KESEHATAN
25 September 2020

10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Simak!

Mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu sudah tahu pentingnya mengonsumsi buah-buahan dan sayur sebagai asupan nutrisi harian. Apalagi, ada banyak buah dan sayur yang tentunya bisa dikonsumsi dalam menu makanan harian.

Nah, kiwi menjadi salah satu buah yang mungkin pernah Moms konsumsi. Memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta tekstur yang legit, ternyata ada ragam manfaat buah kiwi yang mungkin belum Moms ketahui.

Apa saja manfaat dari buah hijau ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Kehamilan umumnya disertai dengan keinginan kuat untuk makan atau biasa disebut ngidam. Hal ini wajar karena ibu hamil memang perlu mencukupi kebutuhan gizi untuk dirinya sendiri dan juga bayinya di dalam kandungan.

Makanan tertentu baik untuk perkembangan janin. Walaupun ibu mungkin memiliki keinginan mengidam yang berbeda, seperti makanan manis, ibu hamil selalu disarankan untuk memilih sepotong buah daripada cokelat atau makanan manis lainnya.

Buah kiwi misalnya, meski jarang dijadikan sebagai buah pilihan, kiwi memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil lho.

Dilansir dari European Journal of Nutrition, buah kiwi adalah buah yang padat nutrisi dan konsumsi rutin buah kiwi bermanfaat tidak hanya untuk perbaikan status gizi, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, kekebalan tubuh dan metabolisme.

Apa manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lainnya? Simak manfaatnya di bawah ini ya.

1. Sumber Asam Folat yang Baik

manfaat buah

Foto: medicalxpress.com

Seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 400mg - 800mg asam folat dalam makanannya untuk perkembangan janin yang sehat pada bulan-bulan awal kehamilan.

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil di antaranya adalah membantu perkembangan kognitif pada janin dan juga mencegah cacat saraf. Inilah sebabnya mengapa calon ibu disarankan untuk mengambil setidaknya satu buah kiwi per hari.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kiwi dapat menjaga kesehatan jantung. Konsumsi 2 atau 3 buah kiwi per hari akan membantu dalam mengencerkan darah dan kadar lemak yang lebih rendah, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Tingginya kadar kalium dalam buah kiwi dapat secara efektif mengurangi tekanan darah dan mencegah serangan mendadak. Juga terbukti bahwa jus buah kiwi memiliki efek yang sama dengan tablet aspirin dalam hal melindungi jantung.

Baca Juga: 4 Ide MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Kiwi yang Segar

3. Mengandung Banyak Nutrisi

manfaat buah

Foto: lifealth.com

Buah kiwi disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisi buah kiwi yang beragam. Buah ini mengandung banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk dan juga kalium secara keseluruhan.

Buah satu ini juga mengandung banyak Vitamin E. Jadi konsumsi buah ini sangat sehat untuk kulit dan juga menyediakan vitamin dan nutrisi yang penting untuk bayi.

Manfaat buah kiwi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

4. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lainnya adalah sumber vitamin K yang sangat baik dan karenanya membantu dalam mengembangkan tulang yang kuat.

Buah ini juga mempercepat kekuatan penyembuhan tubuh dan mengurangi pembekuan darah.

Vitamin K dalam jumlah yang cukup dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan karena, selama proses persalinan, tubuh banyak mengeluarkan darah. Kehilangan darah yang berlebihan bisa sangat mengancam keselamatan ibu dan janin.

Baca Juga: Menguatkan Tulang, 1 dari 5 Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan

5. Mengurangi Risiko Stretch Mark

manfaat buah

Foto: samitivejhospitals.com

Studi membuktikan bahwa konsumsi buah kiwi secara teratur akan mengurangi stretch mark saat melahirkan bayi.

Manfaat buah kiwi dapat meningkatkan pembentukan kolagen, yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, kemungkinan timbulnya stretch mark akan berkurang secara signifikan.

Disarankan juga untuk menggunakan krim pelembap pada area perut bersamaan dengan mengonsumsi buah kiwi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jadi Moms yang sedang mengandung, harus memasukan buah ini dalam daftar buah yang harus dikonsumsi, ya. Sebab, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil begitu besar.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Selain memberikan keuntungan untuk ibu hamil, ada juga manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh.

Mengutip Good Housekeeping, Moms bisa memilih buah kiwi varietas segar dan beku biasanya paling baik, karena kiwi kering sering kali mengandung banyak gula tambahan.

Berikut ini manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh yang patut diketahui.

6. Menjaga Kulit Tetap Sehat

manfaat buah

Foto: parenting.firstcry.com

Mengutip National Institute of Health, vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen, komponen kunci dalam sel dan organ di seluruh tubuh, termasuk kulit. Vitamin tersebut juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Dalam Journal of Drugs in Dermatology, ditemukan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen oral dapat membantu meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit serta mengurangi kerutan.

Mengonsumsi suplemen tidak sama dengan mengonsumsi vitamin C pada buah kiwi, namun mengonsumsi buah kiwi tetap dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Ini karena buah kiwi juga menyediakan vitamin E, atau tokoferol. Sifat antioksidan vitamin E dan kemampuannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dapat membantu mencegah gangguan kulit.

7. Tidur Moms Menjadi Lebih Nyenyak

Sebuah studi tahun 2011 dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, mengamati efek buah kiwi terhadap kualitas tidur pada orang dewasa dengan masalah tidur.

Para peneliti menemukan bahwa manfaat buah kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur, menurut ukuran yang dilaporkan sendiri. Manfaat ini mungkin berasal dari kandungan antioksidan dan serotonin buah kiwi.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Anggur bagi Ibu Hamil, Cek di Sini Moms!

8. Mendukung Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

manfaat buah

Foto: healthline.com

Manfaat buah kiwi mengandung serat, kalium, dan antioksidan, yang semuanya dapat mendukung kesehatan jantung.

The American Heart Association (AHA) menyarankan agar meningkatkan asupan kalium sambil mengurangi konsumsi garam tambahan, atau natrium.

Kalium melemaskan pembuluh darah, yang membantu mengatur tekanan darah, dan orang dengan tekanan darah rendah cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Manfaat buah kiwi juga dapat mengoptimalkan bagi kesehatan jantung. Dalam Journal of Chiropractic Medicine, dijelaskan bahwa mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

9. Dapat Mencegah Batu Ginjal

Menurut Office of Dietary Supplements, asupan kalium yang tinggi juga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Ini juga bisa menjadi manfaat buah kiwi lain yang tentunya menguntungkan.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

10. Membantu dalam Pencegahan Kanker

manfaat buah kiwi

Foto: Orami Photo Stock

National Cancer Institute mencatat bahwa tingkat radikal bebas yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Dalam European Journal of Nutrition, manfaat buah kiwi menyediakan berbagai antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Ini adalah salah satu cara buah dapat membantu mencegah kanker.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak serat, terutama serat dari buah-buahan dan sereal, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kolorektal dibandingkan orang yang makan sedikit serat.

Nah, itu dia Moms, ragam manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh. Tetapi, selalu ingat agar mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, ya.

Artikel Terkait