2-3 TAHUN
9 Mei 2018

5 Manfaat Baik Bermain Play Dough Untuk Balita

Mulai dari skill motorik sampai kemampuan bahasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Sejak diperkenalkan di pertengahan tahun 1950an, sampai sekarang play-doh atau play dough tetap menjadi mainan favorit bagi balita di seluruh dunia. Meski hanya terlihat sebagai mainan biasa di mata orang tua, manfaat bermain play dough untuk balita ternyata luar biasa lho, Moms!

Menurut Michigan State University Extension, manfaat bermain play dough bagi anak berusia balita mencakup berbagai area perkembangan dan pembelajaran, termasuk skill motorik dan sensori. Mau tahu apa saja, Moms?

Mengasah Skill Motorik Halus

5 manfaat baik bermain play dough untuk balita 1
practicalparenting.com.au

Moms pasti tahu sendiri kan betapa serunya bermain play dough bagi balita? Nah, gerakan memencet, menggulung, meratakan, atau memotong play dough ternyata dapat memperkuat otot tangan balita sekaligus mengasah skill motorik halusnya.

Selain itu, permainan ini juga akan membantu mengembangkan ketangkasan dan kendali tangan balita dalam menggunakan benda sehari-hari seperti gunting, pensil, resleting, kancing, gelas, dan lainnya.

Baca Juga : 4 Cara Mengajarkan Balita Bermain Sendiri

Mempersiapkan Balita Belajar Menulis

5 manfaat baik bermain play dough untuk balita 2
histoiresdemomes.fr

Apa Moms sudah mulai mempersiapkan balita untuk belajar menulis? Pas sekali, karena gerakan menjepit benda dengan telunjuk dan ibu jari atau pincer grip saat bermain play dough akan membuat balita lebih mudah menggenggam alat tulis.

Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

5 manfaat baik bermain play dough untuk balita 3
babysittingcalgary.com

Play dough yang mudah dibentuk akan membuat balita bisa bebas mengekspresikan gagasannya melalui seni dan permainan imajinasi. Menurut National Association for the Education of Young Children, bermain play dough akan mengajarkan balita cara berpikir simbolis, yaitu dengan mengandaikan bentuk yang dibuatnya sebagai objek lain.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Literasi

5 manfaat baik bermain play dough untuk balita 4
youramazingchild.com.au

Waktu bermain play dough adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengajak balita berdiskusi sambil mengenalkan kata yang berhubungan dengan tekstur (lembut, keras, kenyal), gerakan (remas, gulung, potong), serta berbagai jenis bentuk dan objek yang tak terbatas jumlahnya.

Play dough juga bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk mengenalkan angka, huruf, dan warna pada balita lho, Moms.

Belajar Ilmiah

5 manfaat baik bermain play dough untuk balita 5
vix.com

Manfaat play dough untuk balita juga akan semakin terasa bila Moms menambahkan unsur ilmiah kedalamnya. Tak perlu membayangkan rumus atau teori yang sulit dulu, Moms bisa mengajarkan konsep sebab dan akibat dalam percobaan ilmiah dengan cara sederhana yang bisa dimengerti balita.

Misalnya: Menambahkan air pada play dough akan membuat teksturnya menjadi lebih lembut, membiarkan play dough di udara terbuka semalaman akan membuat teksturnya menjadi keras, dan lain sebagainya.

Saat balita bermain play dough, dia juga akan menjadi tenang, kalem, dan lebih mudah mengungkapkan perasaannya. Selain bermain dengan play dough buatan pabrik, apa Moms dan buah hati sudah pernah mencoba membuat play dough sendiri di rumah?


(WA)

Artikel Terkait