NEWBORN
31 Oktober 2019

5 Manfaat Bermain di Depan Kaca untuk Bayi dan Emosinya

Dapat mengasah kemampuannya berdiri dan merangkak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Kaca merupakan benda favorit bayi yang cukup murah, mudah ditemukan, dan ternyata punya banyak manfaat bagi perkembangan bayi lho, Moms.

Meski suatu penelitian menyebutkan bahwa bayi tidak sepenuhnya mengetahui bahwa bayangan ‘bayi’ di kaca adalah dirinya sendiri hingga ia berusia 24 bulan, namun kesempatannya berekspresi dan bermain di kaca dapat membantu perkembangan otak hingga motorik Si Kecil.

Yuk cek apa saja manfaat dari bayi bermain di depan kaca berikut ini.

1. Membantu Si Kecil Belajar Mengenal Tubuhnya Sendiri.

Ajak bayi bermain di depan kaca dimana Si Kecil bisa melihat dirinya dari ujung kepala hingga kaki.

Bermain di kaca dengan cara ini akan mengajarkan Si Kecil tentang bahasa tubuh dan bagaimana penampilannya.

Dikutip dari laman Psikolog Klinis dan Pelatihan yang juga merupakan pendiri The Positivity Institute, Dr Suzy Green menyebutkan, bahwa bayi bermain di kaca akan membantu perkembangan kesadaran diri.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa bermain di kaca dapat membantu kemampuan membaca dan membangun keterampilan motorik ketika mereka mengamati diri mereka sendiri,” tambahnya.

Baca Juga: 4 Keajaiban Otak Bayi Yang Perlu Moms Tahu

2. Mengajarkan Si Kecil Lebih Berempati

mengajarkan si kecil lebih berempati

Foto: thespeechies.com

Saat bayi bermain di depan kaca, ia akan melihat wajahnya sendiri, tersenyum dan mendapatkan respon dari kebahagiaannya. Dengan begitu, ia akan belajar lebih berempati kepada orang lain.

3. Membantu Si Kecil Mengenal Keadaan Sekitarnya.

Sejak usia dini, Si Kecil akan memperhatikan apapun yang dilihat dan ada di sekitarnya.

Jika Moms mengubah sesuatu di kamar, ia akan segera tahu. Karena itulah kesukaan bayi: memperhatikan segala hal untuk lebih memahami dunia di sekitarnya.

Untuk itu, letakkan kaca di kamar bayi yang akan membantunya untuk melihat secara luas tempat ia berada dan dapat melihatnya dari sudut yang berbeda.

Baca Juga: Kemampuan Motorik Bayi Terlambat Berkembang? Mungkin Ini Penyebabnya

4. Membantu Perkembangan Otak.

rsz membantu perkembangan otak

Foto: thelatestork.com

Ketika Moms dan Dads ikut bergabung saat bayi bermain di kaca, maka Si Kecil akan melihat gambar Moms atau Dads berinteraksi dengan wajahnya.

Hanya dengan melihat pantulan wajah Moms atau Dads saat menggendong dan memeluknya ketika bermain di kaca, itu akan memberinya rasa kepuasan luar biasa.

Stimulasi positif apapun yang Moms atau Dads berikan saat bermain dan berinteraksi dengan bayi akan membantu perkembangan otaknya.

5. Menenangkan, Menghibur dan Membuat Si Kecil Merasa Aman

Bayi akan merasa aman dan lebih percaya diri ketika bersama bayi atau anak kecil lainnya.

Ketika Si Kecil bermain di kaca dan melihat bayangan bayi lain – padahal bayangannya sendiri – sedang tersenyum, bermain, atau menendang, efeknya seperti Si Kecil sedang bersama temannya dan itu akan menghiburnya.

Baca Juga: 6 Permainan Asah Otak Kanan dan Kiri Untuk Balita

6. Meningkatkan Perkembangan Psikomotorik Si Kecil.

meningkatkan perkembangan psikomotorik si kecil

Foto: thekavanaughreport.com

“Untuk bayi yang masih sangat kecil, letakkan kaca di atas boks bayi dan ia akan berusaha mengangkat kepala untuk melihat dirinya sendiri. Hal ini akan membantu memperkuat otot leher,” ungkap profesor pendidikan anak usia dini di Centennial College, Toronto, Cindy Brandon.

Sedangkan untuk bayi yang sudah lebih besar, ia akan merangkak dan berdiri untuk bermain di kaca, sehingga ada koordinasi tangan serta mata yang dapat mengasah perkembangan Si Kecil.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bayi bermain di kaca.

Saat bayi bermain di kaca pastikan Moms selalu mendampingi atau gunakan kaca yang memang dibuat untuk aktivitas bermain bayi. Selamat bermain dengan Si Kecil, Moms.

(GS)

Artikel Terkait