NEWBORN
4 Desember 2017

5 Keuntungan Rutin Baby Spa Bagi Perkembangan Bayi

Ternyata ini 5 manfaatnya jika rutin dilakukan
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Keberadaan tempat yang menawarkan baby spa untuk Si Kecil sekarang ini memang menjadi hal yang tidak asing lagi, terutama di kalangan masyarakat urban.

Berbagai macam aktivitas menarik, baik untuk sang bayi maupun Moms gencar ditawarkan, sehingga mendorong kita sebagai orang tua untuk membawa bayi mengikuti perawatan spa. Akan tetapi, sebenarnya sejauh mana, sih, manfaat baby spa untuk si bayi? Benar mampu mendukung perkembangan bayi atau hanya sekadar tren?

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi (Minggu 1-52)

Baby spa umumnya diawali dengan tahap pemijatan. Menurut The American Massage Terapy Association, pijat bayi dilakukan dengan cara memegang, menggerakkan, dan/atau memberi tekanan pada tubuh bayi. Dan secara ilmiah, manfaat pijat bayi ternyata sangat baik diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendukung perkembangan bayi

Manfaat pijat bayi, terutama pada bayi prematur, terhadap perkembangan mereka di kemudian hari telah banyak terbukti. Bayi yang dipijat memiliki kecenderungan lebih matang, baik dari segi orientasi, motorik, maupun perilaku. Dipijat dengan kekuatan sedang juga membuat bayi prematur jarang rewel, menangis atau menunjukkan perilaku stres lainnya.

2. Memperbaiki pola tidur bayi

Bayi yang mendapatkan terapi pijat umumnya lebih aktif, sadar sekaligus senang menghabiskan jam tidur yang lebih sedikit.

3. Meningkatkan kesehatan kulit bayi

Pijat menggunakan minyak akan memberikan manfaat tersendiri bagi kulit bayi. Minyak yang digunakan membantu menstabilkan suhu badan bayi dan mencegah hilangnya panas melalui kulit.

Umumnya, kondisi ini lebih bermanfaat saat dilakukan pada bayi prematur dengan kecenderungan mudah mengalami hipotermia. Penggunaan minyak saat memijat bayi juga terbukti memperbaiki tekstur kulit karena berguna mengangkat sel kulit mati sekaligus mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

4. Meningkatkan berat badan bayi

Stimulasi pijat juga berkaitan dengan peningkatan berat badan bayi. Berdasarkan studi yang dilakukan Field yang tertuang dalam “Tactile/ kinesthetic stimulation effects on preterm neonates, bayi prematur yang mendapatkan stimulasi pijat menunjukkan berat badan 47% lebih tinggi setiap harinya dibandingkan bayi yang tidak mendapat stimulasi.

Efek pijat yang diterima bayi akan lebih besar saat dilakukan menggunakan minyak, seperti minyak bunga matahari dan minyak kelapa. Para ahli menduga hal tersebut disebabkan karena terjadinya penyerapan minyak ke permukaan kulit. Sebagaimana yang dituangkan Aora J dkk dalam Effect of oil massage on growth and neurobehavior in very low birth weight preterm neonates.

5. Proses Bonding Bayi

Nah, ini yang paling penting!

Lee HK melalui “Journal of Korean Academy of Nursing: The effects of infant massage on weight, height, and mother-infant interaction, memaparkan hasil studi yang melibatkan 52 bayi di Korea Selatan dengan bukti bahwa interaksi antara ibu dan anak yang melakukan pijat bayi lebih baik dibandingkan dengan kelompok ibu yang tidak melakukannya.

Melalui pijat bayi, dipaparkan bahwa Mama mampu mengerti dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan Si Kecil.

Terkait manfaat baby spa, American Academy of Pediatrics (AAP) juga mengeluarkan pernyataan bahwa tujuan berendam pada bayi yang berusia 1 tahun hanya sebatas memberikan kesenangan sekaligus meningkatkan ikatan antara bayi dan orang tua.

Pasalnya, belajar berenang tidak direkomendasikan bagi anak di bawah usia 1 tahun. Pada tahun 2000, American Academy of Pediatrics juga mengeluarkan rekomendasi bahwa program berenang pada anak sebaiknya dimulai saat usianya 4 tahun.

Tanpa pelatihan secara khusus, umumnya bayi memperlihatkan gerakan berenang rudimenter, seperti dog paddle selama bera di dalam air. Akan tetapi, kemampuan berenang yang kompleks justru baru bisa dicapai saat perkembangan motor anak mencapai tahap usia 4 hingga 5 tahun.

Jika diajari berenang lebih dini, waktu yang dibutuhkan untuk menguasai gerakan rupanya menjadi lebih lama dibandingkan dengan anak yang mulai dilatih berenang setelah berusia di atas 4 tahun.

Nah, itu tadi 5 manfaaat baby spa untuk bayi. Ternyata bukan sekadar tren dan bisa Moms coba, bukan?

(RGW)

Artikel Terkait