KELUARGA
1 Agustus 2020

5 Manfaat Luar Biasa Berpelukan dengan Suami

Sering berpelukan dengan Dads ternyata membuat tubuh sehat dan fit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms dan Dads mungkin adalah pasangan yang sama-sama sibuk, sehingga sulit sekali menemukan waktu untuk rileks sebentar saja. Tak jarang, banyak pasangan jadi kehilangan waktu keintimannya karena hal ini. Padahal, kunci dari hubungan yang bahagia ialah keintiman itu sendiri, Moms.

Manfaat Berpelukan dengan Suami

Terapis seks bersertifikat Sarah Watson mengatakan bahwa berpelukan adalah cara terbaik untuk pasangan agar dapat terus merasakan benih-benih cinta di antara mereka.

Sentuhan tubuh ke tubuh mampu melepaskan hormon oksitosin, yang dipercaya bisa menurunkan kecemasan, depresi, tekanan darah, dan memperkuat ikatan batin.

Pelukan adalah kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan keintiman Moms dengan Dads. Apalagi, berpelukan adalah kegiatan yang rileks dan mudah dilakukan.

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa manfaat berpelukan dengan suami di bawah ini ya, Moms.

1. Mempererat Hubungan Asmara

manfaat pelukan dengan suami 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Pernah mendengar hormon bahagia, Moms? Hormon ini sesungguhnya benar ada, lho. Stephanie Wijkstrom, penasihat mental bersertifikat dan juga founder dari Counseling and Wellness Center of Pittsburgh mengatakan, oksitosin adalah neurotransmitter dan hormon yang akan membuat kita merasakan cinta, koneksi, dan ketenangan.

Ada banyak penelitian menyebutkan bahwa memiliki hubungan yang sehat membuat hubungan semakin awet dan langgeng. Beberapa penelitian juga menyarankan untuk terus memaksimalkan hormon ini agar Moms dan Dads dapat merasakan cinta yang tulus satu sama lain.

Baca Juga: 7 Cara Mempererat Keintiman Hubungan Pernikahan, Bukan Hanya Seks!

2. Meningkatkan Romantisme dalam Hubungan

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat berpelukan yang selanjutnya adalah meningkatkan romantisme dalam hubungan. Berbicara mengenai sebuah hubungan percintaan, pelukan dapat meningkatkan romantisme kita dan pasangan, bahkan bisa dibilang penting.

Moms dan Dads bisa melakukannya saat akan tidur di malam hari, dijamin akan meningkatkan kebahagiaan.

Sebuah studi oleh Richard Wiseman dari departemen psikologi di University of Hertfordshire mengungkapkan bahwa 94% pasangan yang berpelukan saat tidur bahagia dengan hubungan mereka.

Sementara hanya 68% yang tidak berpelukan saat tidur yang merasa bahagia.

2. Menghilangkan Stres

manfaat pelukan dengan suami 2.jpeg

Foto: Pexels.com

Ada alasan mengapa Moms bisa merasa aman saat memeluk suami. Salah satunya adalah karena dengan merasakan pelukan, stres yang dirasakan bisa perlahan hilang.

Hormon oksitosin yang ada dalam tubuh tidak hanya bisa mempererat hubungan, tetapi juga membantu untuk menenangkan diri dan mengambil keputusan dengan kepala dingin.

Menurut studi dari Psychological Science pada tahun 2014 lalu, berpelukan dapat meningkatkan imunitas tubuh hingga membantu mengurangi keparahan gejala pilek dan mengurangi tingkat stres yang dialami oleh seseorang.

“Memeluk menjadi penting karena membantu melepaskan serotonin atau hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman. Hal ini berkaitan dengan mengurangi risiko alami depresi dan tentunya menjaga kedekatan emosional dan keintiman yang sehat,” ungkap Deb Castaldo, pakar hubungan dari New Jersey.

Dalam beberapa kasus, berpelukan tidak hanya bisa menghilangkan stres tetapi juga menghindari dari rasa sakit fisik. Jadi, jika nanti Moms atau suami merasakan sakit pada di hati dan pikiran, jangan lupa untuk berpelukan, ya.

Baca Juga: 10 Tips Menghilangkan Stres di Tengah Kesibukan

3. Mengurangi Kecemasan Sosial

manfaat pelukan dengan suami 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Manfaat berpelukan dengan suami berikutnya ialah dapat membantu Moms untuk berpikiran positif sepanjang hari. Hormon oksitosin yang keluar dari dalam tubuh saat berpelukan sesungguhnya menularkan energi positif yang membantu mengurangi kecemasan sosial.

Hal ini berarti ketika mendapatkan pelukan dari suami, Moms akan lebih mudah melepaskan masalah sosial yang membebani selama ini. Kemungkinan besar, Moms akan merasa lebih bahagia dan dapat bersosialisasi lebih luwes dengan orang-orang sekitar.

4. Membantu Tahapan Foreplay

manfaat pelukan dengan suami 4.jpeg

Foto: Pexels.com

Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan adalah sebagai pembuka jalan menuju hubungan intim yang lebih intens. Peneliti mengatakan baik wanita maupun pria mendapatkan manfaat baik dari berpelukan yang akhirnya menimbulkan gelora asmara.

Selain membantu dalam tahapan foreplay, berpelukan juga baik dilakukan setelah after sex yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak lagi.

Baca Juga: 5 Tips Foreplay yang Harus Dicoba Malam Ini!

5. Meningkatkan Sistem Imun

manfaat pelukan dengan suami 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Manfaat berpelukan dengan suami lainnya adalah untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang baik tentu dapat menurunkan tingkat stres, sehingga penyakit tidak gampang menyerang tubuh.

“Memeluk dapat melindungi seseorang yang sedang stres dari risiko penyakit flu yang biasanya timbul karena stres,” ungkap Sheldon Cohen, profesor psikologi di Carnegie Mellon University di Pennsylvania.

Ketika Moms sedang dalam keadaan bahagia, sistem imun akan menguat dan pada akhirnya tubuh jadi jarang merasakan kelelahan dan sakit. Dalam sebuah studi berjudul Does Hugging Provide Stress-Buffering Social Support?, 400 orang menyatakan bahwa berpelukan dapat mengurangi risiko terserang sakit.

Hal ini berkaitan erat dengan support system, yakni orang-orang terdekat yang bisa membuat Moms dan suami terus merasakan cinta sepanjang waktu.

6. Meningkatkan Rasa Percaya dan Apresiasi

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Di samping itu, manfaat berpelukan juga membuat lonjakan hormon oksitosin yang meningkatkan relaksasi. Ternyata ada juga hubungan antara hormon oksitosin dan peningkatan besar dalam kepercayaan di antara manusia sehingga hal ini berguna menjaga interaksi sosial agar semakin baik.

Ketika Moms memeluk orang yang disayangi, maka hal tersebut juga menunjukkan penghargaan atau apresiasi kepada orang tersebut.

Pada dasarnya, sebuah sentuhan seperti berpelukan juga menjadi salah satu cara berbaikan dengan pasangan. Pasti ada kalanya, Moms dan pasangan saling beradu argumen atau berkonflik.

Nah, menurut Stat Tatkin, terapis perkawinan dan keluarga, memberikan pelukan bisa menjadi cara untuk membalikkan keadaan menjadi lebih baik dan meningkatkan kepercayaan diri secara instan. Berpelukan dapat meningkatkan harga diri dengan memperkuat kemampuan sendiri untuk memberi dan menerima cinta.

Baca Juga: Perbincangan Wajib Suami dan Istri

7. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat berpelukan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Setelah pelukan singkat atau dekapan yang lama, tentu kita akan merasa nyaman. Tidak hanya itu, ada juga manfaat fisik untuk tubuh lho.

Pelukan akan mengaktifkan sel-sel pacinian, reseptor pada tubuh yang merespons sentuhan dan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengendalikan tekanan darah. Jadi pelukan sebenarnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke Moms.

8. Mengurangi Rasa Takut

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat berpelukan yang selanjutnya adalah mampu mengurangi rasa takut. Dalam penelitian tentang penghargaan diri dan ketakutan yang diterbitkan oleh Jurnal 'Ilmu Psikologi', mengungkapkan bahwa pelukan dapat mengurangi ketakutan kita.

Berpelukan dengan suami, hewan peliharaan, atau boneka, dapat menenangkan ketakutan kita dan mengurangi tingkat kecemasan.

Baca Juga: Melawan Rasa Takut Menjelang Persalinan

9. Menyehatkan Jantung

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh Grewen KM., mengungkapkan bahwa orang dengan sentuhan dan pelukan ternyata jauh lebih sehat. Ya, ini diuji pada 200 orang dewasa yang dibagi menjadi 2 kelompok.

Kelompok pertama diharuskan untuk berpegangan tangan selama 10 menit yang diikuti oleh berpelukan selama 20 detik satu sama lain. Sementara kelompok kedua hanya duduk diam selama 10 menit dan 20 detik.

Ternyata, hasil yang didapat adalah orang pada kelompok pertama justru menunjukkan penurunan tekanan darah dan detak jantung lebih besar dibandingkan dengan kelompok kedua.

10. Membuat Otot Lebih Rileks

manfaat berpelukan

Foto: Orami Stock Photos

Berpelukan dapat membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks lho, Moms. Rasa nyeri juga dapat berkurang karena pelukan mampu meningkatkan sirkulasi darah pada jaringan-jaringan lunak.

Virginia Satir, seorang terapis keluarga, pernah mengatakan bahwa “Kita membutuhkan 4 pelukan per hari untuk bisa bertahan hidup. Kita membutuhkan 8 pelukan dalam 1 hari untuk menjaga diri/maintenance. Lalu, kita membutuhkan 12 pelukan dalam 1 hari untuk dapat berkembang,” seperti dikutip dari mindbodygreen.com.

Jika jumlah tersebut terlalu banyak, mencoba memeluk suami 1-2 kali setiap hari tidak terlalu berat kan, Moms.

Baca Juga: Vaginismus, Kejang Otot Pada Vagina Padahal Belum Berhubungan Intim

Itulah beberapa manfaat berpelukan dengan suami yang dapat Moms rasakan. Ternyata, aktivitas kecil seperti berpelukan ini punya manfaat yang luar biasa ya, Moms.

Untuk itu, jangan merasa ragu atau segan untuk memeluk suami lebih dulu. Ciptakan waktu untuk tetap berpelukan di tengah kesibukan sehari-hari agar tubuh Moms dan Dads pun bisa sama-sama fit dan sehat.

Artikel Terkait