 3 lapisan dengan lapisan paling dalam mengandung gel bening yang terdiri dari 99 persen air dan sekitar 75 bahan aktif.

"Biokimia lidah buaya memang memiliki beberapa sifat anti-virus, anti-jamur dan regenerasi sel. Jadi menerapkannya pada kulit sebagai tambahan dari obat atau obat lain mungkin terbukti membantu," kata Dr. Sclessinger.

Moms bisa juga menggunakan lidah buaya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, gel lidah buaya sudah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk perawatan kulit yang aman.

Baca Juga: Mudahnya Menanam Lidah Buaya. Ini Caranya!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

1 - 5 Manfaat Aloe Vera Gel Menurut Dermatologis.jpg

Foto: pixabay.com

Berikut ini beberapa manfaat gel lidah buaya yang bisa dirasakan untuk kulit. Yuk, cari tahu lebih lanjut, Moms.

1. Meredakan Iritasi

Menurut Jennifer Gordon, MD, seorang dokter kulit di Austin, lidah buaya mengandung senyawa yang menekan peradangan dan pereda nyeri carboxypeptidase. Jadi Moms bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah kulit kemerahan.

2. Psoriasis yang Meradang

Penggunaan krim ekstrak lidah buaya beberapa kali sehari dapat mengurangi kemerahan, bersisik, dan peradangan gatal karena psoriasis ringan hingga sedang.

Namun, mungkin perlu sebulan atau lebih untuk melihat hasilnya. Jadi bicarakan dengan dokter tenang opsi perawatan lain jika Moms merasa perlu.

3. Melawan Jerawat

Selain sifat antibakteri, manfaat lidah buaya lainnya adalah memiliki asam salisilat, yakni pengelupas yang membuka pori-pori dan bertindak sebagai anti-inflamasi pada kelenjar minyak penyebab jerawat.

Aloe vera gel juga mengandung zat benzoil peroksida untuk membunuh bakteri dan retinoid yang menyebabkan jerawat sekaligus mencegah sel-sel kulit tersumbat.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan

Menurut David Lortscher, MD, seorang dokter kulit California, lidah buaya mengandung agen yang membantu menghambat jamur, bakteri dan virus. Kandungan ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Tetapi, terlepas dari manfaat lidah buaya ini, Moms tetap membutuhkan tindakan dari dokter ahli jika mengalami luka bakar yang dalam atau luka bakar menutupi area tubuh luas.

5. Menyembuhkan Luka Dingin

Beberapa penelitian menyarankan mengoleskan krim yang mengandung lidah buaya bisa membuat lesi hilang lebih cepat karena sifat-sifat antivirus.

Apalagi lidah buaya juga memiliki manfaat untuk melembabkan dan menyejukkan. Sehingga layak bagi Moms yang berada di musim panas.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Ibu Hamil

Manfaat Lidah Buaya untuk Ibu Hamil

manfaat lidah buaya untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk kulit, ada juga manfaat lidah buaya untuk ibu hamil. Dalam jumlah yang sedikit dan di bawah supervisi dokter, lidah buaya aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bukan hanya aman untuk dikonsumsi, lidah buaya juga ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil. Kira-kira, apa saja ya manfaat lidah buaya untuk ibu hamil?

6. Atasi Morning Sickness

Lidah buaya ternyata punya sifat yang menenangkan, termasuk menenangkan perut. Mengatasi morning sickness bisa menjadi manfaat lidah buaya bagi ibu hamil.

Nah, ini juga akan sangat membantu untuk mengatasi morning sickness di awal-awal kehamilan.

7. Padat Vitamin dan Mineral

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Moms bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus yang akan terasa sangat menyegarkan.

Tidak hanya menyegarkan, kandungan vitamin dan mineral pada tanaman ini menjadi manfaat lidah buaya lainnya.

8. Sebagai Pelembap Alami

Untuk manfaat lidah buaya bagi kecantikan, lidah buaya bisa membantu menjaga kelembapan kulit Moms, dan juga bisa membantu Moms mengatasi stretch marks, lho.

Oleskan secara rutin pada area yang kering atau bagian perut untuk membantu menghilangkan stretch marks.

9. Atasi Sembelit

Ibu hamil selalu punya masalah dengan sembelit, mungkin Moms juga pernah mengalaminya saat hamil. Nah, lidah buaya ini merupakan obat pencahar alami yang akan membantu Moms mengatasi sembelit.

10. Tingkatkan Sirkulasi Darah

Moms bisa mengonsumsi jus lidah buaya bisa membantu melegakan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini menjadi manfaat lidah buaya yang selanjutnya.

Ini karena sirkulasi darah yang baik merupakan kunci untuk penyaluran nutrisi yang baik kepada janin.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya, Intip Yuk!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Bayi

manfaat lidah buaya untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya untuk ibu hamil, manfaat lidah buaya lainnya juga memberikan banyak manfaat bagi kulit bayi lho, Moms. Ini karena lidah buaya bersifat anti inflamasi dan mengandung enzim yang bisa mengurangi iritasi, serta melembapkan kulit.

11. Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi yang pertama adalah mengatasi kulit terbakar. Bayi memiliki kulit yang lembut dan sensitif, sehingga kulit mereka gampang terbakar sinar matahari.

Meski sinar matahari baik untuk kulit bayi, terlalu lama menjemur mereka di bawah matahari akan membuat kulit jadi merah dan terbakar.

Moms bisa menggunakan lidah buaya untuk mengurangi inflamasi dan kemerahan tersebut. Lidah buaya bisa mendinginkan dan menenangkan kulit Si Kecil.

Gel dari lidah buaya atau produk yang mengandung lidah buaya efektif untuk perawatan kulit terbakar ringan pada bayi.

“Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan kulit,” ujar Dr. Daniel Mackey, dokter anak di Children's Hospital of Orange County.

12. Mengatasi Gigitan Serangga

Manfaat lidah buaya untuk kulit bayi selanjutnya adalah mengatasi gigitan serangga. Bila Si Kecil terkena gigitan serangga, kulitnya pasti akan jadi gatal dan tidak nyaman.

Oleh sebab itu, oleskan lidah buaya pada bagian yang digigit tersebut untuk meringankan kondisinya.

13. Mengurangi Eksim pada Bayi

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk kulit bayi dengan mengurangi eksim. Ini menjadi manfaat lidah buaya yang tidak kalah penting.

Dalam jurnal berjudul Isolation, Purification and Evaluation of Antibacterial Agents from Aloe Vera yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, lidah buaya mengandung antibakteri, antijamur, dan antiperadangan yang sangat berguna untuk mengurangi eksim.

Kulit yang terkoyak akan lebih mudah terkena infeksi bakteri atau jamur. Karena itu, kandungan dalam lidah buaya bisa membantu mengurangi eksim.

Beberapa bayi bisa mengalami kondisi kulit eksim. Kulit mereka pun akan terasa tidak nyaman, memerah, dan gatal. Moms bisa mengoleskan lidah buaya untuk meringankan rasa gatal dan inflamasi tersebut.

Melansir Healthline, menggunakan lidah buaya untuk mengatasi eksim tidaklah susah. Pertama, Moms harus memastikan kulit buah hati bersih agar lidah buaya bisa menyerap dengan sempurna.

Bersihkan area kulit eksim dengan sabun lembut dan air. Lalu aplikasikan lidah buaya, diamkan sampai menyerap ke kulit. Moms bisa mengaplikasikannya dua kali sehari.

14. Mengatasi Ruam Popok

Jangan panik saat bayi mengalami ruam popok, salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit bayi selanjutnya adalah mengatasi ruam popok.

Untuk menggunakannya, Moms bisa membersihkan dan mengeringkan kulit Si Kecil, kemudian aplikasikan lidah buaya pada area ruam popok pada kulit bayi tersebut.

Selain ruam popok, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kondisi kulit bayi lainnya akibat jamur atau bakteri.

“Tanaman lidah buaya mungkin mengandung pestisida dan kotoran, makanya bersihkan dengan benar terlebih dahulu,” ujar suster di klinik anak, Elizabeth Cole.

Nah, itu dia Moms, kumpulan manfaat lidah buaya untuk kulit, ibu hamil, dan juga bayi. Jika ingin menggunakan lidah buaya pada kulit sensitif atau kulit bayi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, ya.

Artikel Terkait