KESEHATAN
3 Desember 2019

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Merupakan sumber serat yang baik untuk ibu hamil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut ini.

Makan makanan yang sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan, karena nutrisi yang tepat dapat membantu janin untuk berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya.

Selain mendukung bayi yang sedang tumbuh di dalam perut ibu, peningkatan asupan vitamin dan mineral juga dapat membantu ibu hamil menjaga tubuhnya sendiri agar tetap berada dalam kondisi terbaik.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga Sebagai MPASI Bayi

Makan banyak buah segar selama kehamilan dapat membantu memastikan bahwa si ibu dan bayinya tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik.

Nah, salah satu buah yang bisa ibu konsumsi selama kehamilan adalah buah naga. Jenis buah ini memiliki manfaat baik untuk ibu hamil. Ada apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil ? Yuk cari tahu bareng Moms.

1. Mencegah Risiko Anemia

buah naga untuk ibu hamil

Foto: padres.dibujos.net

Dikutip dari Belitung Nursing Journal, manfaat buah naga untuk ibu hamil jika dijadikan jus yakni memberikan hasil signifikan pada kadar hemoglobin dan kadar eritrosit pada ibu hamil. Hal ini berarti, buah naga mampu mencegah dan dapat membantu untuk mengobati anemia pada ibu hamil.

2. Kaya Akan Lemak Baik

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Foto: medicalnewstoday.com

Mengutip dari Firstcry Parenting, kehadiran lemak baik dalam tubuh ibu hamil adalah faktor penting, karena tidak hanya menyediakan energi untuk menjaga berbagai proses metabolisme yang terus berjalan, tetapi juga bekerja dalam mempromosikan pembentukan otak pada janin.

Buah naga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar tidak jenuh tunggal. Ini membuatnya menjadi tambahan terbaik untuk makanan ibu hamil.

Baca Juga: Jangan sampai Salah, Ini Cara Mudah Menanam Buah Naga

3. Melindungi dari Infeksi

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Foto: parents.com

Terinfeksi oleh mikroba yang berbeda menimbulkan risiko bagi janin karena bakteri-bakteri ini bisa menembus dan menemukan jalan agar sampai ke bayi melalui plasenta.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil di antaranya melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi, serta menyediakan tubuh antijamur dan antibakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

4. Mencegah Cacat Saat Lahir

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Foto: firstcryparenting.com

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat menjaga perkembangan saraf anak. Kelompok vitamin B-kompleks, dikombinasikan dengan folat, akan memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf anak, untuk memastikan Si Kecil bebas dari gangguan.

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan, Calon Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Buah

5. Mengurangi Risiko Keguguran

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Foto: babyment.com

Peluang keguguran paling tinggi pada trimester pertama karena janin belum sepenuhnya cukup kuat. Buah naga mengandung asam folat dalam proporsi besar yang meningkatkan kekuatan janin, dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

Nah, Moms, itu dia manfaat buah naga untuk ibu hamil yang bisa Moms ambil. Jadi, jangan sampai Moms ketinggalan manfaatnya yang tinggi ini, ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait