BALITA DAN ANAK
2 Juli 2019

5 Manfaat Bermain di Luar Ruangan

Paparan sinar matahari bagus untuk membantu anak lebih bahagia
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semakin berkembangnya zaman, semakin sedikit anak yang suka bermain di luar. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain di dalam ruangan dari pada di luar ruangan.

“Rata-rata waktu bermain outdoor anak-anak telah menurun lebih dari 9 jam per minggu,” kata Sandra L. Hofferth, profesor di Department Family Science, University of Maryland School of Public Health, AS.

Lalu apa yang dilakukan anak saat berada di dalam ruangan? Mereka bermain dengan gadget atau menonton tv. Si Kecil terlihat tidak antusias jika diminta untuk bermain di alam bebas. Padahal banyak sekali lho manfaat bermain di luar ruangan yang bisa didapatkan oleh anak.

Apa saja? Simak yuk manfaat bermain di luar ruangan menurut dr Catherine M Sambo, Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang RS Pondok Indah, Pondok Indah.

Baca Juga: 7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

1. Mengasah Kemampuan Anak

bermain di luar ruangan, anak bermain di luar ruangan

Foto: meenta.net

Manfaat bermain di luar ruangan yang pertama adalah mengasah kemampuan anak. Dengan bermain di luar ruangan, anak bisa mengasah kemampuan fisik dan geraknya.

Hal ini dikarenakan saat bermain di luar, anak pasti akan aktif bermain. Baik itu berlari, melompat, tertawa, bercanda, semua dilakukan dengan bantuan anggota tubuh seperti kaki dan tangan.

Tubuh anak diharuskan untuk bergerak aktif jika ia ingin melukan hal yang seru. Dari sinilah, kemampuan fisik anak mulai terbangun sedikit demi sedikit.

Di samping itu dengan bermain di luar ruangan, kebutuhan aktivitas fisiknya juga akan terpenuhi. Terutama untuk membantu pertumbuhan otot, tulang, kesehatan jantung, dan pembuluh darah, serta memperbaiki kualitas tidur Si Kecil.

2. Anak Menjadi Lebih Tenang dan Positif

bermain di luar ruangan, anak bermain di luar ruangan

Foto: hellosehat.com

Manfaat bermain di luar ruangan yang pertama adalah anak menjadi lebih tenang dan positif. Saat Si Kecil bermain di luar, tentu ia akan terkena paparan sinar matahari yang berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar pineal yang mampu mendorong otak untuk menghasilkan serotonin.

Serotonin merupakan zat yang berperan untuk meningkatkan suasana hati dan energi seseorang jadi lebih bahagia.

Zat seratonin inilah yang akhirnya membuat Si Kecil lebih bergembira, tidak stres, mudah tertawa lepas, dan bersemangat. Nah, mengajak anak bermain di luar ruangan juga bisa dijadikan sebagai solusi jika anak sedang rewel, untuk memperbaiki suasana hatinya agar lebih tenang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

3. Mengasah Keterampilan Sosial

bermain di luar ruangan, anak bermain di luar ruangan

Foto: blog.medel.com

Manfaat bermain di luar ruangan yang pertama adalah mengasah keterampilan sosial. “Bermain di luar ruangan, dapat membantu anak untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri,” ujar dr Catherine.

Selain itu, Si Kecil juga menjadi lebih terbuka terhadap keragaman dalam hidup dan ingin berteman dengan teman-teman seusianya dengan latar belakang yang berbeda. Dari hal ini bisa dilihat bahwa secara tidak langsung, anak belajar cara untuk bersosialisasi.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

bermain di luar ruangan, anak bermain di luar ruangan

Foto: parents.com

Manfaat bermain di luar ruangan yang pertama adalah meningkatkan kemampuan bahasa. Bermain dengan teman sebayanya berarti anak harus melakukan komunikasi dengan temannya. Hal ini bagus untuk mengembangkan komunikasi pada anak.

Oleh karena itu, seringlah mengajak buah hati Moms untuk bermain di luar. Ajak ia bertemu banyak orang. Jangan biarkan anak hanya mendekam di rumah saja, karena dapat mengakibatkan anak menjadi pendiam dan pasif.

Banyak sekali kan Moms manfaat yang bisa didapatkan oleh anak dari bermain di luar ruangan. Moms bisa mulai melakukannya sedikit demi sedikit.

Nah, itulah beberapa manfaat bermain di luar ruangan. “Biarkan anak bermain secara bebas selama 30 menit setiap harinya. Semakin bertambah usianya, tambahkan juga waktu bermain di luar ruangan untuk anak,” tutup dr Catherine.

Artikel Terkait