KESEHATAN
10 September 2019

5 Manfaat Beras Merah untuk Diet Sehat

Kenapa beras merah selalu dijadikan menu diet? Ternyata banyak sekali manfaatnya
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Belum bisa dikatakan “sudah makan” jika belum mengonsumsi nasi, begitulah prinsip orang Indonesia. Setiap wilayah memiliki makanan pokok dan nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia.

Nasi menjadi kebutuhan pokok yang tidak boleh terlewatkan untuk mencukupi kebutuhan. Bukanlah Indonesia jika tidak memiliki keberagaman, bukan hanya soal budaya, beras yang merupakan bahan mentah nasi pun memiliki varian.

Di Indonesia, beras memiliki varian warna putih, hitam, dan merah. Bukan melulu perihal warna, kandungan gizinya pun berbeda. Jika biasanya nasi putih merupakan hal yang biasa dikonsumsi, lain halnya dengan beras merah.

Beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses pengelupasan kulit seutuhnya mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Saat ini, beras merah dipercaya untuk dijadikan salah satu menu diet dengan alasan kandungan beras yang lebih sehat dibanding beras putih.

Yuk simak manfaat beras merah apa saja untuk seseorang yang melakukan program diet sehat!

1. Menurunkan Kolesterol

mafaat beras merah untuk diet.jpg

Manfaat beras merah untuk diet sehat yang pertama adalah membantu menurunkan kolesterol. Dalam studi penelitian Nutrition Research, orang yang mencampurkan beras merah sebagai pengganti beras putih akan menghilangkan lemak dalam tubuh yang akan mengakibatkan penurunan berat badan.

Dalam beras merah mengandung minyak yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Tidak Disangka, Ini 5 Makanan yang Bisa jadi Obat Kolesterol

2. Serat Tinggi

mafaat beras merah untuk diet 2.jpg

Manfaat beras merah untuk diet sehat yang selanjutnya adalah mengandung serat tinggi. Pada dasarnya nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia memiliki kandungan magnesium, zat besi, serat, protein, dan niacin. Namun, setiap jenis nasi memiliki kadar yang berbeda.

Nasi merah merupakan jenis nasi yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut tentu jauh lebih sehat dibandingkan nasi putih. Menurut USDA atau Departemen Pertanian di Amerika Serikat, kandungan serat dalam nasi merah sekitar 1-3 gram lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Dengan kandungan serat yang tinggi, beras merah dapat melancarkan sistem pencernaan.

3. Cepat Kenyang

mafaat beras merah untuk diet 3.jpg

Manfaat beras merah untuk diet sehat yang selanjutnya adalah membuat cepat kenyang. Menurut penelitian dalam British Journal of Nutrition, kandungan karbohidrat kompleks yang lama dicerna dalam tubuh dapat membuat rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Ketika mengonsumsi nasi merah, kalori yang dimiliki akan kurang dari 320 kalori per hari. Biasakan mengganti nasi putih saat makan siang atau makan malam.

Baca Juga: Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

4. Sumber Nutrisi yang Baik

mafaat beras merah untuk diet 4.jpg

Manfaat beras merah untuk diet sehat yang selanjutnya adalah sumber nutrisi yang baik. Banyak manfaat yang terkandung dalam beras merah. Saat mengonsumsi nasi merah, seseorang akan mendapatkan sumber nutrisi yang baik.

Dalam beras merah terkandung zat besi yang mampu menghasilkan energi, enzim, zinc dan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas, B6 yang membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotinin (hormon yang mengatur mood), sel darah mera h dan produksi sel-sel DNA.

5. Mencegah Obesitas

mafaat beras merah untuk diet 5.jpg

Manfaat beras merah untuk diet sehat yang selanjutnya adalah mencegah obesitas. Bagi orang yang obesitas, beras merah merupakan salah satu cara mengontrol berat badan. Mangan yang terkandung dalam beras merah dapat membantu mensintesis lemak dalam tubuh.

Glutathione peroxidase dan enzim antioksidan dapat ditingkatkan oleh beras merah, sehingga membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada seseorang yang obesitas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Baik dan Aman untuk Ibu Menyusui?

Banyak sekali kan manfaat beras merah? Nah, bagi Moms yang ingin mengembalikan bentuk tubuh pascamelahirkan, diet menggunakan beras merah rasanya bisa dilakukan, sehingga proses menyusui pun tetap lancar tanpa khawatir Si Kecil kekurangan kandungan gizi dalam ASI.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait